0

Tantangan Saat Memulai Bisnis yang Harus Dihadapi Calon Pengusaha Sukses

Menjadi orang kaya dengan banyak uang adalah cita-cita yang selalu diidamkan oleh banyak orang. Namun banyak orang ingin kaya, tetapi mereka tidak mau mulai berbisnis. Padahal salah satu cara agar Anda memiliki banyak uang adalah berbisnis. Tetapi saat Anda berbisnis Anda juga akan menghadapi berbagai tantangan. Cukup banyak tantangan saat memulai bisnis. Banyak pebisnis pemula yang tidak sanggup menghadapi tantangan tersebut, dan akhirnya mereka menyerah menjadi pebisnis.

Tantangan inilah yang tak pernah terpikirkan oleh pengusaha-pengusaha pemula. Mereka kaget, ketika mendapatkan hasil yang tidak memuaskan dari bisnis yang mereka jalankan. Meskipun hal tersebut adalah hal yang wajar, gagal sekali dua kali hingga 10 kali saat pertama kali memulai bisnis adalah sesuatu yang wajar dan normal. Itulah tantangan pertama yang harus kita hadapi dalam memulai bisnis.

Masih banyak lho tantangan saat memulai bisnis yang akan Anda hadapi. Bukan hanya sekedar kegagalan karena barang tidak laku. Namun ada berbagai tantangan yang lebih berat dari itu, dan jika Anda bisa menghadapi semua tantangan tersebut, bersiaplah mendapatkan kekayaan yang selama ini Anda nantikan. Apa saja tantangan saat memulai bisnis yang banyak dihadapi oleh para pengusaha pemula. Simak langsung dibawah ini.

Ditipu Klien atau Konsumen

Anda kena tipu oleh klien atau konsumen yang menyebabkan Anda mengalami kerugian yang begitu besar. Hal ini sering dialami pebisnis yang baru merintis usahanya, mereka sering sekali ditipu oleh klien dan konsumen. Dari mulai proyek fiktif, supplier bahan baku yang tidak juga mengantarkan pesanan, dan juga konsumen yang sudah mengambil barang milik Anda namun tidak membayarnya.

Bersiaplah menghadapi tantangan saat memulai bisnis yang satu ini. Meskipun tidak semua pengusaha mengalami hal ini, namun Anda harus waspada dari tipuan-tipuan yang bisa saja menyerang Anda saat memulai usaha.

Menghadapi Kompetitor

Tantangan saat memulai bisnis selanjutnya yang sudah pasti Anda hadapi dan tidak mungkin Anda hindari adalah menghadapi kompetitor. Bukan bisnis jika tidak ada kompetitor, disinilah jiwa wirausaha Anda akan diuji. Karena Anda akan merasa bahwa kompetitor lebih hebat, kompetitor memiliki modal kuat, dan memiliki tim solid dibandingkan Anda yang baru merintis.

Anda harus bisa menciptakan produk-produk yang memang memiliki nilai jual, nilai inovatif, dan disisipkan sebuah kreatifitas. Anda juga harus melihat celah yang tidak dimiliki kompetitor, sehingga Anda bisa mendapatkan tempat di hati konsumen. Intinya Anda harus membuat sesuatu yang berbeda dari yang dimiliki oleh kompetitor. Jika Anda bisa menghadapi tantangan yang satu ini, maka Anda akan menjadi seorang pengusaha yang sukses.

Manajemen Waktu

Tantangan yang sering dihadapi oleh pebisnis pemula adalah manajemen waktu yang buruk. Hampir semua pengusaha pemula tidak memiliki manajemen waktu yang baik. Banyak pengusaha pemula yang tidak memikirkan pentingnya manajemen waktu. Mungkin Anda merasa belum terlalu fokus mengelola bisnis secara mandiri. Karena masih fokus untuk bekerja, hal ini jugalah yang membuat sulitnya bisnis berkembang dan menjadi salah satu tantangan terbesar para pebisnis di Indonesia.

Mudah Tergiur Dengan Hal Baru

Ketika bisnis Anda baru mendapatkan sedikit keuntungan, Anda mendapat tawaran untuk memulai bisnis lain. Hal ini menjadi tantangan saat memulai bisnis yang sering terjadi pada pengusaha pemula, akibat mendapatkan tawaran dan melihat kompetitor berhasil, dan menyebabkan Anda menjadi iri terhadap kompetitor serta ingin mencoba apa yang sudah dilakukan oleh kompetitor.

Hal inilah yang membuat banyak pengusaha pemula hanya bisa menikmati kesuksesannya sesaat. Karena mereka tidak fokus dengan apa yang sudah mereka lakukan saat ini. Mereka selalu ingin tergiur dengan hal baru, dan membuat usaha utamanya tidak fokus dijalankan, padahal usaha awal belum dalam keadaan stabil.

Pengelolaan Keuangan yang Buruk

Tantangan saat memulai bisnis selanjutnya adalah pengelolaan keuangan yang buruk. Mungkin Anda merasa tidak bisa mengatur keuangan dengan baik, dan setiap mendapatkan modal, modal tersebut entah kemana larinya dan hasil dari perputaran modal tidak pernah terlihat.

Padahal dengan pengelolaan keuangan yang baik, Anda bisa mengatur keuangan usaha Anda. Banyak pengusaha yang sudah mendapatkan sedikit keuntungan, menggunakan hasil keuntungan tersebut dengan sesuatu yang tidak jelas dan tidak terarah. Mereka mengaku uang tersebut untuk memutarkan usahanya, padahal cara yang mereka lakukan salah.

Agar pengelolaan keuangan dapat dijalankan dengan baik. Maka Anda harus melakukan beberapa cara untuk mengatur keuangan usaha. Seperti mencatat semua transaksi, menyimpan seluruh bukti transaksi, serta membuat laporan keuangan setiap periode.

Untuk memudahkan Anda dalam mengelola data keuangan. Sebaiknya Anda menggunakan software akuntansi Accurate untuk membantu Anda dalam mengelola keuangan usaha. Dengan mengunakan software Accurate, terutama Accurate Online (AOL) yang sangat cocok digunakan oleh UKM Anda bisa mengawasi laju keuangan yang terdapat pada bisnis Anda.