Solusiukm
Digital Marketing

5 Manfaat Digital Marketing Agar Bisnis Makin Laris Manis

Apakah Anda merasa familiar dengan istilah digital marketing?

Perkembangan teknologi yang pesat memang menuntut inovasi digital di bidang bisnis. Oleh sebab itu, Anda pun patut menguasai teknik-teknik digital marketing untuk memaksimalkan bisnis. Digital marketing dapat didefinisikan sebagai upaya pemasaran bisnis yang memanfaatkan dunia digital atau internet. Banyak pebisnis yang mengombinasikan strategi marketing konvensional dan digital untuk memperoleh hasil maksimal.

Untuk mengetahui lima manfaat digital marketing berikut ini, Anda pasti tak akan ragu menerapkannya pada bisnis Anda:

Digital Marketing, hemat Biaya Marketing

Banyak biaya yang harus Anda keluarkan untuk strategi marketing secara konvensional. Misalnya, Anda harus memasang iklan di media cetak dan elektronik serta mencetak brosur dan banner. Pengeluaran tersebut bisa diminimalkan kalau Anda memanfaatkan digital marketing. Melalui media sosial atau website, Anda lebih leluasa memperkenalkan bisnis kepada para pengguna internet. Anda bisa mengunggah konten-konten menarik secara konsisten di media sosial untuk meningkatkan brand awareness. Biaya yang Anda siapkan untuk memasang iklan di media sosial juga tidak sebesar biaya untuk strategi marketing konvensional.

Menjalin Komunikasi Efektif dengan Pelanggan

Konsep digital marketing kini juga dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi dengan pelanggan. Karena para pelanggan Anda bisa menghubungi secara real time melalui akun media sosial atau blog. Hal tersebut membuat Anda harus jeli menempatkan staf yang mengelola urusan digital marketing. Karena staf Anda harus menguasai teknologi dengan baik, memahami product knowledge, dan cekatan ketika berkomunikasi dengan pelanggan.

Jangkauan Pangsa Pasar Lebih Luas

Salah satu keunggulan istimewa digital marketing dibandingkan marketing konvensional adalah pangsa pasar yang lebih luas. Bisnis Anda berkesempatan memperoleh pelanggan yang berasal dari luar kota, luar pulau, bahkan luar negeri. Karena konten-konten bisnis yang disajikan melalui media sosial atau blog dapat dilihat oleh semua pengguna internet. Jika bisnis Anda semakin dikenal banyak orang, maka kemungkinan besar omzet bisnis Anda akan terus meningkat. Anda punya kesempatan besar untuk melakukan ekspansi bisnis hingga ke luar negeri. Jika ternyata masyarakat luar negeri sangat antusias dengan keberadaan bisnis Anda.

Menarik Keingintahuan Para Pengguna Smartphone

Mayoritas pengguna internet kini menggunakan smartphone untuk mengakses media sosial, blog, dan informasi lainnya. Jadi, penerapan konsep digital marketing juga akan mempermudah Anda menjangkau pengguna smartphone dari berbagai kalangan ekonomi. Anda wajib menyiapkan konten marketing yang mobile-friendly. Agar konten tersebut lebih mudah diakses, hemat kuota internet, dan membuat para pengguna smartphone tertarik dengan bisnis Anda.

 

 

Membentuk Personal Branding yang Istimewa

Manfaat lainnya yang bisa diperoleh dari digital marketing adalah kesempatan untuk membentuk personal branding. Konten-konten pemasaran yang menarik dan tak selalu berfokus pada bisnis bisa menjadi ciri khas istimewa. Apalagi jika Anda mahir mengemas softselling menjadi suatu konten yang berkualitas. Sudah pasti brand bisnis Anda akan dianggap lebih eksklusif dibandingkan kompetitor sejenis. Sehingga bisnis Anda berpeluang besar untuk bersaing dengan brand-brand yang lebih besar.

Banyak hal yang bisa dieksplorasi dari strategi digital marketing. Kini, giliran Anda memaksimalkan digital marketing untuk mendukung kesuksesan bisnis Anda. Masuki era bisnis baru di dunia digital dan rasakan perbedaannya!

Masih banyak tips lengkap yang dibuat khusus untuk Sobat UKM, dan caranya gampang banget! Yuk gabung ke MEMBERSHIP SOLUSI UKM karena dengan menjadi MEMBERSHIP Solusi UKM, kalian bisa download GRATIS E-BOOK BISNIS dan juga TUTORIAL super lengkap! Klik Disini.

Artikel Terkait

Panduan Jitu Biar Reseller Baju Muslim LARIS!

marsha

Yuk, Manfaatkan Social Commerce untuk Meraup Keuntungan Besar!

Melisa

6 Aspek Penting yang Mempengaruhi Perkembangan E-commerce di ASEAN

Melisa