a

3 Mitos Komputerisasi Akuntansi yang Wajib Anda Ketahui Tapi Tak Perlu Ditakuti

Komputerisasi Akuntansi. Kedengarannya memang seperti istilah pekerjaan yang menyulitkan ya. Apalagi jika Anda seorang pemilik usaha kecil dan menengah, pasti Anda seperti sedang mendengar istilah otomatisasi Akuntansi yang mungkin ingin Anda abaikan karena dirasa mahal dan belum diperlukan dalam proses Akuntansi dan pembukuan. Tapi, pernah tidak Anda berpikir bahwa hal tersebut adalah hanya mitos komputerisasi Akuntansi belaka?

Realitasnya, seiring berjalannya waktu, teknologi kini semakin berkembang pesat. Hal ini dapat Anda lihat dari banyaknya efek dan kemudahan yang ditawarkan melalui penggunaan komputerisasi Akuntansi. So, jika Anda ingin usaha Anda lancar dan berjalan efisien, mau nggak mau Anda sebagai pemilik usaha juga harus mengikuti perkembangannya.

Berikut ini adalah beberapa hal yang sering ada dalam pikiran seseorang, khususnya orang yang berprofesi sebagai Akuntan. Walaupun, sebenarnya beberapa hal di bawah ini hanyalah kekhawatiran-kekhawatiran saja, atau bisa disebut mitos komputerisasi Akuntansi.

Mitos ke-1 : Komputerisasi mengalahkan kebutuhan Akuntan

Dalam dunia usaha, peranan seorang Akuntan tentu sebagai orang yang melakukan pembukuan. Umumnya pembukuan Akuntansi yang dikerjakan secara manual. Nah, mitosnya, banyak orang beranggapan bahwa proses dan alur kerja pembukuan yang dikerjakan secara praktis oleh software Akuntansi akan membuat fungsi seorang Akuntan berakhir begitu saja.

Baca Juga : 8 Tahapan Siklus Akuntansi Sederhana untuk Usaha Kecil dan Menengah

Padahal faktanya, komputerisasi ataupun otomatisasi Akuntansi justru akan meningkatkan nilai Akuntan dalam proses pembukuan. Loh, kok bisa? Yups, karena dengan adanya komputerisasi Akuntansi, Anda selaku pemilik usaha dapat mengalihfungsikan Akuntan Anda untuk mengerjakan tugas yang lebih penting. Seperti melakukan pengontrolan kinerja maupun internal audit serta mendorong usaha Anda agar lebih berkembang.

So, Anda tak perlu khawatir lagi akan mitos komputerisasi Akuntansi yang menyebutkan bahwa hal tersebut akan mengalahkan kebutuhan Akuntan.

Mitos ke-2 : Menurunkan Kinerja & Fungsi Pengontrolan Alur Kerja

Banyak orang yang tidak memahami bahwa aplikasi Akuntansi sebenarnya sangat membantu dalam meningkatkan kinerja dan kontrol atas alur kerja Akuntansi dan pembukuan. Yang mana, dengan Anda menggunakannya, Anda dapat melihat seluruh keuangan usaha kapan pun Anda mau. Bahkan dapat mengontrol langsung Pengeluaran, Pendapatan, hingga Laporan Keuangan.

Selain itu, taukah Anda? Saat ini sudah ada software akuntansi yang memiliki beberapa fitur canggih seperti Digital Approval, Secure Encryption, Integrasi Internet Banking, Backup Otomatis, Export E-Faktur, hingga integrasi dengan marketplace. Wah, sangat praktis bukan? Yups, bener banget. Dan program tersebut bernama Accurate Online (AOL).

Hal ini jelas membuktikan bahwa komputerisasi Akuntansi faktanya tidak dapat menurunkan kinerja apalagi Fungsi Pengontrolan Alur Kerja, sehingga hal tersebut dapat dikatakan hanya sebuah mitos komputerisasi Akuntansi.

Mitos ke-3 : Hanya Cocok untuk Usaha Berskala Besar

Siapa bilang kalau komputerisasi Akuntansi hanya cocok untuk usaha berskala besar? Nyatanya, sistem komputerisasi Akuntansi online sangatlah sesuai dan berguna untuk usaha jenis apapun.

Kenapa? Karena kebutuhan teknologi berbasis Cloud Computing kini semakin meningkat. Dimana Anda dapat memanage pembukuan usaha dengan mudah dan efisien. Selain itu, prosesnya pun dapat dilakukan kapan saja, dimana saja, dengan dibantu oleh fitur-fitur handal seperti pembuatan Faktur, Rekonsiliasi Keuangan yang sudah terhubung antara Kas dengan Bank, serta fitur lainnya yang tentu sangat berguna dalam proses manajemen keuangan usaha.

Baca juga : 4 Cara Membaca Laporan Keuangan untuk Pengusaha UMKM

So, hal ini membuktikan bahwa komputerisasi Akuntansi bukanlah tren semata. Tetapi inovasi dan perkembangan teknologi dari waktu ke waktu. Dan itulah mengapa perusahaan dari semua ukuran akhirnya perlahan mulai menggunakan sistem ini untuk saling berkompetisi dengan para pesaingnya. Maka dari itu, pemahaman mengenai mitos komputerisasi Akuntansi yang mengatakan bahwa hal tersebut hanya cocok untuk usaha berskala besar sangatlah keliru.

Nah, sekarang Anda sudah tau kan bahwa kekhawatiran-kekhawatiran yang muncul mengenai otomatisasi dan sejenisnya sebetulnya hanyalah mitos komputerisasi Akuntansi saja. Untuk membuktikannya, Anda dapat mencoba program Accurate Online secara gratis selama 30 hari. Dan rasakanlah fitur unggulannya yang dapat membantu Anda dalam proses manajemen keuangan usaha Anda.

Share With:
Rate This Article