a

6 Langkah Ampuh Membangun Bisnis Online Untuk Pemula

Penggunaan internet di Indonesia tumbuh signifikan. Hingga tahun 2017 diperkirakan pengguna internet mencapai angka 100 juta pengguna, dan hampir 80 % pengguna internet berasal dari pengguna mobile atau smartphone. Tentunya jika Anda memiliki jiwa wirausaha, bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Terutama bisnis online. Lalu pertanyaannya, bagaimana membangun sebuah bisnis online yang sangat menghasilkan dari meningkatnya pengguna internet?

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis online. Semua orang bisa melakukan bisnis online. Anda yang memiliki karakter introvert bisa melakukannya, Anda yang tidak memiliki jiwa sales pun bisa melakukan bisnis secara online. Sebab, Anda tidak perlu melakukan penjualan secara door to door, dan mungkin Anda tidak akan bertemu dengan konsumen.

Bisnis online di Indonesia memang berkembang pesat sejak lima tahun kebelakang. Hal ini didorong oleh meningkatnya jumlah masyarakat yang melakukan bisnis ini dan tersedianya fasilitas untuk berjualan, seperti marketplace. Sebab, banyak yang melakukan bisnis online untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Untuk itu, Anda yang baru mau terjun ke dunia online harus tahu terlebih dahulu bagaimana memulai atau membangun bisnis online untuk pemula. Sehingga Anda memiliki planning yang jelas untuk bisnis online yang akan Anda jalankan. Tanpa adanya planning, maka Anda hanya sia-sia dalam membangun bisnis tersebut.

Tips Membangun Bisnis Online Untuk Pemula

Temukan Target Pasar

Ketika Anda membangun bisnis, baik online maupun offline. Cara pertama yang harus Anda ketahui adalah siapa target pasar Anda. Berapa usianya, apa pendidikannya, dan apa profesinya, menjadi salah satu pertimbangan untuk memulai sebuah bisnis online. Sebab bisnis online pun memerlukan target pasar, agar usaha Anda bisa tepat sasaran.

Temukan Apa yang Dicari Pasar

Setelah Anda menemukan target pasar, selanjutnya tentukan produk apa yang sedang dicari oleh pasar atau yang selalu mencari incaran target pasar Anda. Hal inilah yang harus Anda tentukan. Jangan sampai, Anda menjual segala jenis produk namun sebagian besar produk yang Anda jual tidak menjadi kebutuhan pasar.

Membangun bisnis online untuk pemula memang tidaklah mudah. Bagaimana Anda mengetahui produk apa yang sedang dicari oleh banyak orang saat ini, menjadi sesuatu yang terbilang sulit. Anda bisa mengetahui dengan mengikuti forum-forum seperti Kaskus.co.id, Forumdetik, dan tren di mesin pencarian untuk melihat produk seperti apa yang dibutuhkan.

Selain itu, Anda harus bisa menjadi pengusaha yang dapat memecahkan problem yang terjadi dari calon-calon konsumen. Temukanlah problem apa yang mereka butuhkan, carilah produk yang bisa menjawab kebutuhan pasar Anda.

Buat Website dan Pasang Design Terbaik Untuk Website Anda

Bagaimana membangun bisnis online untuk pemula? Tentunya setelah Anda mendapatkan target pasar dan produk apa yang akan Anda jual, saatnya Anda membuat website untuk penjualan. Jika Anda sudah memiliki blog, maka alihkan blog Anda untuk bisnis. Saat ini, sudah banyak konsumen yang lebih suka dengan produk-produk yang memiliki website resmi.

Selain Anda memasang produk pada website, Anda juga disarankan untuk memiliki sosial media untuk promosi produk-produk yang Anda jual. Jika Anda memiliki kemampuan dalam memanfaatkan SEM (Search Engine Marketing) maka Anda disarankan untuk menggunakannya.

Pasang Testimonial Pelanggan

Tak boleh tertinggal pada situs yang Anda miliki, pasanglah salah satu landing page yang khusus berisi dengan testimonial dari pelanggan yang telah membeli produk Anda. Testimonial ini cukup penting untuk menarik pelanggan lain agar tertarik untuk membeli produk Anda.

Membangun bisnis online untuk pemula bukanlah hal mudah, dibutuhkan kesabaran dan konsistensi untuk bisa sukses dalam berbisnis online. Hal terpenting, berikan pemecahan masalah dari produk yang Anda jual.

Berikan juga apa keuntungan dari pelanggan menggunakan produk yang Anda miliki. Seperti halnya saat Anda menjadi Accurate Digital Partner (ADP) dan menjual produk Accurate Online (AOL). Anda harus bisa memberikan satu manfaat yang bisa didapatkan oleh pelanggan, yakni para pelaku UMKM mengapa harus memakai Accurate Online.

Perlu Anda ketahui, AOL merupakan software akuntansi berbasis online dengan sistem penyimpanan data menggunakan cloud. Sehingga konsumen dapat menyimpan data keuangan mereka di awan, dengan aman. Tak perlu lagi mereka takut kehilangan database akibat kerusakan komputer yang bisa terjadi kapan saja.

Jadikan AOL sebagai solusi pembukuan yang user friendly dan memiliki fitur perpajakan yang sesuai dengan laporan pajak di Indonesia. Hal ini tentunya akan menjadi salah satu benefit yang bisa didapatkan oleh konsumen.

Bangun Reputasi Online

Ingat, saat ini banyak konsumen yang mencari tahu suatu produk dari internet secara gratis. Untuk itu, Anda juga harus bisa membangun reputasi yang baik di dunia maya. Bagaimana caranya? Buatlah artikel yang menarik, dan menangkanlah pertarungan page rank terbaik di mesin pencarian seperti Google.

Membangun bisnis online untuk pemula tidak terlalu mudah. Karena Anda harus membangun reputasi secara offline maupun online. Terlebih tidak semua masyarakat Indonesia mau melakukan belanja secara online, karena kecurangan yang sering dilakukan oleh pelaku-pelaku bisnis online yang tidak bertanggungjawab. Untuk itu, tugas Anda bangunlah reputasi bisnis Anda di dunia maya.

Mempertahankan Konsumen

Hal pertama yang harus Anda pertahankan ketika sudah membangun bisnis online untuk pemula adalah mempertahankan konsumen Anda. Anda harus bisa mempertahankan konsumen, agar mereka tetap membeli produk milik Anda setiap mereka butuhkan.

Inilah konsep strategi marketing yang harus Anda terapkan pada bisnis online yang Anda jalankan. Usahakan bisnis online Anda bisa mempertahankan konsumen Anda selamanya. Inilah hal penting yang harus dijalankan oleh pelaku bisnis online di Indonesia. Mempertahankan pelanggan.

Share With:
Rate This Article