Solusiukm
Bisnis

5 Tips Kemasan Produk yang Bikin Konsumen Noleh dan Beli

Photo Source: Herrralf

Dalam menjalankan sebuah bisnis UKM, tentu elemen kemasan menjadi salah satu hal yang perlu dipikirkan dengan matang. Kemasan produk yang tidak menarik, tentu tidka akan membuat calon konsumen menjadi menarik. Bahkan produk dari bisnis kalian cenderung biasa saja, akan bisa terbantu peningkatannya dengan kemasan yang terlihat menarik dan kekinian.

Kemasan yang baik dan menarik juga bisa menjadi salah satu bagian dari branding dan brand awareness dari produk UKM milik kalian. Semakin memiliki kemasan yang menarik dan dilihat oleh banyak orang, semakin juga produk kalian memiliki peluang untuk memperkenalkan diri pada khalayak umum.

Beberapa faktor seperti design kekinian juga menjadi faktor yang akan menjadi pertimbangan. Jika kalian memiliki kemasan yang baik, peluang untuk semakin meyakinkan calon konsumen bahwa produk kalian memiliki kualitas baik juga akan terangkat. Lalu, bagaimana tips kemasan produk yang baik dan bisa menjadi acuan? Berikut tips kemasan produk yang telah dirangkumkan oleh tim Solusi UKM khusus untuk pembaca setia Solusi UKM:

Rancang kemasan yang aman melindungi isi

Langkah paling awal sebagai tips kemasan produk, adalah buat kemasan yang melindungi isi. Jika kalian membuat produk untuk bisnis, tentu perlu membuat kemasan yang kuat dan tidak merusak produk kalian yang ada di dalamnya. Untuk membuat kemasan yang aman dan melindungi isi, tips kemasan produk adalah dengan melakukan riset sebanyak – banyaknya. Riset tersebut dapat dilakukan dengan bertanya pada sesama pemilik bisnis. Atau riset selanjutnya kalian bisa mencari melalui internet mengenai ilmu – ilmu pengemasan yang sudah teruji kualitas dan kandungannya. Tentu kalian tidak menginginkan kemasan menarik namun tidak aman dan melindungi produk kalian, bukan?

Kemasan menarik = menarik keinginan membeli konsumen

Poin kedua sebagai tips kemasan produk, adalah kemasan yang menarik adalah kunci. Zaman sekarang, kalian bisa memikat calon konsumen melalui design visual. Apa yang mereka lihat pertama kali melalui mata mereka, tentu akan menjadi faktor penentu. Penentu paling awal untuk mereka memutuskan membeli produk kalian, tentu adalah visual yang kuat dan menarik. Kemasan menarik ini menjadi kunci utama untuk tips kemasan produk agar bisnis kalian dibeli pada tahap awal. Kemasan yang menarik perlu disiapkan dengan matang sebagai tips kemasan produk. Hal ini disebabkan sebagai tips kemasan produk, kemasan menarik merupakan sebuah investasi bagi bisnis kalian. Meskipun dana yang perlu dikeluarkan membutuhkan usaha, namun kalian perlu mengerjakannya dengan serius.

Sebagai tips kemasan produk, kemasan menarik akan mejadi hal yang menguntungkan di masa yang lebih panjang. Kemasan yang baik tentu akan menjadikan produk kalian lebih berkesan dibanidngkan produk – produk sejenis yang tidak memiliki design kemasan menarik. Maka dari itu, jangan remehkan tips kemasan produk yang menarik yaaa, Sobat UKM!

Tentukan design kemasan yang simple minimalis sesuai tren

Langkah selanjutnya untuk tips kemasan produk, adalah dengan menentukan design kemasan. Kalian bisa menentukan design kemasan yang simple, sederhana. Jangan lupakan unsur tren yang sedang berlangsung. Seperti contoh, sebagai tips kemasan produk zaman sekarang yang sedang menjadi tren adalah konsep minimalis. Dengan tren konsep minimalis, ada baiknya jika kalian mengikuti tren tersebut, namun sesuaikan juga dengan konsep dasar yang kalian miliki.

Dalam membuat design sebagai tips kemasan produk yang menarik, kalian bisa mempekerjakan profesional yang memang mahir dalam hal design grafis dan kemasan produk. Budget yang dibutuhkan pun rata – rata memiliki variasi yang berbeda – beda. Pastikan kalian memiliki budget yang cukup juga untuk mempekerjakan grafis design. Tidah harus dengan nominal atau nilai yang fantastis, namun juga tidak sangat sedikit seperti membeli bungkus kacang. Perhatikan juga merek – merek lain yang memiliki produk sejenis, bagaimana mereka memilih tips kemasan produk yang menarik.

Mainkan kreatifitas

Pada poin ini juga tidak kalah penting sebagai penggerak tips kemasan produk. Dalam menciptakan kemasan yang baik, tips kemasan produk adalah dengan menjalankan naluri kreatif kalian. Pada umumnya, design – design yang menarik tersebut memiliki unsur kretif yang tinggi sehingga terlihat berbeda jika dibandingkan merek – merek lainnya dengan produk yang sejenis.

Jangan lupakan cari alternatif murah

Membuat kemasan yang menarik, tentu akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Tips kemasan produk yang juga tidak kalah penting adalah dengan mencari alternatif bahan – bahan yang memiliki harga terjangkau. Tentu kalian ingin memiliki kemasan dengan design kreatif, menarik, namun tetap memikirkan unsur ekonomis dalam proses pembuatannya, bukan?

Kalian bisa membuat riset pada beberapa vendor yang biasa membuat produk – produk yang dijadikan kemasan merek – merek pada umumnya. Bandingkan kualitas, dan harga yang diberikan dari vendor – vendor tersebut. Jangan lupa untuk tips kemasan produk yang ini agar keuangan internal bisnis kalian tetap bisa berhemat dengan maksimal.

Artikel Terkait

Kena PHK Karena Corona? Cek Bisnis 2020 yang Menjanjikan di Sini!

marsha

Langkah Awal Bisnis Jual Mobil Bekas

marsha

Biar Produk Dibeli Bule Internasional, Ikuti Langkah ini!

marsha