a

3 Pertimbangan Waktu Yang Tepat Untuk Bikin Aplikasi Mobile untuk Bisnis

Semakin canggihnya teknologi, maka semakin mudah pula membuat aplikasi mobile. Aplikasi mobile seperti ini sangat penting untuk menunjang bisnis Anda. Apalagi di era seperti ini hampir semua mengakses internet melalui smartphone. Dengan adanya aplikasi mobile, itu artinya akan memudahkan calon konsumen untuk menggunakan jasa atau membeli produk bisnis Anda.

Selain memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen, aplikasi mobile bisa meningkatkan kinerja bisnis Anda. Apakah itu artinya Anda harus segera membuat aplikasi mobile? Belum tentu.

Lalu kapan waktu yang tepat membuat aplikasi mobile? Pertanyaan tersebut seringkali muncul, terutama bagi para pebisnis yang sudah memiliki usaha dan usahanya cukup dikenal oleh masyarakat.

Kapan Waktu yang Tepat Membuat Aplikasi Mobile?

Mengenai penting atau tidaknya membangun aplikasi mobile, tentu saja jawabannya penting. Karena pada dasarnya aplikasi mobile akan mendekatkan konsumen dengan produk bisnis Anda.

Sebelum Anda benar-benar membuat aplikasi mobile untuk bisnis, pertimbangkan beberapa hal berikut ini yang nantinya akan menjawab pertanyaan Anda mengenai kapan waktu yang tepat membangun aplikasi mobile.

Target konsumen Anda berada dalam golongan menengah ke atas yang sudah melek teknologi

Pertama kali yang harus Anda pikirkan sebelum benar-benar membuat aplikasi mobile adalah apakah target konsumen Anda berada dalam golongan menengah ke atas atau tidak? Mengapa hal ini menjadi salah satu kunci dalam menentukan kapan waktu yang tepat membuat aplikasi mobile?

Karena dengan target market Anda adalah orang yang berada dalam kelas menengah atas, itu artinya mereka pasti telah melek teknologi.

Mereka bahkan telah memiliki gawai yang spesifikasinya tinggi, selalu bisa online kapan saja. Dengan begitu, maka target market akan dapat menjangkau bisnis online yang tersebar bebas di internet, termasuk bisnis Anda.

Jasa yang Anda tawarkan harus jasa yang dibutuhkan konsumen secara berkala

Aplikasi membutuhkan kuota dan space ketika akan mengunduhnya. Itulah mengapa Anda perlu memikirkan tentang jasa yang Anda tawarkan sebelum membuat aplikasi mobile. Pastikan bahwa jasa yang Anda tawarkan merupakan jasa yang dibutuhkan konsumen secara berkala atau bersifat rutin.

Misalnya dibutuhkan seminggu sekali atau beberapa hari sekali. Jika bisnis Anda termasuk e-commerce, media, layanan, transportasi dan jasa keuangan, memiliki aplikasi mobile akan sangat menguntungkan bisnis dan konsumen Anda.

Salah satu cara untuk mengetahui apakah produk Anda dibutuhkan dan laku di pasaran atau tidak, Anda dapat membuat situs web terlebih dahulu, baru nantinya bisa menjembatani ke pembuatan aplikasi mobile ketika konsumen sudah memasuki fase konsumen loyal. Dalam hal ini Anda perlu berfokus pada sumber daya yang bagus dalam membuat situs web yang berkualitas dan mudah diakses.

Konsumen sangat loyal dan membutuhkan aplikasi mobile dari bisnis Anda

Jika produk jasa Anda dibutuhkan konsumen secara rutin, itu artinya mereka memang target market yang tepat untuk bisnis Anda. Apabila konsumen Anda tersebut sudah masuk dalam fase konsumen yang loyal, maka saat itulah aplikasi mobile sangat dibutuhkan.

Dengan Anda meluncurkan aplikasi mobile, maka konsumen akan mau mengunduhnya. Selain karena butuh, mereka akhirnya mau mengunduh aplikasi mobile bisnis Anda karena memang sudah memiliki ikatan batin yang kuat dengan brand Anda.

Jika konsumen loyal telah mendownload dan memiliki aplikasi mobile brand Anda, maka aplikasi tersebut bisa mendorong cross selling, menjual produk atau jasa layanan lainnya yang ditawarkan di dalam perusahaan. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan bagi bisnis Anda. Sehingga jika Anda telah memikirkan ketiga hal tersebut di atas, jawaban tentang kapan waktu yang tepat membuat aplikasi mobile akan segera terjawab. Dalam hal ini, Anda perlu jeli dalam memilih sumber daya yang akan merancang aplikasi mobile untuk brand Anda.

Jika bisnis Anda sudah memerlukan memiliki aplikasi mobile sendiri, maka jangan tunda untuk segera membuatnya. Hubungilah jasa pembuat aplikasi yang profesional dan sudah berpengalaman. Sehingga aplikasi bisnis yang Anda ciptakan akan terlihat profesional dan prestige.

Share With:
Rate This Article