a

5 Trik Sukses Merintis Bisnis Kuliner yang Tak Terpengaruh Perubahan Zaman

Bisnis kuliner selalu menjadi bidang usaha primadona yang diminati. Perputaran modal dan keuntungan pada bisnis tersebut relatif cepat. Margin keuntungannya pun terbilang besar bila dibandingkan dengan jenis bisnis lainnya. Inilah yang membuat banyak orang tergiur untuk merintis bisnis kuliner. Namun, bisnis kuliner yang tidak dikelola dengan baik ternyata rentan bangkrut pada tahun-tahun pertama.

Bila Anda berniat merintis bisnis kuliner dalam waktu dekat, berarti Anda harus menyiapkan segala hal secara cermat. Ulasan tentang trik sukses merintis bisnis kuliner dari SolusiUkm.com ini akan membuat Anda lebih teliti menjalankan bisnis tersebut untuk menyambut kesuksesan:

Fokus pada Produk Kuliner yang Timeless

Produk kuliner yang sedang hits seperti ayam geprek atau makanan berbahan dasar keju memang menggiurkan. Namun, bukan berarti tren tersebut akan berlangsung abadi. Justru Anda harus menentukan produk kuliner utama yang sifatnya timeless (tak lekang oleh waktu) dan disukai semua orang.

Misalnya, berbagai jenis gorengan lezat atau menu aneka sambal yang menggiurkan. Produk-produk kuliner yang lezat dan sesuai selera masyarakat akan bertahan lama dibandingkan produk kuliner yang cuma mengikuti tren.

Bekerja Sama dengan Jasa Ojek Online

Tak jadi masalah jika Anda belum memiliki staf khusus untuk layanan pesan antar. Anda bisa bekerja sama dengan ojek online agar bisnis kuliner Anda bisa dibeli melalui aplikasi online. Selain lebih praktis, hal tersebut juga menjadi salah satu cara efektif untuk mempromosikan bisnis Anda lebih luas. Para pengguna aplikasi ojek online bisa memesan makanan secara mudah. Jangkauan target pelanggan Anda pun akan semakin luas bila mengandalkan jasa pesan antar ojek online.

Memilih Lokasi Bisnis yang Strategis

Kesuksesan bisnis kuliner tak lepas dari pengaruh pemilihan lokasi. Anda harus memilih lokasi bisnis yang strategis agar lebih mudah menarik minat calon pelanggan. Misalnya, menyewa ruko di kawasan ramai atau menyiapkan outlet di pusat perbelanjaan.

Kalau Anda mengalami keterbatasan budget, Anda juga bisa memilih lokasi berupa kawasan kaki lima yang nyaman dan dekat dengan permukiman penduduk. Peluang peningkatan omset akan lebih besar bila Anda merintis bisnis kuliner di tempat yang ramai dan mudah diakses.

Membuat Laporan Keuangan Secara Rinci

Jangan meremehkan laporan keuangan dalam bisnis kuliner. Walaupun Anda baru merintis bisnis, Anda tetap harus membuat laporan keuangan secara rinci. Supaya Anda bisa memproyeksikan margin keuntungan dan meminimalkan biaya-biaya yang tidak terlalu penting. Para pebisnis kini bisa membuat laporan keuangan secara mudah dengan mengandalkan Accurate Online meskipun Anda tidak mengerti akuntansi sama sekali. Karena software laporan keuangan berbasis cloud tersebut memiliki berbagai fitur user friendly sesuai kebutuhan bagi bisnis Anda.

Tak hanya mengatur laporan keuangan, urusan persediaan barang, kas besar, dan aset tetap juga bisa di dokumentasikan melalui Accurate Online. Anda juga dapat mudah melakukan rekonsiliasi bank dengan praktis karena Accurate Online sudah dapat di integrasikan dengan internet banking dari empat bank besar di Indonesia yaitu BCA, BRI, Mandiri, dan OCBC. Laporan keuangan yang sistematis dan akurat merupakan modal utama untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih besar lagi.

Accurate Lite

Kalo bisnis Anda kuliner kaki lima, dan Anda menginginkan untuk menggunakan software pembukuan untuk bisnis Anda. Anda menggunakan versi ringan dari Accurate Online yakni Accurate Lite. Accurate Lite merupakan aplikasi pembukuan yang bisa digunakan dari smartphone. Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan. Apa lagi, Accurate Lite memiliki enam fitur utama yang benar-benar dibutuhkan oleh pemilik UKM seperti penjualan, pembelian, biaya, stok, kas/bank, dan laporan.

Bahkan dari Accurate Lite Anda bisa langsung mencetak struk pelanggan dengan mengintegrasikan smartphone dan printer yang memiliki bluetooth. Sehingga Anda tak perlu lagi memakai sistem lain untuk mencetak faktur/struk pelanggan. Sangat membantu bukan? Download Accurate Lite sekarang dapatkan free trial 30 hari!

Melakukan Promosi secara Maksimal

Banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan kuliner. Salah satu yang konvensional tetapi ampuh adalah membuat packaging produk kuliner yang menarik. Packaging yang menarik merupakan salah satu bentuk personal branding bagi bisnis Anda.

Sehingga para pelanggan akan mengingatnya sebagai ciri khas. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi. Mulailah menampilkan foto-foto produk dan promosi menarik melalui akun media sosial bisnis Anda. Niscaya para pengguna media sosial akan tergiur dan ingin mencoba produk kuliner Anda.

Ketelatenan dan inovasi adalah kunci sukses bagi bisnis kuliner yang akan Anda rintis. Jadi, jangan malas untuk mempelajari hal-hal baru demi perbaikan bisnis. Bukan mustahil jika nanti bisnis kuliner Anda akan populer dan sejajar dengan bisnis-bisnis besar lainnya.

Share With:
Rate This Article