Solusiukm
Digital Marketing

5 Peranan Penting Video Marketing Pada Bisnis UKM Kalian

video marketing adalah

Pada komponen bisnis, tentu memiliki banyak sekali elemen – elemen yang membuat bisnis UKM kalian menjadi tumbuh berkembang. Tumbuh dari bisnis – bisnis tersebut tentunya sangat dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor – faktor yang membuat sebuah produk menjadi laris dan dikenal konsumen, melingkupi faktor produk, layanan, akses, dan juga yang tidak kalah penting adalah faktor promosi pada pelanggan.

Promosi pada bisnis sesungguhnya masuk dalam ranah ilmu yang disebut marketing. Marketing sendiri memiliki tujuan agar membentuk sebuah sistem komplek untuk promosi pada calon konsumen maupun konsumen. Salah satu materi marketing promosi yang saat ini menjadi tren, adalah video marketing. Tentunya peran video marketing adalah menjadi salah satu kunci zaman sekarang untuk meraih atensi dari calon konsumen maupun konsumen.

Pentingnya video marketing tentunya sangat banyak. Yuk cek apa saja yang membuat video marketing menjadi hal yang penting dalam berbisnis bahkan pada level UKM!

Membuat bisnis kalian lebih meyakinkan

Yang pertama, salah satu kegunaan dari video marketing adalah sebagai alat komunikasi. Video marketing adalah sebuah sarana menyampaikan pesan tertentu pada siapa saja. Salah satu tujuan membuat video marketing adalah agar bisnis UKM kalian terlihat lebih meyakinkan di mata calon konsumen atau konsumen yang sudah memlakukan transaksi pada bisnis kalian.

Saat membuat video marketing adalah momen yang bisa digunakan untuk lebih meyakinkan bisnis atau produk UKM kalian pada khalayak publik. Usaha yang diperlukan untuk membuat video marketing adalah lebih besar sehingga publik semakin yakin jika memang bisnis kalian meyakinkan. Dengan tumbuhnya keyakinan pada bisnis kalian setelah membuat video marketing, tentunya yang diharapkan adalah konsumen yang setia pada produk dan bisnis UKM kalian jika dibandingkan dengan kompetitor. Dengan begitu, membuat video marketing adalah sebuah alat yang sangat menguntungkan bisnis kalian.

Membuat bisnis kalian lebih persuasif

Selanjutnya, salah satu fungsi dari video marketing adalah menjadi alat persuasif untuk melakukan pendekatan pada konsumen. Alat persuasif sendiri dibutuhkan untuk semakin mendorong target pasar bisnis UKM kalian untuk semakin ingin membeli produk kalian. Dalam membuat video marketing, triknya adalah dibuat serinci mungkin, semenarik mungkin yang bisa mengikuti tren perkembangan jalan.

Sebagai contoh, jika bisnis yang kalian jalankan berada pada bidang kuliner, maka video marketing yang harus dibuat adalah detail – detail makanan bisnis kalian. Tidak perlu biaya yang mahal untuk membuat sebuah video marketing, lho. Yang perlu disiapkan untuk membuat video marketing persuasif adalah konsep yang baik, dan peralatan dengan kualitas yang baik pula.

Konsumen merasa bahwa bisnis kita bisa dipercaya

Dalam menggunakan video marketing adalah salah satu cara agar calon konsumen bisa memberikan kepercayaan mereka untuk melakukan transaksi pada bisnis kita. Contoh, jika bisnis yang kalian jalankan bergerak pada bidang kuliner, kalian bisa membuat video marketing dengan konsep dibalik pembuatan produk makanan kalian. Kalian bisa menunjukkan bahwa masakan yang kalian buat menggunakan bahan – bahan yang bersih dan higienis. Lokasi pembuatan masakan juga bisa ditunjukkan sangat terjaga kebersihannya sehingga calon konsumen tidak perlu khawatir.

Bisa juga video marketing yang dibuat adalah menunjukkan bagaimana karyawan kalian taat pada protokol kesehatan. Rekam video marketing adalah karyawan menggunakan masker, sarung tangan, dan lain – lain. Dengan membuat video marketing adalah diharapkan calon konsumen semakin yakin jika harus membandingkan dengan merek – merek lain yang menjual produk setipe dengan kalian.

Lebih menarik secara estetika

Tentunya tujuan membuat video marketing adalah membuat bisnis kalian terlihat lebih menarik dari sisi estetika. Selain produk kalian yang memang dasarnya kemasan yang menarik, video marketing yang unik dan terkonsep dengan baik adalah faktor tambahan yang membuat bisnis UKM kalian lebih menarik di mata calon konsumen.

Membuat konsumen lebih mengingat bisnis kalian

Dengan dibuatnya video marketing yang menarik, adalah membuat konsumen mengingat nama bisnis kalian. Jika dilihat dari riset yang ada, secara ilmiah manusia memang memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mengingatt gambar dan visual yang bergerak, dibanding hanya kata – kata saja.Terlebih lagi audio yang juga berperan sangat penting dalam video marketing adalah kunci video marketing selalu diingat oleh konsumen. Dengan video marketing yang baik adalah menjadi alat sebagai pengingat konsumen – konsumen akan merek dari bisnis UKM kalian.

Semoga poin – poin di atas bisa semakin meyakinkan kalian untuk membuat video marketing yang baik, ya! Karena hal tersebut bisa adalah pencetus kesetiaan dari konsumen. eskipun kita tahu, bahwa pandemi saat ini bukan hal yang mudah, namun tentunya bisa dicarikan solusi yang baik agar bisnis kalian tetap bertahan. Tim Solusi UKM akan selalu membantu bisnis kalian untuk bertahan. Baca panduan bisnis UKM dalam menghadapi pandemi Covid dan tetap meraih laba. Klik banner di bawah ini, ya!

Artikel Terkait

Aplikasi Edit Foto Online Shop, Biar Konsumen Langsung Beli!

marsha

Awas! 5 Kesalahan Website Bisnis yang Sering Ditemukan

marsha

Bisnis Properti 202; Tips Ampuh Jadi Broker Tajir!

marsha