a

10 Alasan Pentingnya Laporan Keuangan bagi Perusahaan dan Bisnis

PT Garuda Indonesia menjadi sorotan publik atas laporan keuangan yang tidak sesuai fakta. Maskapai plat merah tersebut membuat laporan keuangan yang tidak sesuai dengan standar akuntansi. Hingga membuat dua komisarisnya enggan menandatanganin laporan keuangan dan laporan keuangan tersebut dianggap cacat.

SolusiUKM tidak akan membahas lebih jauh mengenai kisruh laporan keuangan yang terjadi pada Garuda Indonesia. Salah satu maskapai plat merah Indonesia tersebut, tetapi SolusiUKM akan membahas betapa pentingnya laporan keuangan bagi perusahaan dan bisnis.

Laporan keuangan adalah laporan yang berisi kondisi keuangan dari perusahaan atau bisnis. Laporan keuangan akan menjadi laporan akhir dari proses pencatatan keuangan pada perusahaan dan bisnis. Jika perusahaan tidak memiliki laporan keuangan, perusahaan akan kesulitan melihat apa yang menjadi kelebihan hingga kekurangan pada perusahaan.

Kali ini SolusiUKM akan mengajak para pemilik perusahaan dan UKM untuk tidak sembarangan dalam membuat laporan keuangan. Jika tidak mengerti, cobalah menggunakan jasa Kantor Akuntansi Publik yang kredibel untuk membantu menyelesaikan laporan keuangan perusahaan atau bisnis Anda.

Dengan adanya laporan keuangan, perusahaan akan mudah menganalisa apa yang terjadi di perusahaan. Sehingga bisa merancang strategi apa yang harus perusahaan lakukan dari informasi yang diperoleh pada laporan keuangan.

Seberapa Penting Laporan Keuangan?

Saat ini meskipun sudah era digital, tetapi masih banyak pengusaha yang belum menganggap laporan keuangan sebagai sesuatu yang penting. Padahal, meskipun merasa sulit dalam membuat laporan keuangan, para pengusaha bisa membuat dengan bantuan software akuntansi seperti Accurate Online.

Laporan keuangan adalah hal penting bagi setiap perusahaan. Seberapa penting laporan keuangan bagi sebuah perusahaan atau bisnis?

Memantau Perkembangan Bisnis

Perkembangan bisnis menjadi satu hal yang wajib diperhatikan oleh owner. Berapa banyak modal yang sudah keluar, berapa pangsa pasar, dan sebagainya menjadi salah satu catatan yang akan masuk di laporan keuangan.

Laporan keuangan memiliki beberapa jenis, dan setiap jenisnya memiliki fungsi masing-masing. Seperti laporan laba rugi, laporan neraca, dan laporan arus kas. Dari keempat laporan ini Anda akan mengetahui bagaimana laba rugi bisnis Anda, berapa arus kas, dan berada di posisi mana bisnis Anda saat ini.

Perkembangan bisnis menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan oleh pemilik bisnis untuk mengetahui posisi bisnisnya saat ini. Banyak pengusaha yang mengabaikan ini. Padahal dengan memantau perkembangan bisnis bisa menentukan cara terbaik untuk menentukan strategi bisnis ke depan.

Mengetahui Jumlah Aset

Sudah berapa lama Anda berbisnis? Pastinya Anda sudah memiliki berbagai macam aset bukan? Meskipun aset itu tampaknya benda kecil, namun itu harus tetap dicatat dalam bisnis Anda. Dengan laporan keuangan, Anda bisa mengetahui berapa banyak jumlah aset yang Anda miliki.

Banyak pengusaha yang sering mengabaikan asetnya. Sehingga mereka tidak mengetahui berapa banyak aset yang sudah dimiliki. Dengan catatan laporan keuangan yang rapih, Anda bisa mengetahui apa saja aset yang Anda miliki. Laporan keuangan juga bisa memantau aset Anda secara real time. Ketika ada perubahan nilai aset, dengan laporan keuangan, Anda bisa mencatatnya dengan baik.

Inilah pentingnya laporan keuangan bagi sebuah perusahaan atau bisnis. Jika perusahaan atau bisnis Anda tidak memiliki laporan keuangan sebagai pencatatan seluruh aset, Anda akan kebingungan dalam mencatat setiap aset yang Anda miliki.

Biaya yang Dikeluarkan

Banyaknya biaya yang dikeluarkan haruslah dicatat dengan benar dan baik oleh setiap pebisnis. Disini, laporan keuangan akan berperan penting untuk mencatat seluruh biaya yang dikeluarkan dalam setiap aktivitas produksi atau aktivitas yang berkaitan dengan jalannya bisnis.

Apa lagi semua biaya yang dikeluarkan bukan hanya biaya yang dikeluarkan saat bisnis di mulai saja. Melainkan juga ketika bisnis berjalan akan ada biaya-biaya yang selalu dikeluarkan. Untuk mengetahui secara rinci berapa biaya yang dikeluarkan dalam satu bulan, sebagai pengusaha harus mencatatnya dalam pembukuan dan menyajikan dalam bentuk laporan keuangan di setiap akhir periode akuntansi.

Setiap nominal yang tercatat akan membantu Anda dalam menentukan harga dari produk yang di produksi. Sehingga Anda juga bisa mengetahui berapa biaya profit yang harus Anda dapatkan dari setiap produk atau jasa dari perusahaan Anda.

Tanpa adanya laporan keuangan secara akurat, Anda akan sangat sulit dalam menentukan harga produksi hingga menghitung laba dan rugi. Mending kalau Anda untung terus, tetapi jika Anda rugi, Anda akan sulit dalam mengembangkan bisnis ke depan.

Angka Hutang yang Terlihat

Berapa sih hutang Anda? Apakah Anda punya hutang bisnis? Baik kepada supplier, atau kepada pemilik modal. Ataupun hutang kepada pihak eksternal seperti bank? Banyak perusahaan yang terkadang tidak bisa lepas dari hutang. Sehingga membuat hutang menjadi hal yang lumrah dilakukan.

Untuk mengetahui jumlah hutang ini, Anda perlu laporan keuangan. Hutang akan lebih mudah dilihat jika tercatat dalam laporan keuangan. Jika Anda tidak mengetahui secara pasti berapa hutang yang dimiliki, tentunya ini akan berakibat fatal terhadap usaha Anda.

Pada laporan keuangan, Anda bisa mengetahui sisa hutang yang dimiliki. Hingga kapan tanggal jatuh tempo hutang. Bagi perusahaan besar mungkin ini sudah biasa tertulis, namun bagi perusahaan sekelas UKM belum tentu ada pencatatan serapih yang dilakukan oleh perusahaan besar.

Pentingnya laporan keuangan pada bisnis, dapat menjadi alat tolak ukur dan pertimbangan dalam berhutang. Sehingga Anda bisa mengelola hutang dengan baik serta aspek yang berhubungan pada aspek finansial.

Mudah dalam Menghitung Pajak

Anda tahu apa kelebihan dengan adanya laporan keuangan? Mudah dalam melaporkan pajak. Apa lagi, saat ini Pemerintah memberikan diskon pajak bagi UKM yang memiliki laporan keuangan hingga 0,5% dari total omzet bagi bisnis yang omzetnya kurang dari Rp 4 miliar dalam satu tahun.

Pentingnya laporan keuangan akan membantu Anda sebagai pengusaha untuk lebih mudah dalam menghitung pajak Anda. Dan ini akan memudahkan Anda dalam menghitung pajak, dan tidak takut untuk di bohongi jika ada pihak pajak yang nakal dan meminta jumlah pembayaran pajak lebih dari yang seharusnya Anda bayarkan.

Laporan keuangan akan dengan mudah mengungkapkan berapa total pajak perusahaan atau bisnis yang harus Anda bayarkan. Sehingga Anda akan lebih mudah dalam menghitung dan membayar pajak sesuai dengan apa yang seharusnya di bayarkan.

Alat Pengambil Keputusan

Laporan keuangan yang sudah siap dan sudah jadi, akan menjadi informan yang akurat terhadap kondisi bisnis dan perusahaan terkini. Dari kondisi perusahaan yang ada ini akan menjadi salah satu alat untuk mengambil keputusan yang tepat dan jelas. Sehingga bisa memudahkan Anda dalam menjalankan sebuah bisnis.

Hasil pada laporan keuangan bisa digunakan untuk menjadi alat pengambil keputusan. Jika perusahaan untung, strategi apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan keuntungan atau minimal untuk mempertahankan keuntungan.

Apabila perusahaan rugi, kebijakan seperti apa yang harus dilakukan oleh manajemen untuk bisa membuat perusahaan untung dan bisa membawa hasil yang lebih maksimal kedepannya. Inilah kenapa sebuah perusahaan atau bisnis harus memiliki sebuah laporan keuangan dalam bisnis mereka untuk kedepannya.

Informasi Bagi Manajemen

Laporan keuangan sangat penting untuk manajemen perusahaan dan pihak-pihak lain yang ada pada perusahaan tersebut. Seperti untuk investor yang telah menanamkan dananya di perusahaan atau bisnis Anda. Mereka sangat memerlukan laporan keuangan ini.

Keberadaan laporan keuangan akan menjadi penilaian bagi investor mengenai dana yang telah ia tanamkan di perusahaan atau bisnis tersebut. Sehingga investor bisa mengetahui, apakah modal yang diberikan telah digunakan secara tepat dan akurat.

Inilah pentingnya laporan keuangan bagi perusahaan dan bisnis. Sehingga Anda sebagai pihak owner tidak boleh mengabaikan laporan keuangan. Tanpa laporan keuangan, Anda akan kesulitan dalam mendapatkan investor untuk mengembangkan perusahaan kedepan.

Untuk Mendapatkan Pinjaman Bank

Ketika perusahaan memiliki laporan keuangan yang jelas dan sesuai dengan standar akuntansi, perusahaan akan lebih mudah dalam mendapatkan pinjaman dari pihak bank. Dengan laporan keuangan, bank akan mudah dalam mengaudit apakah perusahaan yang Anda pinjam layak untuk mendapatkan pinjaman atau tidak.

Jika perusahaan atau bisnis Anda tidak memiliki laporan keuangan, Anda akan sulit dalam mendapatkan pinjaman dari pihak bank. Karena Anda tidak bisa memiliki penilaian terhadap keuangan perusahaan dan bisnis. Sehingga bank sulit dalam menilai kinerja perusahaan Anda.

Membuat Inovasi

Hasil dari laporan keuangan yang sudah jadi, bisa menjadi sebuah patokan untuk membuat inovasi jangka panjang maupun inovasi jangka pendek. Catatan-catatan pada laporan keuangan bisa menjadi acuan untuk melakukan inovasi ke depan bagi bisnis Anda.

Inovasi dilihat dari apa yang sudah terjadi ke belakang. Jika hasilnya lebih bagus, maka bisnis bisa mencoba inovasi-inovasi untuk mempertahankan posisi saat ini. Namun jika keberadaan bisnis malah berada dibawah, sudah saatnya Anda mencari inovasi-inovasi terbaru dalam bisnis.

Keberadaan laporan keuangan cukup vital bagi sebuah perusahaan atau bisnis. Tanpa laporan keuangan, bisnis tidak akan bisa melakukan evaluasi dan inovasi mengenai diri mereka. Banyak bisnis yang gagal karena tidak memiliki catatan keuangan yang baik.

Sekarang, sebagai pengusaha Anda wajib membuat setiap catatan dan membuat laporan keuangan perusahaan. Pentingnya laporan keuangan bagi perusahaan dan bisnis akan menjadi manfaat jangka panjang untuk jalannya bisnis Anda.

Jika Anda merasa sulit dalam membuat laporan keuangan, Anda bisa menggunakan platform pembukuan yang mudah dan friendly meskipun Anda tidak mengerti laporan keuangan. Caranya menggunakan Accurate Online yang bisa membantu Anda dalam melakukan pencatatan awal hingga jadi laporan keuangan yang akurat. Jika Anda ingin mencoba gratis 30 hari Accurate Online bisa langsung cek disini!

Share With:
Rate This Article