Solusiukm
Pembukuan Usaha

6 Tips Keuangan Keluarga Khusus di Masa Pandemi

Photo Source: Vecteezy

Dalam menjalankan rumah tangga, tentu faktor keuangan merupakan salah satu komponen yang penting. Komponen penting ini bisa menjadi masalah jika tidak dikerjakan dengan serius. Faktor keuangan ini yang sering menjadi masalah pada sebuah keluarga, bukan? Hal ini yang perlu dicari lebih dalam ilmu mengenai tips keuangan keluarga.

Pada sebuah keluarga, tentu masing – masing anggotanya sudah memiliki kebutuhan – kebutuhan yang perlu untuk dipenuhi. Kebutuhan tersebut, tentu akan dibarengi dengan keinginan setiap anggota keluarga. Jika tidak pandai dalam pengaturan keuangan keluarga, tentu rumah tangga kalian akan berantakan finansialnya. Hal ini yang berusaha dihindari oleh banyak keluarga dalam mengatur keuangan.

Keuangan keluarga tentu sangat dipengaruhi banyak sekali faktor – faktor. Beberapa faktor yang bisa mempengaruhi keuangan keluarga adalah banyaknya jumlah pengelauran, tanggung jawab, dan juga berapa jumlah anak yang dimiliki sebuah keluarga. Dengan kerumitan faktor – faktor yang dimiliki sebuah keluarga, tentunya membuat kalian semakin mengasah skill dalam mengatur keuangan keluarga. Jumlah pemasukan dari gaji atau bisnis, sering sekali menguap begitu saja dengan mudahnya. Lalu, bagaimana trik agar keluarga tidak selalu merasa uang hanya numpang lewat saja?

Tim Solusi UKM kali ini akan memberikan tips – tips untuk kalian bisa mengatur keuangan keluarga secara lebih baik. Berikut tips keuangan keluarga yang bisa klian praktekkan:

Cek dan hitung berapa total uang masuk

Langkah paling pertama dalam menjalankan tips keuangan keluarga adalah dengan menghitung pemasukan. Semua uang masuk, tanpa terkecuali, harus kalian hitung dan catat. Uang – uang masuk tersebut termasuk uang gaji setiap bulan jika kalian bekerja kantoran, atau uang dari hasil lembur bekerja ekstra time, atau bisa juga pemasukan dari bisnis jika kalian menjalankan bisnis, dan uang – uang yang lainnya.

Agar keuangan keluarga bisa menjadi baik dan teratur dan juga memiliki sirkulasi perputaran yang sehat, kalian harus mencatat semuanya secara rinci dan tidak boleh terlewat satu pun. Dengan melakukan pencatatan tersebut dengan benar, tips keuangan keluarga bisa kalian jalankan dengan baik. Kalian jadi bisa paham sumber – sumber dana dari mana saja, kapan masuknya, dan lain – lain.

Hitung apa tanggung jawab yang harus dibayarkan

Langkah kedua sebagai tips keuangan keluarga, adalah dengan menghitung apa saja tanggung jawab kalian yang harus dibayarkan. Bagian ini perlu dijadikan hal yang utama, karena uang pemasukan kalian perlu pertama kali dialokasikan untuk memenuhi apa pengeluaran yang menjadi tanggung jawab. Tanggung jawab – tanggung jawab ini masuk dalam kategori prioritas. Tanggung jawab yang masuk dalam tips keuangan keluarga meliputi biaya listrik, biaya belanja bulanan, biaya makan bulanan, cicilan hutang, tagihan kartu kredit, dan lain – lain.

Hitung berapa yang harus ditabung (ini wajib, dan harus diutamakan)

Selain tanggung jawab – tanggung jawab pada poin di atas, ada hal lain yang perlu menjadi prioritas utama dalam memperbaiki arus keuangan pada keluarga. Poin tips keuangan keluarga nomer tiga, dan juga tidak kalah penting untuk menjadi prioritas adalah menabung. Nominal dari tabungan ini tentu berbeda – beda jumlahnya di setiap keuangan keluarga. Ada beberapa keluarga yang menjadikan tabungan sebagai nominal pasti yang tidak bisa diganggu gugat berapa nominalnya.

Jangan lupa tabungan darurat juga perlu menjadi prioritas

Poin menabung ini termasuk juga menabung untuk dana darurat. Poin menabung dan juga untuk dana darurat menjadi nomer tiga prioritas wajib dilakukan, disebabkan masa pandemi virus Covid – 19 Corona.

Pada masa seperti pandemi Covid – 19 Corona ini, semua situasi menjadi tidak menentu dan tidak pasti. Atas kerumitan situasi – situasi tersebut, maka tabungan yang termasuk juga dana darurat wajib diprioritaskan sebagai tips keuangan keluarga. Situasi Covid – 19 Corona sering membuat beberapa orang dipotong pendapatan bulanannya, atau bahkan kehilangan pekerjaan dikarenakan pandemi ini. Dana darurat penting dilakukan, agar keuangan keluarga setidaknya dapat bertahan aman bahkan saat situasi keuangan keluarga kalian sedang mengalami keterpurukan.

Asuransi dan investasi

Bagian ini tentu merupakan perdebatan. Sebagian orang tidak menyarankan investasi, karena situasi sedang tidak mendukung, yaitu pandemi Covid – 19 Corona. Investasi tentu bukan menjadi hal yang prioritas saat Covid – 19 Corona, dan semua ketidakpastian. Namun, asuransi tentu merupakan biaya penting untuk dibayarkan, tergantung dari prioritas keluarga kalian.

Abaikan terlebih dahulu keinginan yang bukan kebutuhan

Poin yang perlu juga diingat selalu sebagai tips keuangan keluarga adalah tidak memperdulikan keinginan. Seperti yang kita ketahui, situasi pandemi Covid – 19 Coronan membuat segala hal bisa saja terjadi di waktu yang singkat. Untuk itu, akan lebih bijak jika kalian tidak terlena menghambur – hamburkan uang kalian untuk sesuatu yang bukan menjadi kebutuhan kalian. Saat situasi sudah kembali normal dari pandemi Covid – 19 Corona, tentu kalian sudah mulai kembali membeli beberapa hal yang menjadi keinginan kalian. Tentunya, tetap dengan tidak berlebihan sehingga semua arus keuangan keluarga dapat terkontrol dengan baik.

Agar bisnis milik keluarga kalian lebih aman pada masa pandemi Covid – 19 Corona, yuk baca PANDUAN BISNIS UKM DI MASA PANDEMI yang bisa dibaca GRATIS dari Tim Solusi UKM. Gampang dan bukan spam, kok! Klik di banner bawah ini, yaaa! Buruaaaan!

Artikel Terkait

Keuntungan Penggunaan Akuntansi Cloud Untuk UMKM

Iskandar Rumi

Ketahuilah! 5 Poin Penting Mengenai Skema Penurunan Tarif Pajak UMKM yang Harus Diketahui

Iskandar Rumi

Peran Akuntansi Manajemen yang Cukup Vital Pada Perusahaan

Iskandar Rumi