a

6 Kiat Mempertahankan Omzet dan Penjualan Pasca Lebaran

Pasca lebaran, menjadi momok bagi sebagian pengusaha. Mereka mengalami penurunan penjualan dan omzet. Meskipun menjelang lebaran, terjadi peningkatan penjualan yang cukup signifikan. Namun, akan turun secara signifikan usai lebaran.

Penurunan penjualan terkadang terjadi secara drastis, bisa mencapai 50% bahkan lebih dari 50%. Hal ini memang tak bisa dipungkiri, karena tren konsumsi masyarakat yang kembali normal dibandingkan ketika Ramadhan. Serta banyaknya masyarakat yang lebih memilih untuk save money.

Lalu, bagaimana agar penjualan dan omzet tidak menurun secara drastis. Tentunya ada beberapa kiat yang harus Anda jalankan untuk tetap mempertahankan omzet tidak turun drastis pasca lebaran.

Berikan Penawaran Diskon

Setelah lebaran, masyarakat akan membatasi pengeluaran mereka. Disebabkan oleh pengeluaran yang cukup besar menjelang lebaran kemarin. Seperti untuk konsumsi lebaran, membeli pakaian saat lebaran, hingga biaya-biaya untuk perjalanan mudik yang cukup besar.

Pemberian diskon, mungkin akan membantu masyarakat agar lebih mudah dalam membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan kepada mereka. Cara ini cukup efektif untuk mendorong pembelian di store Anda. Apa lagi pemberian diskon akan membuat pelanggan lebih setia membelanjakan uangnya di toko Anda.

Kasih Reward atau Diskon Khusus Pelanggan Loyal

Selain memberikan diskon spesial kepada seluruh pelanggan. Anda juga bisa memberikan diskon khusus kepada pelanggan setia. Anda bisa menghubungi mereka, baik melalui SMS, telepon, e-mail, WhatsApp atau apapun untuk memberikan mereka diskon kembali.

Tentunya dengan program loyalitas yang diberikan secara khusus kepada pelanggan setia. Akan membuat mereka selalu ingat dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Lakukan cara ini dengan membuka kembali database customer.

Anda juga bisa memberikan customer loyal dengan hadiah khusus, ketika mereka belanja di tempat Anda. Sehingga mereka akan terus kembali berbelanja di store yang Anda miliki. Serta penurunan omzet secara signifikan tidak akan Anda alami.

Berikan Penawaran Melalui Media Sosial

Cara ampuh untuk mempertahankan omzet usai lebaran, Anda bisa memberikan penawaran khusus melalui media sosial. Cobalah berikan penawaran menarik ketika pelanggan Anda membuka sosial media mereka dan muncul produk Anda.

Berilah caption atau konten yang bisa menjadi daya tarik kepada konsumen. Anda juga bisa memanfaatkan sosial media untuk berinteraksi langsung dengan konsumen. Dengan adanya interaksi, akan membuat konsumen lebih mudah dalam mengenal produk Anda. Dan mereka bisa langsung membeli produk Anda.

Menjual Produk Paketan

Kebutuhan usai lebaran terkadang cukup banyak. Anda bisa memanfaatkan ini dengan menjual produk secara paketan. Misal, usai lebaran sebagian besar masyarakat membutuhkan satu produk yang cukup banyak dan bisa di dapatkan dengan harga terjangkau.

Kalau Anda menjual sembako. Anda bisa memberikan penawaran dengan harga terjangkau untuk pembelian beras, indomie dan minyak sayur dalam satu paket. Dengan begitu, konsumen akan tertarik untuk membeli produk di toko Anda.

Anda bisa menjual dua hingga tiga produk dengan satu harga paket. Atau dengan memberikan buy one get one kepada customer. Cara ini tentunya akan cukup efektif meningkatkan penjualan usai lebaran. Sehingga tetap bisa mempertahankan omzet yang ada secara baik.

Berikan Layanan Baru

Mungkin saja usai lebaran jika Anda memiliki toko store fisik, konsumen yang berkunjung sangat sedikit. Anda bisa menggunakan layanan baru untuk konsumen. Misal, layanan free delivery untuk wilayah yang masih di dalam satu kota. Atau free ongkir untuk wilayah di luar kota dari store fisik Anda.

Dengan memberikan layanan lain daripada yang lain, penurunan omzet setelah lebaran tidak akan Anda alami secara signifikan. Sekarang waktunya Anda berikan layanan terbaru kepada para konsumen yang sedang memiliki uang pas-pasan tersebut. Tunggu apa lagi, jangan kelamaan. Sudah sekarang waktunya!

Tawarkan untuk Menjadi Dropship

Usai lebaran banyak customer yang kehabisan uang. Bahkan untuk belanja saja mereka akan berat. Nah salah satu solusi sebagai pengusaha yang bisa dilakukan dengan menawarkan konsumen untuk menjadi dropship produk Anda. Dengan syarat, konsumen harus membeli produk dari toko Anda terlebih dahulu.

Dengan menjadi dropship, selain mereka bisa mendapatkan barang yang ingin mereka beli. Mereka bisa mendapatkan komisi jika berhasil menjual produk dari store yang Anda miliki. Mungkin cara ini akan lebih ampuh untuk dicoba bagi Anda yang ingin mendapatkan peningkatan omzet usai lebaran.

Demikian lah kiat sukses yang bisa Anda lakukan untuk mempertahankan omzet dan tetap bisa meningkatkan penjualan meskipun usai lebaran. Cara ini bisa menjadi cara ampuh yang Anda lakukan untuk tetap mempetahankan omzet pasca lebaran.

Share With:
Rate This Article