Solusiukm
3 Cara Mendapatkan Prospek Secara Online dengan Teknik Kekinian
Digital Marketing

3 Cara Mendapatkan Prospek Secara Online dengan Teknik Kekinian

Setiap memulai bisnis, tentu berharap untuk mendapatkan prospek setiap hari, setiap minggu, maupun setiap bulan. Namun untuk mendapatkan prospek secara online, Anda tidak bisa hanya sekedar menunggu tanpa ada pergerakan sama sekali. Anda harus melakukan strategi efektif untuk mendapatkan prospek setiap harinya. Nah, kali ini solusiukm ingin membantu para ADP untuk bisa mendapatkan prospek secara online selama masa pandemi seperti saat ini.

Mencari prospek memang bukan perkara mudah. Hampir semua orang merasa kesulitan ketika mereka harus menawarkan sebuah produk ke orang yang belum mereka kenal. Sekarang memang sulit, karena Anda tidak boleh bertemu orang, kecuali orang-orang terdekat saja.

Belum lagi banyak orang yang melakukan isolasi diri. Tentu membuat lebih sulit dalam bertemu dan melakukan prospek kepada calon klien. Buat teman-teman Accurate Digital Partner atau ADP, Anda tidak perlu khawatir. Kita akan memberikan beberapa cara atau teknik agar Anda bisa tetap mendapatkan prospek di masa sulit seperti saat ini, melalui cara-cara kekinian.

Apa itu Prospek?

Mungkin banyak ADP yang masih bingung dalam mencari konsumen. Nah untuk itu, sebelum lebih jauh akan kita bahas tentang prospek. Semoga dengan begitu, Anda bisa mengerti lebih jauh mengenai prospek dan bagaimana mendapatkan prospek secara online di masa sulit seperti saat ini.

Prospek dalam bahasa marketing adalah orang yang menjadi kriteria atau sudah berniat untuk melakukan pembelian produk kita. Dapat dikatakan prospek merupakan pelanggan potensial.

Seorang prospek memiliki kriteria :

  • Sesuai target pasar
  • Memang berniat untuk membeli produk
  • Tertarik dengan produk meskipun belum membeli

Dalam berjualan apapun, Anda tidak dapat menentukan semua orang sebagai prospek produk Anda. Belum lagi, jika produk Anda merupakan produk yang tidak diperlukan semua orang, atau tidak semua orang mau menggunakan produk Anda, tentu Anda harus bisa memfilter setiap orang yang cocok atau tidak untuk membeli produk Anda.

Terkadang ada yang menyamakan antara leads dan prospek, padahal keduanya merupakan sesuatu yang berbeda. Akan kita bahas mengenai perbedaan leads dan prospek.

Bagaimana Mendapatkan Prospek

Sebenarnya mendapatkan prospek susah-susah gampang. Karena mencari orang yang cocok dengan target pasar tidaklah mudah. Lalu, bagaimana agar Anda bisa mendapatkan prospek yang cocok dengan produk yang Anda jual? Accurate.partners akan memberikan tekniknya kepada Anda.

Mendapatkan Prospek Secara Konvensional

Dahulu mendapatkan prospek dengan cara menemui para konsumen satu per satu, istilahnya door to door. Tetapi saat ini cara tersebut sudah tidak efektif. Karena konsumen lebih percaya internet, dibandingkan dengan sales produk atau pamflet. Bukan begitu?

Cara Konvensional :

  • Membagikan brosur kepada setiap orang lewat
  • Menyebar Sales untuk ‘Menghipnotis’ calon prospek
  • Berkunjung ke Store Satu per Satu

Namun cara tersebut tidak lagi menjadi cara yang efektif dan bisa menambah prospek Anda. Karena banyak calon konsumen yang tidak mau sekedar mendapatkan iming-iming tentang sisi positif dari sebuah produk saja. Melainkan bagaimana produk tersebut bisa memberikan banyak manfaat kepada mereka.

Mendapatkan Prospek Secara Online

Sekarang semua serba online, namun banyak yang menganggap mencari prospek secara online sangat sulit. Padahal tidak juga, beberapa tips berikut ini, mungkin akan membantu Anda untuk mendapatkan prospek secara online dengan mudah dan tidak sulit.

Dapatkan Dari Sosial Media

Anda bisa mencari prospek melalui media sosial. Banyak cela untuk mendapatkan prospek di media sosial. Saat ini, tanpa harus tatap muka, Anda bisa tetap closing loh. Nah, caranya Anda tawarkan saja produk yang Anda jual kepada calon konsumen yang sesuai kriteria Anda.

Mencari konsumen sesuai kriteria tidak sulit. Anda bisa masuk ke grup-grup yang menjadi tempat calon konsumen Anda berkumpul. Misal, Anda jualan cemilan dengan target pasar para ibu-ibu. Maka, Anda bisa langsung masuk ke grup sosial media yang isinya ibu-ibu semua.

Media sosial, saat ini menjadi tempat berkumpul orang-orang berbagai kalangan. Bahkan, jika Anda melakukan iklan, sosial media menjadi tempat yang cocok untuk Anda. Dengan iklan Anda bisa menyasar calon konsumen yang lebih spesifik dibandingkan mencari konsumen secara acak.

Fitur iklan di sosial media, memberikan peluang kepada konsumen untuk bisa mendapatkan hasil yang banyak dan sesuai dengan kriteria konsumen yang Anda incar. Dengan begitu Anda lebih mudah dalam menjaring konsumen.

Email Marketing

Saat ini fitur email marketing, menjadi salah satu cara mendapatkan prospek lebih efektif. Namun, Anda harus memiliki database email calon-calon konsumen untuk membuka penawaran. Tanpa email, tentu Anda tidak bisa mendapatkan apa-apa.

Misal, Anda harus mencari database email calon-calon konsumen yang mencari target prospek Anda. Bagaimana caranya?

Cara untuk mendapatkan email, seperti dengan memasang iklan melalui media sosial dan memasang iklan dengan memberikan sesuatu kepada calon-calon konsumen yang Anda miliki, misal dengan memberikan voucher atau e-book agar mereka mau meninggalkan alamat email. Anda memang harus ekstra keras terlebih dahulu untuk mengumpulkan data email leads.

Jikalau, Anda memiliki data email sebelumnya, Anda bisa memanfaatkan data email tersebut untuk kembali menjaring prospek kepada Anda. Email marketing bisa menjadi senjata yang cukup ampuh untuk menjaring prospek dengan lebih cepat dan efektif.

Membuat Demo Produk Melalui Video

Video saat ini menjadi sarana yang paling diminati oleh khalayak untuk mendapatkan prospek lebih banyak. Konten video saat ini masih menjadi primadona bagi masyarakat, terutama Indonesia dibandingkan dengan artikel.

Konten-konten video dianggap lebih mudah dicerna oleh para calon konsumen. Bahkan banyak orang-orang, setelah melihat konten video, mereka langsung membeli produk tersebut dan menjadi pelanggan tetap untuk produk yang mereka lihat di video. Anda bisa memaksimalkan penggunaan konten video ini.

Anda bisa melakukan demo produk secara online, dan ketika ada yang tertarik tentu bisa Anda tawarkan untuk meninggalkan email ataupun nomor WA sekalipun. Setelah itu, Anda bisa melakukan prospek kepada mereka, baik melalui email atau nomor WA. Bukankah itu efektif?

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan prospek secara online. Dengan menjaring konsumen yang tepat dan sesuai kriteria, tentu bisa membantu Anda dalam mendapatkan konsumen potensial.

Prospek dan Leads

Banyak yang mengatakan bahwa prospek dan leads merupakan sesuatu yang sama. Padahal keduanyanya berbeda. Sebelum Anda mencari leads maupun prospek, mungkin kedua hal ini harus Anda ketahui terlebih dahulu perbedaannya.

Leads

Dapat dikatakan bahwa leads merupakan orang yang baru menginginkan bahwa mereka akan membeli produk Anda, leads ini belum tentu menjadi calon konsumen untuk Anda. Leads bisa dihasilkan dari berbagai sumber. Tetapi orang-orang tersebut belum tentu akan menjadi calon konsumen.

Anda juga bisa mendapatkan leads dari rekan-rekan bisnis Anda yang lain. Misal Anda tukaran data dengan mereka. Setiap data yang dihasilkan bisa menjadi leads yang sesuai dengan kriteria calon konsumen Anda, meskipun mereka belum menjadi konsumen. Tetapi bisa saja, mereka akan membeli produk Anda di masa-masa selanjutnya.

Prospek

Prospek sendiri merupakan orang-orang yang telah menjadi calon konsumen. Biasanya para prospek merupakan orang-orang yang telah ingin membeli produk Anda. Dia tentu akan bertanya mengenai apa yang menjadi kebutuhannya. Apakah produk yang Anda jual bisa menjadi solusi bagi dirinya atau tidak. Disitulah prospek akan menjadi pelanggan Anda.

Sudah mengerti beda antara prospek dan leads? Dan bagaimana cara mendapatkan prospek secara online? Nah kalau sudah, kini saatnya Anda menetukan strategi apa yang tepat untuk Anda jalankan, demi menghasilkan leads dan prospek yang lebih banyak dari pada biasanya.

Artikel Terkait

5 Keuntungan Digital Marketing Melalui Video Membuat Brand Anda Lebih Eksis

Maya Nirmala Sari

Yuk, Manfaatkan Social Commerce untuk Meraup Keuntungan Besar!

Melisa

5 Peranan Penting Video Marketing Pada Bisnis UKM Kalian

marsha