Solusiukm
Bisnis

6 Tips Meeting Online; Dijamin Lancar dan Cepet Nemu Solusi!

Photo Source: Computerworld.com

Pada era work from home atau biasa disingkat menjadi WFH ini, tentunya masyarakat memiliki tantangan tersendiri. Masuknya pandemi Covid – 19 Corona di negara Indonesia membawa banyak perubahan dalam kebiasaan sehari – hari. Perilaku yang berbeda dibanding saat masa normal ini tentu memerlukan adaptasi yang tinggi yang perlu diikuti. Masyarakat yang bekerja dengan berbagai jenis profesi tentunya diharuskan beradaptasi dengan kebiasaan – kebiasaan baru.

Kebiasaan – kebiasaan baru pun mengharuskan pekerja, baik kantoran maupun pelaku bisnis ini mengerjakan pekerjaan dan urusan pekerjaan melalui rumah masing – masing. Meeting dan diskusi berbagai macam hal tentu diupayakan untuk dikerjakan tanpa bertatap muka secara langsung.

Dengan adanya adaptasi baru, meeting online pun akan sering dilakukan. Dalam menjalankan meeting online, tentu ada beberapa etika dan tips yang perlu diketahui agar meeting online dapat berjalan dengan baik. Tentunya sebagai pelaku produktif, baik pekerja maupun pelalaku bisnis, kalian wajib tahu mengenai apa saja yang masuk dalam tips meeting online.

Melakukan berbagai tips meeting online, diperlukan agar meeting melalui online dapat lebih praktis, lancar, dan memiliki tujuan yang jelas. Untuk itu, tim SolusiUKM.com merangkumkan apa saja yang masuk dalam tips meeting online. Tentunya, tips meeting online tersebut dapat kalian jadikan sebagai acuan dalam menjalankan meeting online sehari – hari, kan? Yuk, cek apa saja poin pentingnya:

Catat apa saja poin yang wajib terdiskusikan

Untuk tips meeting online bagian pertama, adalah untuk tidak lupa mencatat apa saja poin yang akan didiskusikan. Hal ini disebabkan untuk mengadakan sebuah meeting online yang efektif dan tidak membuang – buang waktu, kalian perlu menentukan masalah atau topik apa yang memang penting untuk dibahas sesegera mungkin. Catatan apa saja hal yang perlu didiskusikan, termasuk masalah pecahan yang datang dan kemungkinan – kemungkinan yang juga mungkin terjadi

Dengan mencatata secara rinci apa saja yang akan dibahas, tentunya membuat tips meeting online yang kalian jalankan lebih efektif dan lebih jelas.

Jika membutuhkan materi spesifik, jangan lupa siapkan

Sebagai tips meeting online nomer dua yang patut kalian tahu, adalah untuk mempersiapkan materi selengkap mungkin. Untuk mempersiapkan materi meeting onlie, tips yang paling baik adalah untuk tidak menyepelekan materi – materi pembahasan. Hal ini disebabkan, karena waktu yang dimiliki peserta – peserta meeting lainnya memang tidak banyak. Belum lagi potensi gangguan – gangguan yang akan dialami oleh anggota meeting online lainnya. Jika kalian tidak tidak mempersiapkan meeting online kalian dengan baik, tentunya kalian akan membuang – buang waktu dari anggota meeting online yang lainnya. Belum lagi ditambah dengan koneksi internet yang tidak bisa ideal sepanjang waktu dari pihak kalian dan juga pihak anggota – anggota meeting online yang lainnya.

Tips meeting online ini penting juga untuk mempersiapkan hal – hal teknis yang dibutuhkan pada saat meeting online. Contoh, nyalakan laptop, koneksi internet, sekitar 15 menit sebelum meeting online akan dimulai. Tips meeting online ini wajib kalian lakukan agar tidak membuang – buang waktu anggota meeting online yang lain.

Pilih pemimpin diskusi

Selanjutnya, yang tidak kalah penting, adalah untuk menunjuk siapa yang akan memimpin diskusi meeting online kalian. Tips yang satu ini tentunya dilakukan agar meeting online bisa berjalan sesuai dengan rencana dan tidak sampai keluar jalur dari topik yang sudah disepakati bersama.

Cek waktu yang memang semua orang bisa menghadiri tanpa buru – buru

Terlebih karena beberapa rintangan yang akan dihadapi dalam meeting online, sebagai tips agar meeting online bisa berjalan dengan baik adalah untuk mendata enggota – anggota meeting online. Karena tantangan yang akan didapati saat meeting online begitu tinggi, ada baiknya untuk mendata anggota meeting online apakah mereka memiliki waktu yang cukup leluasa. Tips ini perlu dilakukan, karena meeting online yang sifatnya sangat bergantung pada teknologi termasuk gadget, dan jaringan internet, akan memungkinkan kalian untuk memiliki sedikit selisih suara atau masalah – masalah lainnya. Untuk itu, tips meeting online yang akan berjalan lancar adalah dengan menggunakan waktu senyaman mungkin, tanpa tergesa – gesa.

Kenakan pakaian yang pantas

Beberapa meeting online menggunakan teknologi kamera yang terpasang pada gadget laptop atau smart phone. Untuk itu, penting bagi kalian menggunakan pakaian yang pantas. Usahakan terlihat rapi namun tidak berlebihan. Bahkan beberapa orang yang menjalankan tips meeting online ini menggunakan pakaian bagian atas yang baik, namun pakaian bagian bawah yang biasa – biasa saja, dan hal ini sangat amat wajar.

Usahakan koneksi internet sedang baik

Meskipun sulit, jika bisa, usahakan untuk memiliki koneksi internet yang baik. Salah satu kelancaran dari tips meeting online yang berjalan baik dan sukses adalah jaringan internet yang tidak terhambat. Jaringan internet melalui smart phone terkenal memiliki ketidak stabilan internet, oleh karena itu, akan lebih baik jika kalian menggunakan wifi atau modem sebagai jaringan internet.

Semoga tips meeting online di atas bisa membantu kalian menghadapi meeting di masa sulit pandemi seperti sekarang, ya! Kami paham betul, tentunya akan lebih berat untuk kalian menjalankan bisnis dan pekerjaan kalian sebagai karyawan, terutama pada masa Covid – 19 Corona seperti sekarang. Untuk itu, cek panduang GRATIS untuk bisnis kecil kalian di masa pandemi seperti sekarang. Panduan tersebut dibuat agar pemasukan kalian tidak perlu goyah dikarenakan krisis pandemi yang terjadi berkepanjangan. BUKAN SPAM, kok. Klik banner di bawah, ya!

Artikel Terkait

5 Jenis Sepeda Lipat Untuk Bisnis Sepeda Kalian. Lokal dan Murah, lho!

marsha

Sudah Maksimalkan Fitur Facebook untuk UKM?

admin

BLT Khusus UMKM Bakal Diperpanjang. Cek Persyaratan Lengkapnya di Sini:

marsha