a

4 Manfaat Membayar Pajak Bagi Para Pengusaha Bikin Pengen Bayar Pajak Tepat Waktu

Membayar pajak, terkadang menjadi hal yang memberatkan bagi seorang pengusaha. Tetapi Tahukah Anda ada banyak manfaat dari membayar pajak. Banyak pengusaha yang tidak mengetahui manfaatnya, sehingga membuat mereka enggan membayar pajak.

Sebagai pengusaha Anda memang diwajibkan untuk membayar pajak atas usaha yang Anda lakukan. Pajak bagi pengusaha cukup banyak jenisnya. Mulai dari PPn, PPh, dan pajak lainnya. Dengan mengetahui manfaat pajak bagi pengusaha, Anda pasti akan segera bayar pajak.

Kebanyakan dari sisi pengusaha, membayar pajak merupakan hal paling dijauhi karena dianggap mengurangi keuntungan. Banyak yang menganggap uang pajak yang disetorkan malah di korupsi. Membuat masyarakat semakin enggan membayar pajak tak terkecuali bagi para pengusaha.

Namun dibalik itu semua, membayar pajak sudah menjadi kewajiban sebagai warga negara yang baik dan patuh terhadap aturan. Selain itu dengan membayar pajak, ada beberapa manfaat lainnya loh yang bisa didapatkan bagi para pengusaha. Apa saja manfaat membayar pajak bagi para pengusaha? Yuk kita simak dibawah ini!

Baca Juga : 3 Sistem Pemungutan Pajak di Indonesia yang Harus Kamu Ketahui, Terutama Buat Pengusaha!

1. Belajar Mengelola Keuangan dan Berhemat

Faktor penyebab kegagalan dalam berbisnis yang menimbulkan kerugian salah satunya adalah dengan pengelolaan keuangan yang tidak tepat. Kebanyakan dari mereka setelah meraup keuntungan lalu menghabiskannya dengan waktu yang sangat singkat alias boros.

Dengan rutin membayar pajak, otomatis Anda akan mengelola keuangan dengan lebih baik seperti memisahkan antara keuangan pribadi, pembayaran pajak, uang modal dan lainnya. Terlebih saat ini bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) lebih dipermudah karena pembayaran pajak bagi UKM dengan omzet per tahun dibawah Rp 4,8 miliar hanya 0,5 %.

Selain belajar mengelola keuangan lebih baik, dengan membayar pajak pengusaha akan lebih bijak menggunakan pendapatan yang di dapatkan karena belajar memprioritaskan hal yang lebih penting.

2. Lebih terlihat sebagai Business Professional

Manfaat selanjutnya dari membayar pajak bagi pengusaha adalah mereka akan lebih terlihat profesional dalam menjalankan bisnisnya di mata para konsumen dan distributor. Pasalnya jika kita memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), apalagi jika bisnis di bidang manufaktur, akan mempermudah saat menjalin kerjasama dengan konsumen maupun distributor.

Sebaliknya, jika kita tidak memiliki NPWP banyak pihak yang ragu bekerja sama dengan Anda. Sebab, mereka menganggap bahwa bisnis milik Anda tidak profesional karena tidak memiliki NPWP.

Baca Juga : Apa Sih Fungsi NPWP? 7 Fungsi NPWP yang Jarang Diketahui

3. Lebih mudah mendapatkan pinjaman modal

Dengan membayar pajak dan memiliki NPWP bisnis, akan mempermudah Anda dalam mengelola bisnis dan mendapatkan modal pinjaman. Sebab ketika Anda mengajukan pinjaman kepada bank, bank akan meminta NPWP usaha Anda.

Jika Anda suatu waktu memerlukan pinjaman baik untuk modal ataupun lainnya, pihak Bank akan memberikan pinjaman dengan proses yang lebih mudah. Selain itu, NPWP juga sangat berfungsi  karena akan terlihat sebagai pengusaha bisnis yang professional dalam menjalankan bisnisnya.

4. Membantu perekonomian Negara

Nah manfaat yang terakhir dari membayar pajak apalagi selain membantu perekonomian negara? Sebagai warga negara yang baik kita juga harus membantu perekonomian negara agar menjadi negara yang maju dan berkembang.

Dengan adanya pajak, bisa menjadi alat stabilitas perekonomian negara dan pemerintah juga bisa memiliki banyak opsi guna membuat kebijakan-kebijakan lainnya yang berlaku di negara Indonesia.

Nah itulah beberapa manfaat membayar pajak bagi para pengusaha, jadi jangan takut rugi untuk membayar pajak ya. Apa lagi sekarang Pemerintah sudah memudahkan dan meringankan pajak UMKM. Jadi UMKM tidak perlu membayar pajak lebih besar.

Kalau Anda tidak mengerti pajak, Anda bisa menggunakan aplikasi pembukuan Accurate Online yang akan memudahkan Anda dalam membuat laporan perpajakan. Karena Accurate Online sudah terintegrasi dengan e-faktur pajak. Anda pun bisa langsung upload e-faktur pajak di Accurate Online langsung ke e-faktur di situs Pajak.go.id. Kamu bisa Coba Accurate Online 30 hari gratis loh! Yuk coba Accurate Online.

Share With:
Rate This Article