0

5 Tips Manjur Merintis Bisnis Waralaba Agar Mendulang Laba Maksimal

Bisnis waralaba (franchise) di tanah air mengalami perkembangan pesat selama beberapa tahun terakhir. Hingga penghujung tahun 2017, sudah ada 129 bisnis waralaba yang memperoleh Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (SPTW). Jumlah tersebut terus bertambah seiring dengan bertambahnya keanekaragaman jenis bisnis waralaba.

Orang-orang yang sibuk bekerja dan belum memiliki pengalaman bisnis bisa menjadikan bisnis waralaba sebagai pilihan tepat. Karena bisnis waralaba memiliki konsep matang yang ditetapkan oleh pemilik izin waralaba. Kalau Anda ingin merintis bisnis waralaba, ikuti tips-tips ini agar bisa mendulang keuntungan maksimal:

Memilih Bisnis Waralaba Sesuai Budget

Hal pertama yang wajib Anda lakukan saat akan memilih bisnis waralaba adalah mempertimbangkannya jumlah budget yang Anda miliki. Bisnis waralaba membutuhkan budget yang bervariasi, mulai dari di bawah 10 juta hingga ratusan juta rupiah. Jangan sampai budget Anda benar-benar habis saat memulai bisnis waralaba. Sebab Anda membutuhkan budget cadangan untuk menyiapkan bahan baku, perbaikan tempat, dan kebutuhan penting lainnya. Alangkah lebih baik jika Anda cermat mengumpulkan uang dalam jumlah cukup besar sebelum merintis bisnis waralaba.

Menentukan Jenis Bisnis Waralaba yang Potensial

Tidak semua bisnis waralaba memiliki potensi besar bagi Anda. Selain mempertimbangkan budget, Anda juga harus jeli menentukan jenis bisnis waralaba yang tepat. Misalnya, Anda bisa memilih bisnis waralaba kuliner atau laundry kiloan bila Anda membidik lokasi permukiman padat penduduk. Sedangkan waralaba bengkel besar dan kuliner yang cenderung mahal lebih cocok dirintis di kawasan elit. Anda harus lebih peka menentukan bisnis waralaba yang sesuai dengan target pasar dan lokasi. Sehingga kesempatan untuk memperoleh banyak pelanggan pun akan semakin besar.

Mencari Informasi tentang Bisnis Waralaba Berkualitas

Semua bisnis waralaba pasti melakukan promosi yang menarik agar banyak orang tertarik menjalin kemitraan. Namun, tidak semua bisnis waralaba pasti dapat memberikan keuntungan besar sesuai ekspektasi Anda. Oleh sebab itu, Anda wajib memastikan bahwa bisnis waralaba pilihan Anda benar-benar berkualitas. Cobalah memilih bisnis waralaba yang sudah populer dan terbukti berhasil memberikan keuntungan besar.

Biasanya bisnis waralaba yang populer juga selalu melakukan inovasi produk secara teratur. Tujuannya tentu saja supaya pelanggan tidak merasa bosan karena disuguhkan inovasi produk atau jasa yang menarik. Inovasi berkesinambungan adalah salah satu kunci sukses dalam berbisnis.

Menyiapkan SDM yang Andal

Keberhasilan bisnis waralaba tak lepas dari Sumber Daya Manusia (SDM) yang andal. Jadi, Anda wajib memilih staf untuk mengelola bisnis tersebut secara cermat. Staf yang mengelola bisnis waralaba harus ramah, cekatan, jujur, dan dapat diandalkan. Sehingga Anda tak perlu kerepotan mengontrol bisnis terus-menerus. Bila staf yang mengurus bisnis waralaba Anda dapat diandalkan, maka Anda bisa lebih fokus terhadap pekerjaan utama secara maksimal.

Proses Pengelolaan Keuangan yang Efektif dan Praktis

Kalau bisnis waralaba Anda berjalan lancar dan semakin berkembang, Anda tentu harus mengatur proses pengelolaan keuangannya secara rinci. Kini, Anda bisa mengandalkan Accurate Online untuk urusan pengelolaan keuangan bisnis. Accurate Online merupakan software pembukuan berbasis cloud. Setiap approval transaksi pada Accurate Online bisa dilakukan secara digital dengan proses yang aman dan praktis.

Software keuangan yang istimewa tersebut juga terdiri dari berbagai fitur akuntansi yang bisa digunakan sesuai kebutuhan bisnis Anda. Bahkan Accurate Online juga bisa langsung diintegrasikan dengan sistem internet banking untuk mempermudah proses rekonsiliasi bank. Sehingga Anda bisa melihat berapa bonus yang Anda dapatkan dari pihak penyedia, apakah sesuai dengan hitungan Anda pada Accurate Online. Proses pengelolaan keuangan bisnis waralaba pun akan berlangsung lebih mudah dan aman sehingga dapat menghemat waktu Anda.

Di akhir bulan pun, Anda bisa tetap menyusun laporan keuangan dengan mudah tanpa harus menghitung ulang catatan yang Anda buat dari awal hingga akhir bulan. Bahkan laporan keuangan yang Anda dapatkan lengkap. Mulai dari laporan neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas. Semua akan terlihat dengan jelas ketika Anda menggunakan Accurate Online.

Tak perlu khawatir, dengan Accurate Online Anda tidak perlu harus mengerti akuntansi secara umum. Accurate Online memiliki manual book yang bisa Anda akses untuk mengetahui fungsi-fungsi setiap fitur yang ada. Ketika Anda ingin menggunakan fitur tertentu, namun Anda tidak tahu caranya Anda cukup mengakses manual book Accurate Online dari website Ultimasolusindo.com Anda akan segera mendapatkan solusinya.

Kalau Anda sudah memahami tips-tips tersebut, berarti Anda semakin siap merintis bisnis waralaba. Jadikan bisnis waralaba sebagai salah satu sumber penghasilan yang mampu mendukung kestabilan kondisi finansial Anda.