Solusiukm
Manajemen & Pemasaran

5 Ide Promo Bulan Agustus Buat Bisnis UKM Kalian

Sebagai pelaku bisnis jenis UKM atau UMKM, pasti akan dipusingkan dengan ide promosi atau biasa disingkat dengan promo. Terlebih lagi, ide promo merupakan hal yang perlu dilakukan untuk membuat bisnis terlihat lebih menarik, dan lebih segar. Dengan persaingan yang tinggi pada saat ini, tentu membuat pelaku UKM pusing dalam menggali ide promo. Jika bisnis kalian sudah lama tidak melakukan promo, maka saat ini di bulan Agustus merupakan saat yang tepat untuk menjalankan promo di bulan Agustus.

 

Hal ini disebabkan karena bulan Agustus merupakan salah satu waktu yang tepat untuk menjalankan promo. Dengan menjalankan promo Agustus, kalian sebagai pelaku bisnis bisa menaikkan penjualan produk, menaikkan omzet, dan juga membuat nama merek bisnis UKM kalian lebih dikenal.

 

Namun, dalam memilih jenis promo Agustus, ada baiknya membuat promo Agustus untuk bisnis UKM kalian menjadi lebih menyenangkan dan seru. Tujuan untuk membuat promo Agustus sebagai program yang menyenangkan adalah untuk menarik calon konsumen yang belum pernah membeli produk bisnis kalian, dan juga membuat konsumen yang pernah membeli produk kalian dapat membeli ulang produk dari bisnis kalian.

 

Tim Solusi UKM merangkum 5 jenis ide promo Agustus untuk bisnis UKM kalian agar bisa lebih kreatif dan juga mengandung unsur menyenangkan di mata konsumen. Berikut daftarnya:

Diskon atau potongan harga dengan nominal angka kemerdekaan

Ide pertama untuk jenis promo Agustus bisnis UKM kalian adalah memberikan diskon atau potongan harga dengan nominal angka kemerdekaan. Salah satu contoh promo Agustus dengan unsur nominal angka kemerdekaan adalah Diskon 17% untuk produk bisnis kalian. Angka 17% untuk promo Agustus diambil dari 17 Agustus yaitu tanggal kemerdekaan negara Indonesia.

 

Selain diskon dengan unsur angka kemerdekaan untuk promo Agustus, kalian bisa memberikan bonus satu produk setiap pembelian 17 produk atau jika terlalu banyak bisa 8 produk. Angka 8 tersebut berasal dari bulan Agustus dari urutan total bulan dalam setahun. Bermain – main dengan nalar kreatif tentu akan membuat promo Agustus kalian lebih seru dan menyenangkan di mata konsumen.

Nama promo dengan unsur kemerdekaan

Ide promo Agustus bagian ini memang sudah sering dan umum digunakan. Namun, tidak ada salahnya untuk tetap menggunakan elemen ini dalam promo Agustus milik bisnis UKM kalian, ya! Pilih nama promo Agustus untuk bisnis UKM kalian dengan pilihan kaliamt yang menyenangkan. Beberapa contoh untuk nama promo Agustus yang seru adalah ‘Semangat Merdeka Untuk Dapat Barang Murah’, ‘Semangat 45 Untuk Diskon 45% di Produk – Produk Pilihan’, dan kalimat – kalimat seru lainnya untuk promo Agustus bisnis kalian.

Potongan harga bagi mereka yang bernama dengan unsur kemerdekaan

Pilihan promo Agustus yang selanjutnya, adalah dengan memberikan potongan diskon atau promo¬† apa pun pada konsumen yang memiliki nama dengan unsur hari kemerdekaan seperti Agus dari Agustus, dan lain – lain. Jika ingin memperlebar promo Agustus dengan konsep nama ini juga bisa lebih diperluas. Kalian bisa memberikan promo Agustus untuk mereka yang memiliki nama ‘sangat Indonesia’. Beberapa nama yang sangat Indonesia dan cocok untuk promo Agustus adalah Ani, Budi, Susi, dan lain – lain.

Dengan memberikan promo Agustus dengan menggunakan nama ini tentu akan membuat promo Agustus bisnis UKM kalian lebih seru dan menyenangkan. Untuk menanggulangi pemalsuan nama pada promo Agustus kalian, beri syarat untuk menunjukkan kartu pengenal KTP, atau SIM sebagai bukti bahwa mereka memang memiliki unsur nama tersebut dan bisa ikut dalam promo Agustus milik kalian. Jika pembelian produk melalui ojek online, driver ojek pengantar bisa menunjukkan nama username yang didaftarkan konsumen yang memesan promo Agustus. Gampang, bukan?

Promo bagi mereka yang datang dengan pakaian warna merah dan / atau putih

Nah, untuk ide promo Agustus lainnya adalah dengan datang menggunakan pakaian dengan unsur kemerdekaan Republik Indonesia. Warna – warna yang bisa kalian gunakan sebagai persyaratan mendapatkan promo Agustus bisnis kalian adalah dengan memilih konsumen dengan pakaian berwarna merah atau putih, atau keduanya merah dan putih. Seperti yang kita tahu, pemilihan merah dan putih memang berdasarkan warna bendera Indonesia.

Promo bagi mereka yang lahir di bulan Agustus

Pilihan selanjutnya untuk ide promo Agustus adalah dengan memberikan promo pada konsumen yang memang berulang tahun pada bulan Agustus. Jenis promo Agustus yang kalian beri bisa berjenis apa saja yang memang  kalian sepakati sebagai promo Agustus. Menjalankan jenis promo Agustus ini memang memerlukan sedikit usaha untuk menjalankannya. Sama seperti promo Agustus dengan menggunakan nama konsumen, promo Agustus bagi mereka yang lahir di bulan Agustus juga memerlukan kartu tanda pengenal seperti KTP atau SIM.

 

Jenis – jenis promo Agustus di atas tentunya sangat mudah untuk dilakukan. Dengan menjalankan promo Agustus pada daftar di atas, tentunya akan membuat merek bisnis UKM kalian lebih seru dan menyenangkan. Dengan promo Agustus yang lebih menyenangkan ini tentu membuat bisnis kalian lebih diingat oleh konsumen. Tentunya ini merupakan hal yang penting untuk dilakukan agar bisnis kalian selalu diingat oleh konsumen.

Dalam menjalankan bisnis pada masa pandemi, tentu membutuhkan kehati – hatian yang ekstra. Untuk itu, klik panduan bisnis UKM pada masa pandemi GRATIS dan BUKAN SPAM. Yuk, langsung aja klik banner di bawah, ya!

Artikel Terkait

STOP! Konsumen Belum Tentu Loyal dengan Gimik Hadiah & Diskon

Iskandar Rumi

5 Hal Penting yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Menjadi Solopreneur

Melisa

Miliki 5 Hal Ini Agar Di Cap Menjadi Wirausaha Sukses

Iskandar Rumi