a

22 Usaha Sampingan yang Bisa Anda Jalankan Saat Masih Jadi Karyawan

Mungkin saat ini Anda tengah jenuh menjadi seorang karyawan disebuah perusahaan. Rasa jenuh tersebut muncul akibat beban kerja yang semakin banyak, dan membuat Anda merasa sulit memiliki waktu bersama keluarga. Segeralah mencari usaha sampingan ataupun usaha rumahan untuk menambah penghasilan Anda.

Memang cukup sulit untuk membagi fokus pekerjaan dengan bisnis yang baru akan Anda mulai. Namun seiring dengan meningkatnya kebutuhan, sumber penghasilan hanya dari gaji saja tidak akan tercukupi, sehingga Anda pun berusaha mencari usaha sampingan yang bisa Anda lakukan, tanpa menganggu pekerjaan Anda di perusahaan.

Setelah ingin memiliki usaha rumahan, pertanyaan selanjutnya adalah mau usaha apa? Kondisi ini normal terjadi pada setiap orang yang ingin hijrah menjadi seorang pebisnis. Meskipun awalnya berat, namun dalam beberapa waktu ke depan, Anda akan merasakan bagaimana nikmatnya menjadi seorang pengusaha.

Untuk tahap awal, mungkin Anda bisa memulai usaha-usaha kecil-kecilan yang sesuai dengan kemampuan dan kesukaan Anda dalam memulai usaha yang ingin Anda jalankan dari rumah. Bahkan Anda bisa melakukannya ketika sedang memiliki waktu luang, baik waktu luang di kantor maupun waktu luang saat di rumah.

Usaha Sampingan yang Bisa Dilakukan oleh Karyawan

Jual Pulsa

Zaman sekarang, siapa sih yang tidak butuh pulsa? Anda bisa melihat berapa banyak tetangga sekitar lingkungan dan teman-teman kantor Anda yang memiliki handphone. Mungkin hampir 98 % tetangga dan rekan-rekan Anda memiliki handphone. Manfaatkanlah keadaan tersebut untuk membuka usaha counter pulsa. Anda bisa melakukannya di rumah, dan juga bisa menjalankan usaha ini di kantor. Mudah Bukan?

Tempat Cuci Kendaraan

Selain pulsa, tetangga sekitar lingkungan Anda pastinya memiliki kendaraan. Anda dapat memanfaatkannya untuk membuka usaha rumahan tempat cuci kendaraan atau yang lebih dikenal dengan Steam. Dengan modal yang tidak terlalu besar, apa lagi jika Anda masih memiliki tempat yang cukup luas pada bagian depan rumah. Itu menjadi kesempatan Anda dalam membangun usaha sampingan tempat cuci kendaraan.

Usaha Kuliner

Anda hobi masak? Jika bukan Anda, mungkin pasangan Anda memiliki hobi masak atau membuat kue. Sebenarnya, hobi tersebut dapat Anda kembangkan menjadi sebuah bisnis sampingan yang dapat Anda kerjakan dari rumah.

Apabila saat ini, Anda belum memiliki modal yang cukup. Maka Anda bisa memulai dengan pesanan-pesanan kecil saja. Misal, pesanan yang mungkin hanya diterima saat Weekend saja, sehingga tidak menganggu pekerjaan Anda di kantor. Mulailah dari sesuatu yang kecil, dari hal yang kecil tersebut bisa menjadi usaha yang besar.

Bisnis kuliner yang Anda jalankan masih bisa dibagi kembali menjadi beberapa jenis. Seperti membuka katering, kedai makan malam, dan usaha pembuatan kue. Anda hanya tinggal memilihnya sesuai dengan apa yang Anda sukai. Mungkin saja Anda bisa membuka usaha makanan tradisional seperti makanan Jawa Timur, Bali, Lombok, dan Mie Aceh. Tentunya sesuaikan dengan apa yang Anda bisa dalam menjalankan setiap usaha sampingan.

Agen Beras

Sebagian besar masyarakat Indonesia adalah pemakan nasi. Disinilah salah satu peluang bisnis, Anda yang mungkin memiliki modal yang cukup dapat membangun sebuah toko beras setara agen. Pastinya akan banyak yang membeli, karena sasaran awal konsumen Anda yakni tetangga sekitar lingkungan saja terlebih dahulu.

Agen Pembayaran

Saat ini cukup banyak orang-orang yang membuka tempat-tempat pembayaran. Mereka menyediakan pelayanan pembayaran PLN, telepon, internet, TV kabel, PAM, BPJS, cicilan kendaraan, serta berbagai jenis pembayaran. Bahkan terkadang mereka membuka travel kecil-kecilan di rumah, dengan menjual tiket kereta api dan tiket pesawat.

Bukankah ini satu bisnis yang menggiurkan? Kenapa tidak mencobanya sebagai usaha sampingan yang Anda lakukan dari rumah, modal Anda mungkin hanya cukup dengan satu buah PC, internet dan biaya pendaftaran sebagai agen. Anda bisa melakukannya dengan mudah dan dengan cara yang sederhana. Mudah bukan?

Menjual Ikan Hias

Saat ini penggemar ikan hias di Indonesia sudah cukup banyak. Bahkan peminatnya pun terus bertambah. Terlebih jika Anda juga hobi dalam mengoleksi ikan hias. Hobi tersebut dapat Anda jadikan satu usaha sampingan yang dapat membantu Anda mendapatkan penghasilan tambahan.

Keuntungan yang diperoleh dari menjual ikan hias cukup banyak. Anda bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat hanya dari sekedar menjual ikan hias yang menyasar beberapa penggemar ikan saja. Carilah supplier yang dapat memberikan harga yang cocok agar Anda bisa segera melakukan penjualan sesegera mungkin.

Les Privat

Anda seorang guru? Ataupun Anda seorang yang ahli dalam beberapa bidang tertentu seperti bahasa asing atau komputer? Anda bisa menjadikan ilmu tersebut untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Terlebih jika Anda seorang lulusan dari fakultas pendidikan yang belum mendapatkan pekerjaan, maka cara untuk mendapatkan penghasilan adalah dengan membuka les privat.

Tak perlu mengincar orang dewasa yang melakukan les privat. Cukup dengan mengincar anak-anak, remaja, dan orang-orang yang memang berkeinginan untuk terus belajar bisa Anda jadikan target pasar. Hal terpenting ketika Anda membuka usaha sampingan les privat, Anda benar-benar menguasai satu disiplin ilmu yang benar-benar berguna untuk orang lain.

Laundry

Zaman sekarang cukup banyak orang yang malas atau mereka tidak memiliki waktu untuk sekedar mencuci pakaian atau mencucui sebuah karpet. Perhatikan saja, berapa orang tetangga Anda yang sering membawa sebuah pakaian dan karpet ke suatu tempat. Mereka pastinya membawa barang-barang tersebut ke tempat jasa laundry.

Apa lagi jika Anda tinggal di lokasi yang banyak terdapat kos-kosan, Anda bisa menjadikan itu sebagai sasaran empuk dalam membangun sebuah usaha sampingan jasa laundry yang dapat Anda lakukan dari rumah. Keuntungan dari bisnis ini pun cukup menggiurkan, meskipun Anda harus menggeluarkan modal yang cukup besar terlebih dahulu untuk membeli peralatan.

Jasa Pengetikan

Anda tinggal di dekat lingkungan kampus? Maka cobalah Anda membuka usaha rumahan jasa pengetikan. Karena banyak mahasiswa yang membutuhkan jasa pengetikan dalam membantu mereka mengerjakan tugas-tugasnya. Untuk tarif jasa pengetikan sendiri bisa Anda pasang dari per halaman maupun tarif per bab. Pasanglah harga yang bersaing.

Jasa Print dan Fotocopy

Saat ini kebutuhan seseorang untuk melakukan pencetakan sebuah pekerjaan kantor atau sekolah cukup banyak. Mereka terkadang bingung, dan harus pergi ke lokasi yang cukup jauh untuk sekedar mengeprint pekerjaan dan tugas mereka. Anda bisa memudahkan merekan dengan membuka usaha  sampingan jasa print dan fotocopy. Modalnya cukup dengan PC, laptop, dan printer.

Terkadang pengusaha pada jasa print juga membuka layanan fotocopy, beserta alat-alat tulis. Usaha jasa print dan fotocopy dapat Anda jalankan, hanya dari dalam rumah. Meskipun pada awalnya modal yang dikeluarkan cukup besar untuk membeli sebuah mesin fotocopy, tetapi dalam beberapa tahun modal tersebut akan segera kembali dan keuntungannya pun cukup besar.

Jasa Penerjemah

Apakah Anda memiliki cukup keahlian dalam bahasa asing, terutama bahasa Inggris? Manfaatkanlah keahlian Anda tersebut untuk membuka usaha rumahan jasa penerjemah. Saat ini masih banyak masyarakat Indonesia yang belum begitu mahir dalam berbahasa Inggris, maka dari itu ini adalah sasaran empuk Anda dalam membangun sebuah bisnis yang bisa Anda jalankan sebagai usaha sampingan yang bisa dilakukan di rumah.

Menjahit dan Vermak Pakaian

Apakah Anda memiliki kemampuan dalam menjahit? Manfaatkan saja keahlian tersebut untuk mendirikan sebuah usaha sampingan yang bisa Anda lakukan dari rumah. Pastinya cukup banyak masyarakat yang berada dilingkungan Anda membutuhkan jasa menjahit dan vermak pakaian. Modal yang dibutuhkan pun tidak begitu besar, cukup dengan dana sekitar Rp 5 juta Anda sudah bisa membuka usaha jahit pakaian.

Pangkas Rambut

Pangkas rambut menjadi salah satu incaran banyak orang, terlebih ketika waktu weekend. Banyak orang yang selalu ingin memiliki rambut yang tampak rapih. Pangkas rambut bukanlah sebuah bisnis yang harus mengeluarkan modal besar. Cukup sekitar Rp 10 juta, Anda bisa segera membuka usaha pangkas rambut.

Usaha Sampingan Di Bidang Fashion

Berdagang pakaian atau fashion salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Siapa sih yang tidak butuh pakaian? Asalkan Anda melakukan pemasaran yang baik, tak mungkin produk fashion yang Anda jual tidak laku. Mungkin pada tahap awal, Anda bisa mencoba untuk menawarkan produk-produk yang Anda jual secara door to door ke tetangga-tetangga Anda.

Selain ke tetangga, Anda juga bisa memanfaatkan penjualan dengan sistem online. Apa lagi saat ini cukup banyak tersedia Marketplace yang bisa Anda jadikan tempat untuk melakukan penjualan online tersebut. Untuk barang yang akan Anda jual, Anda bisa mendapatkannya dari supplier, supplier ataupun berbelanja langsung kepada supplier di pasar-pasar besar, seperti pasar Tanah Abang yang ada di Jakarta, di Bandung mungkin Anda bisa mengunjungi ITC Kebun Kelapa.

Agen Asuransi

Masih banyak masyarakat Indonesia yang kurang berminat untuk memiliki asuransi, membuat perusahaan-perusahaan asuransi di Indonesia harus memiliki agen-agen yang menjadi ujung tombak dalam pemasaran produk-produk asuransi. Anda yang sedang membutuhkan usaha sampingan dan pendapatan tambahan, maka bisa mendaftarkan diri untuk menjadi agen asuransi. Bonus yang ditawarkan pun cukup menggiurkan, Anda bisa segera mencobanya.

Membuat dan Menjual Barang-Barang dari Limbah

Limbah rumah tangga atau yang lebih dikenal dengan sampah, di Indonesia masih menjadi masalah besar. Karena jumlahnya yang selalu meningkat, namun daya angkut untuk menuju ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) tidak sesuai.

Jika Anda merupakan orang yang kreatif, maka Anda bisa memanfaatkan limbah-limbah tersebut untuk  dijadikan sebuah kerajinan, ataupun barang-barang yang unik. Tentunya selain mengurangi jumlah sampah yang diangkut ke TPA, limbah tersebut dapat Anda jadikan sebagai usaha rumahan yang memiliki keuntungan yang cukup besar.

Warung Kopi

Warung kopi dari dulu hingga kini tidak pernah mati. Malah seiring berkembangan zaman, kedai-kedai kopi terus bertambah, meskipun dalam bentuk yang lebih modern. Anda yang memiliki modal minim, tak perlu khawatir. Anda tetap bisa membuka kedai kopi kecil-kecilan disekitar rumah Anda.

Cukup buatkan meja, bangku, dan sarana hiburan seperti televisi, itu akan mengundang orang-orang untuk berkumpul dan jajan di warung kopi Anda. Warung kopi masih menjadi salah satu usaha sampingan yang menggiurkan untuk siapa saja yang ingin membuka bisnis ini.

Makelar Properti

Anda mau memiliki usaha sampingan tanpa modal yang besar, tetapi memiliki pendapatan yang cukup besar? Maka Anda dapat mencoba untuk menjadi makelar properti. Menjadi seorang makelar properti bisa mendapatkan penghasilan yang cukup besar, dari satu properti saja Anda bisa mendapatkan fee sebesar 3-10 % dari harga penjualan. Bukankah itu sangat mengiurkan?

Membuka Warnet Game

Saat ini perkembangan internet cukup signifikan. Tentunya hal tersebut dapat Anda jadikan sebagai satu cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa membuka sebuah warnet yang hingga saat ini masih cukup banyak digandrungi, terutama jika warnet yang Anda punya khusus untuk game online.

Dengan modal sekitar Rp 30-50 juta Anda bisa membuka sebuah warnet yang mungkin hanya khusus untuk bermain game online. Saat ini hampir sebagian besar pengguna internet adalah pemain game online, maka Anda bisa membuka warnet sebagai usaha sampingan Anda untuk menambah pendapatan bulanan.

Jasa Desain Grafis

Salah satu usaha yang cukup sering digandrungi saat ini adalah membuka jasa desain grafis. Dengan membuka usaha desain grafis, Anda bisa mendapatkan klien dari berbagai negara. Tetapi tidak semua orang bisa melakukan desain, mungkin usaha rumahan ini bisa dilakukan oleh Anda yang memiliki keahlian dalam desain grafis.

Pembuatan Website

Saat ini banyak instansi yang membutuhkan sebuah website. Apabila Anda memiliki keahlian dalam membuat website, maka jadikanlah keahlian Anda tersebut sebagai cara Anda dalam memulai sebuah bisnis. Seorang ahli website, bisa mendapatkan penghasilan yang cukup besar dari membangun website. Anda pun bisa segera untuk mencobanya.

Menjadi Affiliate

Saat ini bisnis affiliate masih kurang diminati oleh masyarakat Indonesia. Padahal di luar negeri, bisnis ini sudah menjadi incaran orang-orang yang membutuhkan pendapatan tambahan. Apa lagi usaha sampingan sistem affiliate tidak mengharuskan Anda memiliki modal dan produk.

Karena affiliate adalah satu cara menjual produk atau jasa milik orang lain dengan memanfaatkan internet. Anda cukup melakukan penjualan melalui media sosial, blog, email marketing, dan cara internet marketing lainnya.

Salah satu produk  affiliate yang bisa membantu Anda mendapatkan penghasilan tambahan yang cukup besar adalah Accurate. Anda bisa menjadi seorang ADP (Accurate Digital Partner). Anda cukup menjual produk Accurate dan mendapatkan fee yang cukup besar hanya dengan menjual produk seharga Rp 1,8 juta.

Bagaimana caranya? Anda cukup mendaptarkan diri di Solusiukm.com. Setelah itu, tim Accurate akan menghubungi Anda, dan akan memberikan penjelasan bagaimana cara menjadi seorang ADP. Tak perlu khawatir, ADP bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk Anda yang masih bekerja menjadi seorang karyawan. Karena waktu bekerja bisa disesuaikan dengan waktu luang Anda.

Jika Anda tertarik dan ingin segera bergabung maka langsung saja cek disini. Untuk menjadi agen Accurate, Anda tidak harus membayar lho.

Mungkin hanya 22 jenis usaha rumahan yang dapat kami berikan kepada Anda. Meskipun begitu, masih banyak usaha sampingan lainnya yang bisa Anda lakukan, dan sesuaikan saja dengan budget yang Anda miliki, serta kemampuan yang Anda punya.

Meskipun usaha yang Anda jalankan adalah usaha sampingan, bukan berarti Anda tidak menjalankannya dengan serius. Anda harus menjalankan bisnis ini secara serius, jika tidak maka Anda akan setengah-setengah dalam membangun bisnis.

Hal terpenting dalam membangun sebuah bisnis, Anda mengetahui siapa target konsumen Anda. Jangan sampai Anda membangun bisnis secara asal-asalan, dan produk atau jasa yang Anda jual tidak diminati. Anda juga harus memikirkannya secara matang dalam membangun bisnis yang ingin Anda jadikan sebagai cara mendapatkan penghasilan tambahan ini.

Share With:
Rate This Article