Solusiukm
Bisnis

4 Tips Bisnis New Normal yang Wajib Diketahui Oleh Pebisnis UKM

Tentu semua pelaku bisnis terutama pada level UKM Indonesia akan mencari tips bisnis new normal. Situasi yang serba berubah saat ini memaksa semua pelaku bisnis merubah kebiasaan mereka. Hal ini disebabkan karena terjadinya pula perubahan yang dialami oleh konsumen Indonesia. Dengan terjadinya pandemi Covid – 19 Corona yang terjadi, membuat masyarakat secara umum memiliki pergeseran kebutuhan dan juga kebiasaan.

Jika saat normal, masyarakat dengan santai mengeluarkan uang untuk kebutuhan sekunder, tentunya berbeda dengan saat ini. Sekarang, masyarakat sangat tidak memikirkan kebutuhan sekunder. Beberapa hal yang masuk dalam sektor sekunder tentunya adalah berlibur dengan lokasi yang jauh. Hal lain yang masuk dalam kebutuhan sekunder lainnya adalah dunia fesyen. Barang – barang fesyen yang saat ini menjadi tren, saat kondisi normal dengan mudah membuat konsumen melakukan transaksi untuk membelinya. Namun saat kondisi pandemi seperti ini, pengeluaran uang yang dilakukan oleh masyarakat tentunya akan difokuskan pada hal – hal yang masuk kategori kebutuhan premier. Kebutuhan – kebutuhan yang tergolong premier tersebut juga saat ini meluas. Produk – produk yang bisa menangkal virus Covid – 19 Corona yang jumlahnya tidak sedikit tersebut masuk dalam kategori kebutuhan utama.

Dengan semua pergeseran kebutuhan yang terjadi tersebut, tentunya membuat perilaku new normal perlu dipelajari. Tentunya sebagai pelaku UKM Indonesia tidak ingin bisnisnya gulung tikar karena tidak mampu beradaptasi dengan perubahan pola konsumsi yang ada. Untuk itu, berikut tim Solusi UKM rangkumkan apa saja yang masuk dalam kategori tips bisnis new normal:

Jangkau konsumen lewat jalur paling personal

Poin nomer satu untuk tips bisnis new normal untuk kalian para pelaku UKM Indonesia adalah untuk menjangkau konsumen – konsumen dengan sangat dekat. Cara menjangkau konsumen sebagai tips bisnis new normal adalah dengan melakukan riset. Cek apa media komunikasi yang sering digunakan oleh konsumen kalian. Contoh, jika konsumen kalian sering menggunakan media WhatsApp, Telegram, Instagram, dan juga Facebook, maka tentunya kalian wajib menggunakan media – media tersebut sebagai jembatan untuk berjualan. Karena dengan melakukan pendekatan tersebut, bisnis new normal milik kalian sudah selangkanĀ  lebih maju dan dilihat lebih dekat oleh konsumen kalian.

Lewat komunikasi personal, buat program pemesanan produk dengan cara paling mudah

Setelah menemukan media yang mereka gunakan secara personal, tips bisnis new normal yang kedua adalah dengan membuat program yang akan memudahkan konsumen. Progam tersebut perlu memudahkan konsumen untuk lebih membuat mudah pemesanan konsumen terhadap produk kalian. Pada masa pandemi Covid – 19 Corona ini, pergerakan di laur rumah tentunya menjadi lebih tidka nyaman untuk dilakukan. Selain dengan kerumitan menggunakan masker, menjaga tangan agar selalu bersih, berkegiatan di luar rumah, ketakutan akan tertular virus Covid – 19 Corona ini membuat masyarakat tidak leluasa dalam melakukan aktivitas.

Dalam menajalankan bisnis new normal, tentu kalian harus berusaha lebih. Usaha lebih tersebut agar bisnis kalian bisa memudahkan konsumen untuk membeli barang produk milik kalian. Jika dalam kondisi new normal ini bisnis kalian tidak memudahkan konsumen, pastinya konsumen akan malas dan memilih untuk mencari merek atau usaha yang lainnya. Kehilangan konsumen pada saat new normal tentu sangat merugikan bisnis UKM milik kalian, bukan?

Permudah pemesanan produk pada bisnis kalian saat new normal dengan membuat program free delivery atau biaya ongkos kirim yang gratis. Atau, mudahkan juga sistem pembayaran dengan menggunakan berbagai fasilitas dompet digital seperti GoPay atau OVO, dan lain – lain. Dengan semua program yang memudahkan konsumen tersebut, pada akhirnya membuat bisnis kalian di masa new normal lebih unggul dibanding kompetitor – kompetitor lainnya yang masih sulit dijangkau oleh konsumen karena belum melakukan penyesuaian terhadap konsep new normal.

Cek kemajuan dan perkembangan bisnis dalam periode waktu lebih singkat

Nomer tiga dalam hal tips bisnis new normal, adalah selalu cek kemajuan dari bisnis kalian. Kemajuan bisnis dalam situasi new normal ini tentunya perlu dilakukan meskipun pada saat normal sebelum Covid – 19 Corona. Bedanya, cek perkembangan bisnis saat situasi new normal seperti saat ini tentu perlu dilakukan dalam periode yang lebih singkat, seperti mingguan atau bahkan harian.

Melakukan review dengan periode lebih cepat dibanding situasi normal dilakukan agar kalian bisa membuat perubahan dan adaptasi secara cepat untuk bisnis kalian. Bisnis – bisnis lainnya saat new normal sangat banyak sekali yang memang tidak mampu bertahan hingga akhirnya harus gulung tikar.

Menekan ego untuk mendapatkan laba yang merugikan konsumen

Yang ini tentu sedikit lebih sulit untuk dikerjakan. Poin selanjutnya agar tips bisnis new normal untuk bisnis UKM kalian adalah untuk menekan ego berbisnis kalian. Dengan situasi new normal yang sangat sulit seperti saat ini, haram hukumnya untuk melakukan kenaikan harga produk saat pandemi Covid – 19 Corona. Fokus pada berjalannya bisnis yang lancar agar karyawan – karyawan dan laba kalian masuk pada level cukup. Jangan mematok harga berlebih sebagai strategi menaikkan omzet bisnis.

Untuk mendapat panduan bisnis UKM selama masa pandemi, klik link di bawah. GRATIS dan BUKAN SPAM.

Artikel Terkait

Dalgona ; Kopi yang Viral Saat Pandemi!

marsha

Jadi Pebisnis Wanita yang Sukses itu Gampang! Baca Tipsnya:

admin

Haram Bagi UKM Jika Belum Merambah Digital

admin