0

Warung Kopi: Hobi Yang Dijadikan Peluang Bisnis

(Wahyu owner Warunk Masa Baru)

Pernahkan kamu berpikir membuat hobimu menjadi peluang bisnis? Memang tidak semua hobi dapat dijadikan bisnis, namun jika kamu dapat mencari peluang, kamu dapat menjadikannya sebagai ide membuat bisnis.

Misalnya saja, kamu menyukai olahraga, jika ada niat yang kuat serta didukung modal yang cukup, kamu dapat membuka toko peralatan olahraga, membuka sanggar senam, tempat gym, membuka lapangan futsal dan lain-lain.

Lain halnya jika kamu memiliki hobi memasak, ternyata tak hanya wanita yang memiliki hobi memasak lho! Laki-laki juga ada yang memilki keahlian memasak contohnya saja Wahyu, pemuda satu ini memiliki hobi memasak, dan pada tahun 2013 Ia pun membuka bisnis warung kopi sederhana yang sekarang menjadi semi kafe lho! warung kopi ini diberi nama Warunk Masa Baru yang terletak di ruko seberang SMPN 1 Bojonggede, Bogor, Jawa Barat. Bagaimana cara Wahyu membangun bisnis dari hobinya? Berikut obrolan SolusiUKM bersama Wahyu di Warung miliknya.

Siapkan niat dan modal

Siapapun pasti setuju jika niat dan modal menjadi langka awal untuk membangun sebuah usaha, begitupun dengan Wahyu. Ia mengatakan siapapun orang yang ingin memiliki usaha pastikan niat dan modalnya tercukupi.

“Niat dan modal itu hal penting, kalau punya modal tetapi nggak ada niat nanti modalnya akan habis begitu saja, begitupun kalau punya niat tapi belum ada modal usaha nggak bisa jalan. Saya dulu memberanikan diri meminjam modal sebesar Rp.15 juta untuk menyewa tempat dan belanja kebutuhan warkop.  Setelah itu Saya jalankan sendiri buka dari jam 13.00 siang – 06.00 pagi untuk mengejar target membayar pinjaman. Namun sekarang karena sudah terbebas dari pinjaman Warunk Masa Baru buka dari jam 15.00 – 03.00 pagi”. Jelasnya.

Hadapi Segala Tantangan

Dalam membangun bisnisnya, Wahyu mengaku tak banyak tantangan yang Ia temukan. Namun pada awal menjalankan bisnisnya hal tersulit yang harus Ia temui adalah mencari pelanggan.

“Tantangan sebenarnya nggak banyak, tapi waktu awal usaha tantangan paling sulit adalah mencari pelanggan. Karena untuk mendapatkan pelanggan itu nggak gampang. Jadi Saya berusaha mendekatkan diri kepada pelanggan, jadi mereka merasa nyaman saat datang kesini.” Ungkapnya.

Siapkan Menu Andalan

Walaupun temanya warung kopi yang biasanya menyajikan olahan mie, kopi namun Warunk Masa Baru memiliki menu andalan yaitu gorengan yang membuat Warunk Masa Baru menjadi semi kafe seperti saat ini.

“Menu andalan Warunk Masa Baru dari dulu sampai sekarang adalah gorengan. Yang membedakan gorengan disini dengan gorengan lainnya adalah bumbunya yang membuat orang ketagihan untuk membeli gorengan disini.” Katanya.

Tidak heran jika banyak pelanggan yang datang hanya untuk menikmati gorengan dengan bumbu kacang yang berbeda dari pada gorengan yang biasa ditemui. Saat saya datang ke Cafe Warung Masa Baru, betul sekali bumbu kacangnya sangat berbeda dengan bumbu kacang pada umumnya. Dan gorengannya cukup lezat untuk dicoba.

Memiliki keberanian

Menurut Wahyu, keberanian diperlukan dalam menjalani sebuah bisnis. Karena dengan adanya keberanian bisnis yang dijalani akan semakin maju.

“Alasan mengapa Saya memberanikan diri menyewa tempat dari satu ruko menjadi tiga ruko adalah keberanian. Dengan penghasilan yang Saya kumpulkan, Alhamdulillah Saya dapat menjadikan Warunk Masa Baru menjadi lebih besar. Karena Saya juga kasihan melihat pengunjung yang kurang nyaman dengan tempat Saya waktu itu.” Jelasnya.

Konsisten dan menjaga kualitas

Menurut Wahyu, yang menjadikan Warunk Masa Baru menjadi sebesar saat ini adalah konsisten dan menjaga kualitas, dengan begitu pelanggan akan terus berdatangan bahkan akan mengajak rekan-rekannya ke Warunk Masa Baru.

“Walaupun Warunk Masa Baru tak sekecil dulu, tetapi Saya nggak menghilangkan menu yang dianggap biasa saja seperti gorengan. Karena seperti yang diceritakan tadi gorengan adalah salah satu menu yang paling laris disini jadi walaupun disini ada spaghetti, kentang goreng, Saya tetap konsisten menjual gorengan. Selain itu menjaga kualitas juga Saya lakukan, seperti menjaga bahan makanan, memakai es batu yang higienis, dan menjaga kualitas rasa dari makanan yang Saya buat.” Ungkapnya.

Mengatur keungan dengan baik

Wahyu mengakui bahwa warung kopinya tidak akan sebesar ini jika Ia tidak mengatur keuangan dengan baik, sehingga Ia harus teliti dalam mengatur keungannya bisnisnya.

“Kebetulan keuangan Saya juga yang mengatur, jadi untuk pengeluaran belanja, gaji pegawai Saya menghitungnya sendiri, harus teliti banget agar nggak ada kesalahan. Kalau ada kesalahan Warunk Masa Baru tidak akan ada sampai saat ini.” Tutupnya.

Sebenarnya pebisnis seperti Wahyu atau pebisnis lainnya tidak perlu khawatir lagi, karena saat ini ada aplikasi untuk mempermudah pekerjaan Kamu dalam mencatat keuangan usaha yang Kamu tekuni. Accurate Online merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk mencatat keuangan usahamu dengan cepat dan akurat.

Kamu hanya perlu menginput transaksi yang telah Kamu lakukan baik itu untuk mencatat modal, pengeluaran, dan pendapatan untuk menghasilkan laporan keuangan yang tepat untuk bisnis kamu. Dengan Accurate Online Kamu tentunya akan lebih rapih dan terhindar dari kesalahan dalam perhitungan dan mudah dalam membayar pajak. Dengan adanya Accurate Online tentunya memberikan kemudahan dalam proses pembukuan semua usaha yang sedang Kamu jalani.