a

5 Keuntungan Digital Marketing Melalui Video Membuat Brand Anda Lebih Eksis

Belakangan ini content marketing digital dalam bentuk video sangat booming. Hal ini menjadi salah satu bagian dari portofolio digital strategi, sehingga layak untuk Anda terapkan dalam mengembangkan brand bisnis Anda. Fenomena ini beralasan kuat karena faktanya sebagian besar orang lebih menyukai video dalam mendapatkan informasi maupun hiburan. Jadi jelas jika keuntungan digital marketing melalui video memang tidak main-main.

Pada 2017, pemasaran video menyumbang 69% lalu lintas konsumen, dan landing page yang mengarahkan kepada video dapat mengkonversi 800% lebih banyak. Ini membuktikan bahwa digital marketing melalui video akan lebih menguntungkan.

Berikut ini beberapa keuntungan digital marketing melalui video yang bisa menyemangati dan memantapkan Anda untuk membuat video brand bisnis Anda.

1. Memudahkan Menjelaskan Informasi

Sebagian besar orang memang cenderung lebih suka, betah dan cepat menangkap informasi melalui bentuk video. Hal ini menjadi salah satu keuntungan digital marketing melalui video yang bisa Anda dapatkan. Terlebih untuk produk yang dijual seperti gadget, di dalam video tersebut akan mampu menjelaskan fitur-fitur yang ada secara detail dan menarik.

Bahkan beberapa kategori produk dan industri juga membutuhkan edukasi terlebih dahulu sebelum orang akan membeli produk yang ditawarkan. Jadi jelas jika membuat video akan sangat membantu calon pembeli.

2. Meningkatkan Brand Exposure dan Awareness

Tujuan membuat video untuk bisnis adalah agar orang lebih bisa mengenal brand milik Anda. Jadi dalam mengeksekusi pembuatan video untuk digital marketing, Anda perlu menekankan logo merek paling tidak minimal di lima detik pertama video.

Selain itu, tekankan pula pada Unique Selling Point (USP) serta manfaat-manfaat produk dengan cara soft selling atau story telling yang menarik. Hal ini menjadi sangat penting, karena generasi digital lebih suka suguhan berupa cerita yang mengesankan dan tidak suka digurui.

3. Membangun Hubungan dengan Konsumen

Satu lagi keuntungan digital marketing melalui video adalah bahwa video konten bisa dijadikan sarana untuk membuat konsumen menjadi lebih loyal. Hal ini dikarenakan mereka akan mendapatkan sesuatu yang lebih berharga yang mungkin tidak bisa ditemukan di brand atau tempat lain.

Video online juga dapat membangun hubungan yang lebih baik dengan konsumen. Yang jelas, buatlah video konten yang bisa membuat konsumen nyaman, sehingga merasa tergoda, teredukasi dan terinspirasi dengan produk yang ditawarkan atau dijelaskan di dalam video tersebut.

4. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Pelanggan

Digital marketing dengan video bukan hanya sekedar video tentang produk saja. Tetapi Anda juga bisa membuat video testimonial dari pelanggan. Testimoni penting untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap brand yang Anda miliki. Ketika Anda akan menggarap video marketing, Anda tak boleh melupakan video testimoni pelanggan.

5. Membantu Meningkatkan Penjualan

Faktanya sebagian besar konsumen akan lebih yakin untuk membeli sebuah produk ketika deskripsi produknya hadir juga dalam bentuk video. Jika selama ini Anda berpromosi lewat media tulisan dan gambar saja, membuat video akan mampu meningkatkan konversi penjualan. Kenapa? Karena jelas calon konsumen dapat melihat ukuran, bentuk, fitur, fungsi dan lain sebagainya lebih jelas melalui video.

Dalam hal ini, sebelum Anda membuat video, Anda perlu melakukan pengamatan singkat mengenai faktor apa saja yang akan mempengaruhi konsumen untuk membeli produk. Pengamatan akan membantu Anda mudah dalam menentukan konsep video yang akan Anda berikan kepada calon-calon konsumen.

Meskipun keuntungan digital marketing melalui video sangat menggiurkan, namun sebelum Anda masuk untuk eksekusi membuat video, Anda perlu merumuskan tujuan video online. Hal ini menjadi penting karena nanti akan berpengaruh kepada cara membuat konten, ukuran video dan analisisnya. Selain itu, pastikan video online tersebut menarik, sehingga orang yang melihat akan tertarik dan merasa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dan akhirnya mau membeli ataupun menggunakan produk jasa brand Anda.

Share With:
Rate This Article