Solusiukm
Akuntansi

5 Tips Mengelola Arus Kas Untuk UKM Secara Tepat dan Cepat!

Berbicara mengenai Laporan Arus Kas tentu tak lepas dari hal pendanaan. Baik dana masuk maupun dana yang keluar. Laporan Arus Kas sendiri merupakan salah satu Laporan Keuangan yang wajib untuk dibuat oleh setiap pemilik usaha. Baik usaha mikro, kecil maupun menengah sekalipun. Banyak pengusaha yang sulit dalam mengelola arus kas. Tim Solusi UKM akan memberikan Anda untuk bisa tips mengelola arus kas untuk UKM.

Mengapa demikian? Karena dengan adanya Laporan Arus Kas, Anda sebagai pemilik usaha tentunya dapat mengetahui bagaimana posisi keuangan, khususnya perputaran uang pada usaha Anda. Apakah sedang dalam keadaan baik atau justru memburuk.

Di luar itu, sebagai pemilik UKM, tentu ada masanya dimana Anda memerlukan modal lebih untuk mengembangkan usaha Anda. Biasanya dengan mengajukan pinjaman ke Bank. Akan tetapi, satu hal yang perlu Anda ketahui, untuk mengajukan pinjaman tersebut, Laporan Arus Kas justru menjadi syarat penting untuk bank mengevaluasi usaha Anda loh! Yang mana hal itu berarti jika Laporan Arus Kas Anda dalam keadaan baik, Anda akan lebih mudah mendapatkan pinjaman tersebut.

Pertanyaannya, bagaimana sih cara yang tepat untuk mengelola Arus Kas usaha? Berikut adalah tips mengelola Arus Kas untuk UKM :

1. Mencatat seluruh Pendapatan dan Pengeluaran

Langkah pertama dalam tips mengelola Arus Kas untuk UKM yaitu pencatatan. Yups, pencatatan yang benar dan rapi merupakan kunci utama dalam mengelola Arus Kas agar dapat disusun dengan baik.

Dimana Anda harus mencatat satu per satu Pemasukan dan Pengeluaran secara terpisah. Kemudian Anda bisa langsung menghitung selisih keduanya di akhir bulan.

2. Memisahkan Rekening Bisnis dan Pribadi

Tak harus menunggu usaha Anda berkembang untuk membuat rekening bisnis. Apalagi di jaman yang sekarang apapun serba mudah. So, jika Anda benar-benar ingin mengelola Arus Kas secara baik dan benar, Anda sudah mulai harus membuat rekening bisnis dari sekarang. Agar Anda lebih mudah melihat Pemasukan dan Pengeluaran bisnis melalui satu rekening terpisah. Selain itu, Anda juga dapat mencetak mutasi setiap bulannya untuk memonitor perputaran uang dalam usaha Anda.

3. Menetapkan Target Usaha Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Tips mengelola Arus Kas untuk UKM selanjutnya adalah menetapkan Target. Yups, sebagai pemilik usaha Anda wajib memiliki Target. Sebuah pencapaian yang akan membuat Anda merasa lebih semangat dan memiliki kemauan besar untuk mencapainya. Karena orang yang optimis adalah orang yang memiliki Target. Dan orang yang sukses adalah orang yang berhasil mencapai Targetnya.

Dalam menentukan Target, Anda bisa mengklasifikasikannya menjadi dua yaitu Target Jangka Pendek atau Target Bulanan. Atau Target Jangka Panjang seperti Target Usaha Tahunan.

Untuk lebih menyemangati Anda, catatlah Target Anda di depan meja kerja maupun dinding kantor Anda, agar alam bawah sadar Anda dapat ikut bekerja mewujudkannya.

4. Mengevaluasi Seluruh Laporan Keuangan secara Rutin

Selanjutnya, tips mengelola Arus Kas untuk UKM yang ke empat yaitu melakukan monitoring dan evaluasi secara rutin. Anda dapat melakukannya dengan mengevaluasi Laporan Arus Kas secara berkala setiap bulannya. Dan evaluasi lah seluruh Pemasukan dan Pengeluaran usaha secara cermat. Jangan lupa untuk menggaris bawahi Pendapatan yang paling besar dan Pengeluaran paling besar. Jika sudah, selanjutnya Anda bisa berlanjut mengevaluasi produk, kinerja karyawan, hingga hal-hal yang paling kecil. Jika langkah – langkah tersebut ecara teratur dilakukan, tentunya kalian akan tetap bisa mengelola bisnis dengan baik.

 

Artikel Terkait

Penting! 5 Prinsip Akuntansi Modern yang Harus Dipahami Pemilik Bisnis

Iskandar Rumi

Cara Mudah Memahami Neraca Keuangan Bagi Pemilik UKM

Iskandar Rumi

7 Siasat Mengatur Keuangan Usaha, Point 4 Wajib Dilakukan!

marsha