0

5 Tips untuk Menyeruput Sukses Bisnis Warung Kopi

Warung kopi bukan lagi tempat untuk meminum kopi saja. Pada masa kini, warung kopi menjelma menjadi gaya hidup yang bisa menaikkan gengsi pengunjungnya. People zaman now sangat gemar berkumpul dengan teman-teman di warung kopi. Tentu fenomena ini menggiurkan naluri bisnis Anda, bukan? Bukankah terlihat mudah untuk bisa sukses bisnis warung kopi?

Eits, jangan salah! Perlu persiapan matang untuk memulai bisnis warung kopi. Anda harus peka terhadap trend yang sedang berlangsung. Terutama jika target pasar Anda adalah generasi milenial. Warung kopi Anda sebaiknya dapat memenuhi kebutuhan lifestyle generasi milenial yang sangat dinamis.

Agar bisa sukses bisnis warung kopi, Anda dapat menyimak 5 tips SolusiUKM berikut ini.

1. Punya Ciri Khas Unik Membuat Orang Penasaran

Sedapnya aroma keuntungan bisnis warung kopi membuat orang berbondong-bondong ingin menghirupnya. Lihat saja, banyak sekali warung kopi bermunculan. Mulai dari warung kopi portable menggunakan mobil, kedai pinggir jalan, sampai dengan pusat perbelanjaan mewah di kota-kota besar. Warung kopi sudah seperti jamur di musim hujan!

Bagaimana caranya agar orang yang menjadi target pasar mau datang ke warung kopi Anda? Padahal bisa saja orang akan memilih warung kopi lain. Agar sukses bisnis warung kopi, Anda harus memiliki ciri khas unik yang dapat membedakan warung kopi Anda dengan kompetitor. Keunikan ini dapat menjadi keunggulan yang membuat orang penasaran dan mau berkunjung.

Misal, berikan kesempatan konsumen untuk meracik kopinya sendiri. Dan berikan sebuah dokumentasi sebagai daya tarik konsumen agar mau datang lagi ke tempat Anda dan bisa menikmati kopi hasil racikan sendiri.

2. Cita Rasa yang Mengantarkan Juara

Penikmat kopi memiliki indra pengecap yang sensitif dan indra penciuman yang tajam. Dalam setiap seruput kopi, mereka dapat dengan jelas membedakan mana kopi berkualitas tinggi dan mana yang tidak. Maka sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan standar rasa dalam setiap menu yang disajikan. Cita rasa yang nikmat dengan banyak varian yang dapat dipilih dapat mengantarkan Anda sukses bisnis warung kopi.

Banyak di luar sana para pemilik kedai Kopi yang rela keliling Indonesia hanya untuk mencari cita rasa kopi yang sempurna, rela untuk melihat proses pemetikan kopi hingga penjemuran. Meskipun mereka harus mengeluarkan ongkos yang cukup besar untuk melakukan itu, tapi mereka menganggap hal tersebut sebagai investasi mereka.

3. Pelayan yang Ramah dan Cekatan

Konsumen Anda tentu memiliki ingatan yang baik tentang pelayanan yang diberikan. Pelayan yang ramah dan cekatan akan menimbulkan kesan yang baik. Konsumen akan merasa nyaman untuk selalu datang kembali ke warung kopi Anda dan menjadi pelanggan yang setia. Sebaliknya, pelayanan yang buruk akan membuat mereka kesal dan tidak kembali lagi.

Meracik kopi memang membutuhkan proses untuk menghasilkan racikan terbaik. Namun jangan biarkan konsumen menunggu terlalu lama. Apalagi jika warung kopi Anda dalam keadaan ramai dan antre. Melatih karyawan untuk bekerja dengan cekatan sangat penting untuk bisa sukses bisnis warung kopi.

4. Jangan Ketinggalan Tren

Selera konsumen selalu berganti. Ada hal-hal yang merupakan ciri khas warung kopi Anda yang tidak dapat diubah. Namun untuk hal yang lainnya, sebaiknya Anda selalu up to date agar dapat menjawab kebutuhan konsumen.

Jangan sampai ketinggalan tren yang sedang digandrungi generasi milenial. Karena Anda dapat meraup lebih banyak keuntungan dengan memanfaatkan tren tersebut. Agar dapat sukses bisnis warung kopi, Anda dapat mengikuti tren dengan menawarkan menu yang kekinian. Contohnya selfie coffee, kopi yang di atasnya dicetak foto pelanggan dengan mesin khusus. Jangan lupa juga untuk menyediakan koneksi wifi yang kecepatannya bisa diandalkan untuk memanjakan pelanggan.

5. Bergabung dalam Komunitas Pencinta Kopi

Berkenalan dan menjalin persahabatan dengan banyak orang memiliki banyak manfaat. Tidak heran jika banyak orang percaya bahwa banyak teman banyak rejeki.  Jika Anda serius ingin sukses bisnis warung kopi, sebaiknya Anda bergabung dalam komunitas pencinta kopi.

Jika Anda bergabung ke dalam komunitas pencinta kopi, bukan saja tentang menjaring pelanggan, tetapi Anda juga dapat memperoleh banyak informasi tentang tren kopi. Selain itu Anda dapat lebih dekat dengan pelanggan dan dengan mudah dapat mencari tahu apa yang diinginkan para pencinta kopi. Nggak rugi kan?

Itulah 5 tips yang bisa Anda terapkan untuk bisa sukses bisnis warung kopi. Tentu saja Anda juga perlu memperhatikan poin lainnya yang secara umum diperlukan dalam menjalankan setiap bisnis. Misalnya tentang pencatatan keuangan. Gunakanlah Aplikasi Accurate Online agar kinerja keuangan bisnis Anda dapat tersaji dengan cepat dan efisien. Seperti pemilik kedai kopi pada video berikut ini!