0

5 Faktor Penting dalam Merencanakan dan Menyiapkan Bisnis Kaos Sablon

Bisnis kaos sablon sepertinya tak ada surut dan matinya. Jika dulu, kaos sablon hanya bisa dibuat secara manual. Sekarang, proses pembuatannya dapat dilakukan secara digital dengan sistem komputerisasi. Hal tersebut tidak bisa dilepaskan dari kemajuan dan perkembangan teknologi yang begitu pesat. Maka dari itu, tidak sedikit yang berbisnis kaos sablon ini. Pasalnya, keuntungan yang di dapat cukup menggiurkan serta bisnisnya stabil.

Kaos sablon merupakan salah satu produk pakaian atau dalam arti luas masuk di bidang fashion. Sementara itu, pakaian merupakan salah satu kebutuhan primer manusia pada umumnya. Jadi, selama manusia masih membutuhkan pakaian maka produk ini akan selalu laku terjual. Apalagi jika pakaian tersebut di desain lebih unik dan menarik, sehingga lebih banyak orang menginginkannya, seperti halnya produk kaos sablon. Nah, peluang bisnis kaos sablon tersebut tidak boleh disia-siakan. Namun demikian, perlu analisis bisnis yang matang sebelum benar-benar terjun langsung.

Perlu Anda ketahui bahwa ada tiga faktor penting dalam mendukung kesuksesan bisnis kaos sablon yang berkaitan erat dengan produknya. Untuk lebih jelasnya, silakan membaca tentang 5 faktor penting dalam merencanakan bisnis kaos sablon yang telah dirangkum SolusiUkm.

Desain kaos sablon

Kekuatan desain pada kaos sablon begitu dahsyat. Bahkan, faktor desain ini bisa menentukan bagus tidaknya kualitas kaosnya, serta laku tidaknya dijual di pasaran. Berbicara mengenai desain, maka tidak akan lepas dari gambar, tulisan, serta pernak-perniknya. Begitu juga untuk desain kaos sablon, bisa dilihat secara kasat mata dari gambar, tulisan, dan pernak-pernik di bagian kaosnya. Harus dibuat desain yang bagus, kekinian, serta kreatif.

Ketiga hal tersebut menjadi bagian penting saat membuat desain kaosnya. Lalu pertanyaannya, Anda yang ingin berbisnis dan menjual kaos sablon sudah mampu mendesainnya seperti itu atau belum. Jika belum, tentu saja Anda perlu mengusahakannya karena sangat berpengaruh pada bisnis tersebut di kemudian hari.

Kualitas Kaos

Perlu diketahui bahwa bahan dasar dari kaos sablon adalah kaos polos yang berwarna dasar tertentu, seperti putih, hitam, abu-abu, dan masih banyak lagi. Kaos polos tersebut nantinya akan disablon dengan desain sablon yang sudah dibuat dan akhirnya menjadi kaos sablon siap untuk dijual. Tentu saja tidak boleh memilih kaos polos sembarangan. Harus dicari yang berkualitas bagus. Lalu, apa saja kriteria kualitas bagus dari kaos polos?

Pertama, bahan kainnya yang juga berkualitas bagus. Direkomendasikan bahan cotton atau katun karena maksimal menyerap keringat sekaligus lembut di kulit. Dengan begitu, tidak cepat gerah saat dipakai terutama di luar ruangan. Kedua, ketebalan kain pada kaos harus tepat dan seimbang. Jangan terlalu tebal atau terlalu tipis. Ketiga, jahitan di beberapa bagian kaosnya harus rapi dan kuat, sehingga lebih tahan lama saat dipakai.

Kualitas Sablon

Inilah faktor teknis yang juga mempengaruhi bisnis kaos sablon pada umumnya. Sudah sedikit disinggung di awal tulisan bahwa proses penyablonan selain secara manual juga bisa dilakukan secara digital. Keduanya tentu ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Silakan saja dipilih sendiri mana yang menurut Anda paling cocok dan sesuai kebutuhan berbisnis.

Namun demikian, kualitas hasil akhir dari sablonan kaosnya harus benar-benar bagus dan istimewa. Proses penyablonan kaos itu sendiri melibatkan beberapa komponen penting, seperti pemilihan tinta sablon, pemilihan teknik penyablonan, dan jangan melupakan skill atau keahlian yang harus dimiliki saat ingin menyablon kaos. Semua itu harus diperhatikan agar bisa menghasilkan kaos sablon berkualitas baik.

Pemasaran

Dalam setiap bisnis, pemasaran adalah penting. Termasuk dalam bisnis kaos sablon. Agar bisnis Anda bisa dikenal luas dan mendapatkan pangsa pasar yang luas. Disinilah Anda harus memikirkan bagaimana mempromosikan bisnis kaos sablon milik Anda.

Proses pemasaran ini sangat penting, agar bisnis kaos Anda bisa dikenal luas oleh masyarakat. Anda juga harus berani promosi secara jor-joran agar bisnis kaos Anda bisa sukses dan banyak yang mencari.

Selain itu, Anda juga harus membangun kerjasama dengan berbagai pihak. Baik itu perusahaan, Event Organizer, organisasi, dan lembaga lain untuk mendapatkan banyak pelanggan. Dengan penawaran yang baik, bisnis Anda pasti bisa sukses.

Keuangan

Agar bisnis Anda bisa sukses dan lancar, Anda tidak boleh mengabaikan persoalan keuangan bisnis. Seperti halnya pembukuan, banyak pengusaha termasuk pengusaha bisnis kaos sablon pun wajib melakukan pembukuan

Catatan-catatan keuangan wajib dilakukan untuk mengetahui sudah sejauhmana bisnis yang dijalankan saat ini. Anda harus mencatat berapa modal yang dikeluarkan untuk membeli bahan baku, modal untuk pemasaran, dan modal operasional harus di catat. Hal ini agar melihat berapa pengeluaran yang terjadi setiap bulannya.

Selain itu, Anda juga harus mencatat setiap pemasukan dari penjualan. Disini aktivitas akuntansi harus Anda jalankan. Jangan sampai hal ini Anda lewatkan. Sebab akuntansi memiliki peran penting dalam bisnis.

“Saya tidak mengerti akuntansi” sering sekali pengusaha mengeluarkan kata-kata tersebut. Selain kalimat itu, umumnya pengusaha juga suka mengatakan “Kalo saya harus mempekerjakan seorang akuntan, biaya operasional bakal lebih gede” kalimat itu pun sering terdengar dari bibir Anda.

Sebenarnya Anda tak perlu khawatir lagi soal itu, sebab saat ini Anda bisa melakukan aktivitas akuntansi secara online dengan Accurate Online. Dengan Accurate Online, Anda bisa membuat laporan keuangan setiap bulannya. Sehingga Anda bisa mengetahui seberapa berkembangnya bisnis Anda saat ini.

Accurate Online memiliki fitur user friendly yang sangat membantu para pengusaha di Indonesia dalam melakukan pembukuan usaha dengan baik dan tidak sulit dilakukan. Terlebih Accurate Online memiliki manual book yang bisa Anda akses kapan saja dan dimana saja.

Dengan adanya pembukuan, Anda bisa mengetahui keuntungan dan kerugian yang Anda alami dalam melakukan bisnis kaos sablon. Dan Anda bisa selalu mengontrol keuangan bisnis Anda.

Kelima tips diatas bisa membantu Anda dalam mengelola usaha dengan baik dan sempurna. Sehingga Anda bisa sukses dalam mengelola bisnis kaos sablon yang Anda lakukan saat ini dengan baik dan benar.