Solusiukm
Bisnis

5 Kunci Utama Menjalankan Manajemen Bisnis Kecil: Biar Ngga Rugi, cuy!

Banyak masyarakat yang memang memiliki kegemaran dalam bidang wirausaha atau berbisnis. Menjalankan sebuah bisnis meskipun dalam taraf kecil, sering kali banyak pelaku usaha yang meremehkan. Karena dianggap bisnis yang dijalankan kecil, pelaku usaha sering tidak mempelajari berbagai ilmu manajemen. Manajemen sendiri merupakan kata serapan dari bahasa Inggris. Manajemen dalam bahasa Indonesia memiliki arti mengelola sesuatu, yang mana dalam topik ini adalah mengelola bisnis.

Pengaturan sebuah bisnis, termasuk bisnis kecil tentu wajib dilakukan. Pengaturan atau manajemen bisnis kecil sangat perlu dilakukan agar semua tujuan – tujuan bisnis kalian dapat terpenuhi. Jika menjalankan usaha tanpa memperhatikan manajemen bisnis kecil, tentu bisnis kecil yang dijalankan akan berantakan.

Jika kalian pelaku bisnis kecil yang masih pemula kebingungan bagaimana mengerjakan manajemen bisnis kecil, tidak perlu pusing. Berikut ini akan tim Solusi UKM jabarkan di bawah ini mengenai apa saja tips manajemen bisnis kecil:

Barang apa, dan mau dijual ke siapa?

Langkah paling awal untuk melakukan manajemen bisnis kecil, adalah dengan melakukan pengecekan pada internal usaha kecil kalian. Jenis barang atau produk apa yang kalian jual? Siapa yang bisa membeli dan melakukan transaksi pada produk – produk kita? Hal – hal yang sangat mendasar ini perlu dilakukan sebagai salah satu manajemen bisnis kecil.

Mungkin langkah ini terlihat sederhana, namun dalam pengerjaannya tetap membutuhkan usaha. Misalkan, jika kalian memiliki bisnis kecil dan menjual peralatan makeup, kalian bisa melakukan promosi pada media seperti Gruop WhatsApp yang berisi ibu – ibu arisan. Atau bisa juga kalian mempromosikan bisnis kalian dalam menjual makeup pada Gruop WhatsApp yang berisi mayoritas bapak – bapak dengan kalimat pengantar “ayo dijual makeup murah meriah, original, buat nyenengin istri – istri”.

Menggunakan apa berjualannya?

Yang kedua, salah satu trik manajemen bisnis kecil adalah dengan tahu bahwa kalian menggunakan media apa dalam menjual. Untuk bisnis kecil, kalian bisa memaksimalkan media – media promosi yang tidak berbayar. Dengan memilih media gratis, kalian tentu bisa memaksimalkan manajemen bisnis kecil pada bagian keuangan. Yang pada umumnya digunakan dalam memasarkan produk bisnis kecil adalah WhatsApp Status, Instagram, Shopee, Tokopedia, dan lain – lain.

Selalu suarakan kelebihan produk, namun jujur dalam kekurangan (jika ditanya)

Salah satu manajemen bisnis kecil yang penting juga untuk dipraktekkan, adalah mengunggulkan apa saja yang menjadi kelebihan produk. Seperti contoh, jika kalian menjual keperluan sholat mukena. Unggulkan kelebihan – kelebihan seperti bahan kain dingin, nyaman, halus, bisa dilipat kecil sehingga mudah dibawa – bawa. Buat kelebihan – kelebihan dari mukena milik kalian sebagai salah satu kelebihan yang bisa dirasakan jika membeli bisnis kalian.

Hal ini juga termasuk juga dengan kekurangan dari produk milik kalian. Jika kalian merasa memiliki kekurangan, ada baiknya dijawab dengan jujur

Keuangan juga perlu manajemen

Yang ini juga menjadi salah satu poin penting untuk manajemen bisnis kecil. Bagian keuangan juga menjadi masalah yang sering diremehkan oleh pelaku – pelaku bisnis UKM tanah air. Keuangan manajemen bisnis kecil yang baik akan membuat bisnis kalian berjalan lancar. Terlebih langkah awal yang perlu dilakukan adalah memisahkan uang pribadi dan uang bisnis. Selain itu, bijak dalam mebelanjakan kebutuhan bisnis juga merupakan salah satu langkah awal untuk manajemen bisnis kecil yang tepat.

Jangan mudah puas, dan selalu review selalu bisnis kecil kalian

Selanjutnya, adalah untuk tidak merasa cepat puas. Jika bisnis kalian berjalan dengan baik, ada baiknya jika kalian melakukan pengecekan ulang terhadap bisnis kalian. Bagian mana saja yang sekiranya terlalu berlebihan pada bagian pengeluaran, dan juga bagian mana saja yang masuk dalam kategori perlu dilakukan penambahan. Dengan melakukan evaluasi secara rutin, kalian bisa menentukan langkah apa yang baik untuk manajemen bisnis kecil milik kalian.

Artikel Terkait

4 Tips Menabung Uang Dengan Cepat, Bukan Pelihara Tuyul, lho!

marsha

8 Trik Melakukan Presentasi yang Efektif. Dijamin Bikin Lancar Bisnis!

marsha

Persiapan Penting Sebelum Buka Cabang Bisnis yang Baru

marsha