a

6 Elemen Manajemen Bisnis yang Kudu Di Jalankan Entrepreneur

Sebagai seorang pengusaha, terlebih ketika bisnis masih dalam tahap berkembang, tentunya banyak hal yang harus Anda kelola secara langsung, mengelola manajemen bisnis merupakan hal mutlak bagi para pengusaha untuk mencapai kesuksesan. Manajemen bisnis sendiri merupakan upaya dalam mengatur sebuah usaha bisnis secara profesional sehingga tujuan bisnis yang kita inginkan tercapai. Dalam mengelola manajemen bisnis, terdapat elemen-elemen manajemen bisnis yang harus dijalankan pengusaha.

Dalam mengelola manajemen bisnis, Anda harus memperhatikan berbagai hal agar bisa menjadi pengusaha yang sukses. Banyak masyarakat yang memulai usaha tanpa memperhatikan manajemen bisnis dengan benar, sehingga mereka terpaksa gulung tikar karena tidak ada pengelolaan bisnis yang baik.

Sebelum memulai usaha kita juga perlu membuat business plan yaitu sebuah perencanaan bisnis dari berbagai aspek dimulai produksi, pemasaran dan lainnya nah setelah membuat business plan barulah kita memulai usaha dengan memperhatikan manajemen bisnisnya dengan baik. Lalu apa saja elemen manajemen bisnis yang efektif? Yuk kita simak tipsnya dibawah ini!

1. Manajemen Produksi

Nah manajemen produksi ini merupakan manajemen yang terpenting karena akan mempengaruhi manajemen bisnis lainnya. Manajemen produksi merupakan perencanaan serta pengaturan bagaimana proses produksi berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan bisnis.

Aspek dari manajemen produksi bermula dari perencanaan produksi, barang yang di produksi, kualitas barang, jumlah barang yang akan di produksi, bahan baku, hingga mengendalikan kegiatan produksi.

Jika perusahaan Anda perusahaan jasa, tentunya Anda wajib mengelola bagaimana pelayanan yang telah diberikan kepada pelanggan Anda. Apakah pelayanan yang diberikan sudah sesuai dengan keinginan mereka.

2. Manajemen Pemasaran

Tips mengelola manajemen bisnis yang selanjutnya adalah manajemen dalam bidang pemasaran yakni terkait segala bentuk perencanaan pemasaran, bentuk pemasaran, segmentasi pemasaran hingga hasil dari proses pemasaran. Dalam manajemen pemasaran, kita dituntut untuk mempelajari sifat konsumen. Tanpa manajemen pemasaran yang tepat, tidak mungkin dapat menjual produk kepada konsumen dengan baik dan penjualan bisa lebih baik.

Manajemen pemasaran juga merupakan hal yang paling menentukan sukses atau tidaknya seorang pengusaha, laris atau tidaknya produk usaha yang kita tawarkan ke pasar, maka dari itu dalam manajemen pemasaran harus ditunjang dengan kreatifitas dan inovasi untuk menjalankan usaha agar produk usaha bisa diterima oleh konsumen dan konsumen selalu mencari-cari produk yang kita miliki.

3. Manajemen Distribusi

Manajemen distribusi adalah manajemen yang memiliki peran penting untuk menunjang manajemen pemasaran. Manajemen distribusi merupakan pengaturan dalam mengelola proses penyaluran produk usaha hingga produk dapat sampai di tangan konsumen. Pendistribusian produk ini bisa dilakukan secara langsung maupun tidak langsung seperti dengan metode reseller. Dengan manajemen distribusi yang baik, pemasaran produk akan lancar sehingga produk yang dijual akan mudah ditemukan dan dicari oleh konsumen.

Manajemen distribusi secara efektif yang bisa dilakukan adalah dengan cara selalu mengecek produk sebelum produk tersebut di distribusikan kepada calon konsumen, karena kualitas produk merupakan hal terpenting bagi para konsumen agar bisnis mendapatkan citra yang baik.

4. Manajemen Finansial

Pengelolaan manajemen bisnis selanjutnya yang paling penting adalah mengenai manajemen finansial, hal ini juga sangat penting dan perlu diperhatikan khusus oleh setiap pengusaha. Pasalnya, manajemen finansial ini menyangkut pengelolaan sirkulasi keuangan atau keluar masuknya dana keuangan terhadap bisnis yang dijalani sehingga perlu mencatat berbagai dana yang kita gunakan atau keuntungan yang kita dapatkan.

Dengan manajemen finansial yang baik, kita juga dapat mengontrol secara rutin cashflow bisnis dengan baik. Banyak pengusaha skala kecil yang menyepelekan manajemen finansial, padahal hal ini sangat penting bagi kelangsungan usaha yang dijalani. Manajemen finansial bisa dilakukan dengan mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan pada sebuah sistem pembukuan yang rapih dan akurat.

Di era digital seperti saat ini, manajemen financial sebenarnya sangat mudah diterapkan dan dilakukan. Anda bisa memakai Accurate Online sebagai teman setia pembukuan bisnis. Meskipun bisnis Anda masih dalam skala kecil atau sedang, Anda tetap harus melakukan pencatatan usaha. Hal ini untuk melihat keuntungan dan ‘kebuntungan’ pada bisnis Anda.

Manajemen financial adalah hal yang cukup penting yang harus dilakukan oleh pengusaha. Sebab, dari pembukuan yang rapih akan menjadi sebuah bahasa bisnis yang menceritakan bagaimana kondisi bisnis yang Anda miliki.

5. Manajemen Pegawai

Meskipun bisnis Anda masih dalam tahap kecil, Anda tetap wajib untuk mengetahui kapasitas pegawai. Ini cukup penting untuk kelangsungan bisnis Anda, dengan mengetahui kapasitas pegawai, Anda bisa mendapatkan hasil maksimal dari bisnis yang Anda jalankan.

Sebab dengan manajemen pegawai Anda bisa mengetahui berapa gaji yang layak untuk mereka, keterampilan apa saja yang dimiliki oleh pegawai Anda, dan Anda harus bisa memberikan hak dan kewajiban dari karyawan Anda. Tentunya ini untuk kelangsungan bisnis Anda.

6. Manajemen Risiko

Banyak pengusaha yang tidak siap dalam menghadapi risiko bisnis, dan mereka tidak memiliki kemampuan manajemen risiko yang tepat. Padahal, manajemen risiko sangat penting pada bisnis. Setiap bisnis selalu memiliki risiko. Tanpa memahami risiko yang bisa menyerang bisnis Anda kapan saja, bisa membuat bisnis yang Anda kelola rugi bahkan bangkrut.

Keenam manajemen tersebut adalah salah satu upaya yang harus dilakukan oleh pengusaha dalam mengelola bisnisnya serta menyusun strategi bisnis yang tepat untuk kelangsungan usaha Anda. Serta tujuan Anda bisa tercapai sesuai dengan keinginan Anda.

Share With:
Rate This Article
avatar