a

5 Metode Up Selling untuk Meningkatkan Omzet Bisnis

Ketika Anda sebagai pebisnis ingin menaikan omzet, maka berbagai cara Anda lakukan agar semakin banyak pembeli dan penjual yang memakai jasa Anda. Tetapi apakah Anda sudah tahu apa saja metode yang harus Anda gunakan untuk meningkatkan omzet bisnis?

SolusiUKM akan memberikan anjuran ajaib bagi para pengusaha untuk bisa meningkatkan omzet di tahun baru nanti. Ini dilakukan untuk membantu Anda mendapatkan untung yang lebih banyak lagi. Hal apa yang Anda lakukan untuk meningkatkan omzet bisnis?

Secara garis besar, ada tiga hal yang kerap dilakukan pebisnis untuk meningkatkan omzet, yaitu:

  • Cross selling (Menjual produk lain yang dapat melengkapi produk utama.)
  • Down selling (Menurunkan harga produk agar calon pelanggan tertarik.)
  • Up selling (Meningkatkan harga produk dan menambah manfaatnya.)

Metode cross selling dan down selling tentu sudah tak asing lagi bagi Anda. Namun, metode up selling belum terlalu familiar. Karena kenaikan harga produk biasanya identik dengan penurunan permintaan dari pelanggan.

Metode up selling adalah metode yang sebenarnya hanya fokus untuk menjual satu produk, namun produk yang Anda jual Anda lebihkan manfaatnya. Manfaat yang dilebihkan adalah manfaat yang dibutuhkan oleh konsumen.

Kalau Anda ingin memanfaatkan metode up selling secara efektif, sebaiknya Anda melakukan beberapa hal berikut ini:

Produk Harus Punya Nilai Tambah

Kalau Anda ingin menaikkan harga produk, berarti produk tersebut harus memiliki nilai tambah. Poin penting ini merupakan salah satu patokan utama dalam metode up selling. Karena calon pelanggan Anda tentu tak ingin membayar lebih mahal untuk produk yang manfaatnya lebih rendah daripada produk kompetitor.

Misalnya, smartphone A seharga dua juta rupiah dengan satu kamera belakang dan smartphone B seharga tiga juta rupiah dengan dua kamera belakang. Banyak pelanggan akan memilih smartphone B karena manfaatnya terasa lebih lengkap. Teknik ini juga bisa dipraktikkan pada produk-produk lain sesuai porsinya masing-masing.

Penawaran Harga Harus Tetap Wajar

Metode up selling memang sah-sah saja diterapkan untuk berbagai produk dan jasa. Namun, bukan berarti Anda boleh menaikkan harga sesuka hati. Sebagai pebisnis yang jeli, Anda harus tetap memberikan penawaran harga yang wajar. Jangan sampai metode up selling malah membuat omzet anjlok dan kalah oleh kompetitor. Ada batas-batas tertentu yang membuat Anda harus jeli mengimplementasikan konsep up selling dalam berbisnis.

Memaksimalkan Pelayanan Bagi Pelanggan

Banyak pelanggan bersedia membayar lebih demi mendapatkan pelayanan lebih baik. Contohnya, membeli smartphone mahal yang sales after service-nya jauh lebih baik dan cepat dibandingkan merek smartphone lain.

Bisnis jasa juga harus memaksimalkan pelayanan bila menggunakan metode up selling. Misalnya, bisnis bimbingan belajar yang jam belajarnya lebih lama daripada tempat bimbingan belajar lain.

Atau jasa pijat refleksi yang fasilitasnya lebih nyaman dan lengkap dibandingkan kompetitor. Jangan sampai pelanggan kecewa karena sudah membayar mahal tetapi tidak mendapatkan pelayanan berkualitas.

Membangun Personal Branding yang Kuat

Anda pasti familiar dengan beberapa produk yang terkesan premium dengan harga mahal. Banyak orang tetap ingin membelinya karena kesan eksklusivitas dan manfaat yang bisa didapat. Hal tersebut tentu tak lepas dari personal branding yang kuat.

Brand bisnis tersebut mampu membangun personal branding yang membuatnya terkesan lebih istimewa daripada kompetitor sejenis. Tentu saja hal tersebut juga berkaitan dengan kualitas produk dan pelayanan yang bisa diberikan.

Selain membangun personal branding, brand bisnis tersebut juga kerap memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai manfaat produk atau jasanya. Sehingga calon pelanggan yang familiar dengan produk atau jasa tersebut tak keberatan merogoh kocek lebih dalam demi mendapatkan kualitas yang sebanding.

Apa pun metode yang Anda gunakan untuk meningkatkan omzet bisnis, pastikan bahwa Anda merencanakannya secara matang. Jangan lupa mengelola kondisi finansial bisnis secara teliti agar dapat mengukur margin keuntungan dan hal-hal penting lainnya dengan tepat. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki sistem finansial bisnis adalah penggunaan software keuangan canggih.

Kini, ada Accurate Online yang siap menjadi andalan bisnis Anda. Accurate Online adalah platform keuangan berbasis cloud yang mudah dioperasikan dan memiliki fitur yang dapat pembantu pengusaha mengelola pembukuan dengan mudah. Anda juga dapat mengintegrasikan aplikasi lainnya dengan Accurate Online untuk mempermudah transaksi bisnis, seperti integrasi dengan marketplace dan integrasi internet banking bank-bank besar di Indonesia. Proses mengurus persediaan barang, utang piutang, dan pajak akan semakin praktis bila dilakukan melalui Accurate Online.

Jadi, tunggu apa lagi? Mari gunakan Accurate Online sebagai salah satu bentuk investasi yang memperkuat pondasi bisnis Anda. Yuk coba Accurate Online Gratis 30 hari!

Share With:
Rate This Article