a

5 Alasan Sebagai Pengusaha Wajib Menguasai Ilmu Akuntansi

Sebagai seorang pengusaha wajib menguasai ilmu akuntansi. Karena dengan akuntansi Anda akan mengetahui mau dibawa kemana usaha yang Anda miliki. Meskipun ilmu akuntansi yang Anda miliki masih tahap dasar. Karena, tanpa akuntansi, Anda akan sangat sulit mengurusi persoalan keuangan usaha yang Anda miliki. Disinilah pentingnya menguasai ilmu akuntansi bagi pengusaha.

Apa lagi, setiap bisnis yang dijalankan sudah pasti akan melakukan perhitungan. Perhitungan inilah yang diharuskan menggunakan ilmu akuntansi dalam bisnis yang Anda miliki. Karena bisnis memang tidak bisa terlepas dari akuntansi.

Berikut alasan mengapa pengusaha wajib menguasai ilmu akuntansi yang wajib dimiliki oleh pengusaha di Indonesia. Berlaku untuk seluruh pengusaha yang ada, terutama pengusaha bisnis kecil yang belum begitu memahami apa itu akuntansi dan apa perannya untuk bisnis yang mereka miliki.

Perencana Anggaran

Mengapa pengusaha wajib menguasai ilmu akuntansi, sebab mereka sebelum membangun sebuah bisnis harus merencanakan mengenai jumlah anggaran yang akan digunakan. Baik itu rencana bulanan, tahunan, bahkan harian dan mingguan pun harus direncanakan dengan baik.

Jika Anda memiliki usaha di bidang produksi, maka rencana anggaran pun bisa menjadi sebagai acuan berapa uang yang harus dikeluarkan untuk mengaji karyawan, dengan jam kerja tertentu. Sehingga Anda juga bisa menggambarkan kebutuhan jumlah gaji karyawan yang harus Anda bayar.

Perencana anggaran bukan hanya digunakan sebagai acuan gaji karyawan. Namun, semua kegiatan usaha pun harus memiliki perencana keuangan. Seperti dalam membeli bahan baku, dana operasional, beban produksi, dan beban administrasi pun harus direncanakan hingga ke depan.

Perencana Laba Rugi

Kegiatan akhir dari sebuah aktivitas akuntansi dimanapun adalah mengetahui laba rugi yang terjadi selama satu bulan, tiga bulan, per semester bahkan dalam satu tahun bisa terlihat dengan adanya laporan keuangan laba rugi.

Selain itu, ilmu akuntansi juga bisa memproyeksikan untuk jumlah laba yang ingin didapatkan dalam periode tertentu. Dalam ilmu akuntansi, dikenal istilah cost volume profit. Dimana jumlah laba bisa dihitung dari biaya produksi dan operasional, produk yang terjual, serta harga.

Namun sistem ini lebih sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar. Karena ilmu akuntansi ini bisa mengidentifikasi rencana penjualan. Jika menemukan masalah, maka bisa dianalisis kembali dengan mencari titik masalah tersebut. Bagi pengusaha UKM, Anda bisa mempelajari ilmu ini seiring bisnis Anda terus berjalan.

Ilmu Akuntansi untuk Sistem Pembukuan

Pengusaha wajib menguasai ilmu akuntansi yang berkaitan dengan sistem pembukuan. Karena banyak sekali pengusaha, terutama pengusaha pemula yang hanya fokus memikirkan bagaimana terus meningkatkan omzet penjualan, tetapi mereka melupakan pembukuan yang rapih.

Dari pembukuan inilah yang akan membantu Anda membuat sebuah laporan keuangan yang baik. Sebab, semua pencatatan yang terjadi di pembukuan akan menjadi acuan Anda dalam membuat laporan keuangan di akhir periode.

Pembukuan bagi pengusaha usaha kecil, terdapat yang sederhana dan rumit. Tetapi sebaiknya Anda memiliki tiga jenis pembukuan sederhana. Tiga jenis pembukuan tersebut yaitu pembukuan kas masuk, pembukuan keluar, dan pembukuan kas masuk keluar.

Ilmu Akuntansi Sebagai Alat Kontrol

Alasan lain mengapa Anda sebagai pengusaha wajib menguasai ilmu akuntansi yang berupa pembukuan, penjurnalan, hingga laporan keuangan, kesemua itu bisa Anda jadikan sebagai alat kontrol untuk usaha yang sedang Anda jalankan.

Karena, laporan keuangan akan memperlihatkan sudah seberapa jauh perkembangan dari usaha yang Anda miliki tersebut. Jika hasilnya tidak sesuai dengan tujuan awal Anda, maka Anda bisa mengambil keputusan lain untuk bisa mengembangkan bisnis yang Anda miliki lebih baik lagi.

Ilmu Akuntansi Akan Mengajarkan Anda Mengelola Arus Kas

Setiap usaha yang dijalankan harus memiliki arus kas. Arus kas ini bertujuan untuk mengetahui jumlah pengeluaran dan pemasukan yang didapatkan dalam periode tertentu. Mengapa Anda sebagai pengusaha harus mengetahui bagaimana mengelola arus kas?

Sebab, arus kas ini bisa menjadi laporan pertanggungjawaban mengenai penggunaan uang dalam periode tertentu. Apakah cara penggunaannya sudah benar dan baik, atau belum sama sekali. Sehingga bisa terlihat dari laporan arus kas.

Jika arus kas lebih banyak pengeluaran, maka Anda harus bisa mengontrolnya. Disinilah pentingnya pengusaha wajib menguasai ilmu akuntansi, agar Anda bisa mengetahui seberapa jauh penggunaan arus kas yang muncul tersebut. Jika pengeluaran berlebihan, dan pengeluaran tersebut tidak dibutuhkan oleh usaha Anda, maka untuk periode selanjutnya Anda bisa menghentikan pengeluaran tersebut.

Arus kas ini juga yang menjadi sebuah acuan berjalannya bisnis dalam kegiatan sehari-hari. Arus kas juga bisa menjadi alat indikasi apakah bisnis yang Anda jalankan sudah berhasil atau hanya berjalan stagnan dan tanpa progress apapun.

Demikianlah pentingnya pengusaha wajib menguasai ilmu akuntansi. Dengan ilmu akuntansi, maka Anda bisa menjalankan perusahaan sesuai dengan tujuan awal. Sehingga Anda bisa tahu dimana saja kesalahan-kesalahan yang tidak perlu dilakukan lagi pada bulan-bulan selanjutnya. Dan untuk memudahkan Anda dalam mengelola akuntansi usaha milik Anda, maka sebaiknya Anda menggunakan software akuntansi Accurate Online (AOL) yang mana bisa melakukan pembukuan, hingga pembuatan laporan keuangan dengan mudah, tanpa harus mempelajari ilmu akuntansi yang expert.

Share With:
Rate This Article