a

6 Alasan Kenapa Pembukuan Keuangan Usaha Penting untuk Kesuksesan Bisnis

Sebagai seorang pengusaha kita selalu berpikir bagaimana mendapatkan cara agar bisnis bisa terus berjalan dengan cepat dan mendapatkan keuntungan yang banyak. Namun kita sering sekali melupakan pembukuan keuangan usaha demi kesuksesan bisnis yang kita jalankan. Banyak pengusaha di Indonesia, terutama para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM yang masih jarang melakukan pembukuan.

Pembukuan adalah satu hal penting yang harus dilakukan oleh pelaku usaha. Dengan adanya pembukuan, bisa menjadi takaran kesuksesan seorang pebisnis. Adanya pembukuan akan membantu pengusaha melihat kondisi bisnis yang mereka.

Banyak pelaku bisnis yang kadang merasa usahanya berjalan dengan baik, transaksi cukup banyak setiap hari. Tetapi mereka tidak melihat berapa keuntungan yang ia dapatkan dan berapa banyak kerugian yang di alami.

Apa pentingnya Pembukuan untuk Bisnis?

Pembukuan keuangan usaha dapat dikatakan sebagai cara untuk melihat keberhasilan bisnis yang telah dijalankan. Banyak pengusaha yang mengabaikan pembukuan, mereka merasa pembukuan tidaklah wajib. Bahkan banyak dari pengusaha yang tidak menjalankan pembukuan usaha. Sehingga mereka tidak mengetahui dari mana datangnya uang dan kemana saja uang usaha itu keluar.

Ada beberapa hal yang harus diketahui oleh pengusaha, kenapa pembukuan itu penting.

Mengetahui Asal Uang

Adanya pembukuan pada usaha, akan membantu dalam mengetahui dari mana asal uang yang Anda dapatkan. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui kemana larinya uang yang ada pada usaha Anda. Hal ini mungkin menjadi dasar bagi para pelaku UKM, tapi tak banyak pelaku UKM yang melakukan hal ini.

Kemana Uang Mengalir

Dengan adanya pembukuan usaha, Anda pun bisa mengetahui kemana saja uang itu berlari dan keluar. Sebab, dengan pembukuan, Anda pasti mencatat uang masuk dan keluar. Sehingga kamu tahu berapa uang yang sudah Anda keluarkan dan berapa uang yang Anda dapatkan dalam setiap harinya, mingguan, maupun setiap bulan.

Melindungi Harta Usaha Anda

Banyak yang menganggap keuangan usaha bukanlah hal penting. Padahal dengan adanya pembukuan usaha bisa membantu dalam melindungi harta usaha. Karena dalam pembukuan, Anda bisa mengetahui jumlah harta yang Anda miliki, berapa jumlah penyusutannya, dan berapa banyak modal yang masih Anda miliki. Disinilah keuangan usaha bisa terpantau.

Ada Catatan Transaksi

Berapa banyak jumlah transaksi yang terjadi dalam satu hari ini? Kalo usaha Anda masih dalam skala kecil dan hanya ada transaksi sedikit, mungkin masih bisa mengingatnya. Tapi, kalo transaksi usaha yang Anda miliki sudah dalam jumlah yang banyak? Apakah kamu bisa menghafalnya?

Belum tentu. Setiap hari akan ada transaksi masuk maupun transaksi keluar. Tak mungkin Anda menghafal semuanya? Banyak orang yang beranggapan bahwa ia bisa mengingat semua transaksi bisnisnya. Padahal itu hanya omong kosong, kecuali memang transaksi yang terjadi hanya satu dua dalam satu hari. Disinilah pentingnya pembukuan keuangan usaha untuk kesuksesan bisnis. Anda akan mengetahui jumlah transaksi sebenarnya bukan hanya menerka-nerka.

Mengetahui Posisi Keuangan

Berapa jumlah uang hasil usaha yang Anda miliki saat ini? Sudah berapa lama Anda menyimpan untuk mendapatkan uang itu? Berapa banyak tambahan modal dan harta yang Anda miliki sekarang? Apakah Anda tahu?

Jika Anda hanya mengira-ngira dan Anda tidak memiliki catatan atau pembukuannya, tentu Anda akan sulit mengetahui hal itu. Banyak pengusaha yang mengabaikan pembukuan usahanya hingga ia pun tidak tahu seberapa banyak harta yang telah ia kumpulkan dari hasil usaha yang dimiliki.

Mudah dalam Membuat Laporan Keuangan

Ketika Anda menjalankan pembukuan keuangan usaha dengan baik, Anda akan mudah dalam menyusun laporan keuangan usaha. Dengan adanya laporan keuangan, akan memudahkan Anda dalam mendapatkan pinjaman, maupun untuk melapor pajak. Dengan laporan keuangan yang baik dan sesuai, petugas pajak pun tidak akan sulit dalam menilai laporan keuangan usaha Anda. Disinilah untungnya melakukan pembukuan usaha pada bisnis Anda.

Agar usaha yang Anda jalankan bisa sukses, sudah sewajarnya Anda harus melakukan pembukuan keuangan usaha. Dengan adanya pembukuan, Anda bisa dengan mudah dalam menjalankan sebuah bisnis. Jika Anda masih bingung gimana melakukan pembukuan keuangan untuk bisnis, sebaiknya Anda menggunakan software pembukuan.

 

Share With:
Rate This Article
trackback
Punya Rencana Dirikan Start Up? 7 Kiat untuk Membangun Start Up dari Nol - Solusiukm

[…] Membangun sebuah Start Up bukan hal mudah, hampir sama dengan mendirikan sebuah UKM. Apa lagi, sebuah Start Up terkadang belum bisa menentukan konsumen yang mereka sasar. Bayangkan saja, persentase start up gagal lebih banyak dibandingkan pada jumlah start up yang berhasil. Yakni 90 banding 10. Sebanyak 90 % start up gagal. […]

trackback
Begini Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang yang Ideal - Solusiukm

[…] keuangan yang valid. Manajemen keuangan ini harus dilakukan secara efektif dengan memerhatikan siklus akuntansi yang sesuai dengan standar yang berlaku. Berikut siklus akuntansi perusahaan dagang ideal yang […]

trackback
Cari Tahu soal SPT Pajak di Sini

[…] atau software atau aplikasi yang membantu otomasisasi berbagai data akuntansi perusahaan atau pembukuan bisnis. Jangan sampai kalian melalaikan kewajiban – kewajiban ini karena lapor pajak, baik pajak […]

trackback
5 Tips Efektif Menyusun Budget Perusahaan - Solusiukm

[…] percuma saja jika Anda telah menyusun budget tetapi tidak membelanjakannya sesuai perhitungan. Budget ini berfungsi sebagai pedoman ketika Anda berbelanja. Pedoman sekaligus pengontrol. Itulah fungsi […]

trackback
Mengenal Lebih Jauh tentang Kompilasi Laporan Keuangan - Solusiukm

[…] Anda pernah mendengar tentang kompilasi laporan keuangan? Jika belum, hal ini cukup wajar karena orang-orang akuntansi sendiri pun jarang menerapkannya. […]