0

5 Hal Penting yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Menjadi Solopreneur

Solopreneur merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut pebisnis yang merintis usahanya sendirian. Kini, semakin banyak orang yang memilih menjadi solopreneur dengan alasan keterbatasan modal atau fleksibilitas pengelolaan bisnis. Anda juga bisa menjadi solopreneur jika sudah menemukan bidang bisnis yang potensial untuk dijalankan.

Namun, banyak hal yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan menjadi solopreneur. Sebab bidang bisnis memang terbilang penuh tantangan jika dijalankan seorang diri. Setidaknya Anda harus memahami lima hal penting ini untuk memantapkan langkah sebagai solopreneur:

Mahir Melakukan Manajemen Waktu

Banyak solopreneur yang gagal merintis bisnis secara mandiri karena kurang mahir melakukan manajemen waktu. Jika sudah memutuskan ingin menjadi solopreneur, pastikan bahwa Anda sudah memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik. Menjadi pebisnis memang membuat penggunaan waktu Anda menjadi lebih fleksibel. Namun, bukan berarti Anda boleh bersantai terlalu lama. Justru banyak pekerjaan yang harus Anda selesaikan secara bersamaan agar proses bisnis berlangsung lancar.

Memiliki Tabungan yang Jumlahnya Memadai

Seorang solopreneur bukan hanya wajib menyiapkan modal untuk merintis bisnisnya. Lebih dari itu, persiapan tabungan pribadi juga tak kalah penting. Karena penghasilan sebagai seorang solopreneur pasti tidak menentu di awal bisnis. Tabungan pribadi akan membantu memenuhi berbagai kebutuhan Anda saat baru mulai berbisnis. Sehingga keuntungan yang diperoleh dari bisnis bisa digunakan untuk perputaran modal yang lebih besar lagi. Jangan sampai Anda menggunakan tabungan pribadi secara berlebihan untuk perputaran modalĀ  yang Break Even Point-nya (BEP) relatif lama.

Memanfaatkan Teknologi secara Maksimal

Pemanfaatan teknologi sangat penting jika Anda ingin merintis bisnis sebagai solopreneur. Karena kecanggihan teknologi akan membuat penyelesaian berbagai pekerjaan jadi lebih efisien dan efektif. Pada umumnya, orang akan memanfaatkan gadget untuk mempermudah bisnis. Namun, Anda juga bisa memanfaatkan dukungan teknologi lainnya. Misalnya, menggunakan software laporan keuangan yang canggih, sistematis, dan akurat. Sekarang, Anda dapat memanfaatkan Accurate Online untuk meringankan pengelolaan keuangan bisnis Anda.

Accurate Online adalah software laporan keuangan berbasis cloud yang user friendly meskipun Anda tidak mengerti sama sekali . Anda juga leluasa mengaktifkan berbagai fiturnya sesuai kebutuhan. Berbagai fitur penting akuntansi informasi utang, piutang, aset, persediaan barang, dan hal-hal lainnya bisa di dokumentasikan pada Accurate Online. Tentunya ini akan sangat membantu Anda mempersingkat waktu untuk membuat laporan keuangan bila Anda mengandalkan Accurate Online sebagai solusi pembukuan bisnis Anda.

Menguasai Teknik Pemasaran

Apa pun jenis bisnisnya, Anda harus mampu menguasai teknik pemasaran. Agar target omset yang Anda rencanakan bisa terealisasi dengan baik. Pemasaran melalui media sosial tentu bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Sebab Anda hanya perlu menggunakan gadget untuk melakukannya.

Selain pemasaran melalui media sosial, Anda juga wajib menguasai teknik pemasaran secara konvensional. Karena kepuasan pelanggan bisa menjadi salah satu cara promosi yang tak pernah Anda duga sebelumnya. Pelanggan yang merasa puas pasti tak ragu mereferensikan bisnis Anda kepada orang-orang terdekatnya.

Meluangkan Waktu untuk Bergabung dalam Komunitas

Untuk memperkaya pengetahuan tentang bisnis, Anda patut bergabung dengan komunitas bisnis tertentu. Sehingga Anda bisa berbagi ilmu dan pengalaman melalui wadah yang tepat. Lebih dari itu, aktif dalam komunitas bisnis juga dapat membuat peluang bisnis semakin terbuka lebar. Karena Anda bisa memperoleh berbagai informasi bisnis secara mudah melalui komunitas tersebut.

Setelah mengetahui lima hal tersebut, masihkah Anda bertekad menjadi solopreneur?

Sudah banyak orang yang meraih sukses melalui profesi solopreneur. Mungkin Anda adalah orang berikutnya.