a

6 UKM yang banyak Ditemukan di Kota ‘Tahu’ Kediri

Selama dua hari ini, Tim SolusiUkm berkunjung ke Kota Kediri. Apa yang kita lakukan di Kota Kediri? Ada agenda khusus yang dilakukan tim SolusiUkm di Kediri. Agenda ini tentunya ingin menjadi Solusi bagi UKM-UKM yang ada di kota Tahu ini. Salah satunya membantu para pengusaha UKM di kota Kediri agar bisa membuat laporan keuangan sederhana untuk UKM disana. Selain itu, kami juga sudah keliling Kediri, untuk melihat UKM yang banyak ditemukan di Kota milik Persikmania ini.

Setelah keliling di kota Kediri berjam-jam, tim SolusiUKM akan menyimpulkan beberapa UKM yang banyak kami temukan selama berada di kota Kediri. Tentunya ini cukup unik dan menjadi kebanggaan bagi kota Kediri. Kalo kita pergi ke kota Tetangga, Malang disana akan ditemukan banyak UKM yang bergerak di bidang perkebunan dan pertanian ini, serta tak tertinggal UKM kuliner cukup banyak di kota Malang.

Ekonomi di Kediri memang kental dengan industri rokok. Hal ini dikarenakan, perusahaan rokok terbesar di Indonesia, Gudang Garam memiliki pusat industrinya di kota Kediri. Sehingga sangat wajar jika kadang kota Kediri dikenal sebagai kota industri rokok setelah Kudus.

Selain rokok, Kediri juga dikenal dengan industri gulanya yang cukup terkenal. Di Kediri memiliki Pabrik Gula yang memiliki sejarah bagi bangsa Indonesia, namanya Pabrik Gula Meritjan yang sudah ada sejak 1809. Wah, sudah tua yah. Sayang tim SolusiUkm tidak sempat untuk berkunjung ke pabrik Gula yang terkenal ini.

Usaha yang Banyak digeluti di Kediri

Batik

Jarang ada yang tahu, kalau Kediri itu memiliki batik. Sepanjang kita jalan-jalan di Kota Kediri, kita melihat cukup banyak toko-toko batik disana, dan kami pun sempat masuk ke beberapa toko batik yang ada disana. Motif batik Kediri memang memiliki perbedaan dengan batik-batik lainnya yang ada di Indonesia.

Ada beberapa motif batik khas yang ada di Kediri. Seperti motif batik pada tahu atau pisang, motif batik Gumul, yang terinspirasi dari Monumen Gumul yang ada di Kediri. Usaha batik masih menjadi primadona di Kediri. Cukup banyak pengusaha yang mencoba tetap melestarikan batik Kediri.

Sepatu

UKM selanjutnya yang cukup banyak ada di Kediri adalah sepatu. Bahkan industri sepatu menjadi industri unggulan bagi kota Kediri, bahkan banyak produk-produk sepatu asal Kediri yang sudah dijual hampir diseluruh Indonesia.

Kalo kita ke Bandung, dan ingin mencari sepatu kita pun akhirnya ingin sekali datang ke Cibaduyut. Kalo di Kediri kita juga bisa melihat-lihat dan membeli sepatu kulit yang cukup berkualitas loh. Harganya pun gak begitu mahal, tetapi kualitasnya pun cukup oke.

UKM sepatu menjadi usaha yang banyak digeluti di Kediri. Bahkan industri sepatu ini bisa mendongkrak perekonomian di Kediri. Sebagian besar industri sepatu berbasis UKM, bukan industri besar seperti gula dan rokok di Kediri.

Kuliner

Hampir semua daerah pasti memiliki UKM kuliner yang cukup banyak. Begitupun Kediri, yang memiliki berbagai macam kuliner dan UKM kuliner di Kediri menjadi salah satu usaha yang banyak digeluti sebagai UKM.

Seperti julukan kota ini, yang dikenal sebagai Kota tahu. Kita tak akan bahas mengapa dijulukin kota tahu. Tapi memang benar, di Kediri terdapat pabrik tahu yang sudah melegenda, nama tahu tersebut yakni tahu Poo. Selain tahu Poo terdapat tahu yang bisa Anda jadikan oleh-oleh yakni tahu takwa, lumayan ni kalo Anda bisa menjadikan jasa titip buat rekan-rekan yang ingin membeli tahu tersebut.

Tim SolusiUKM pun berencana akan membawa tahu Takwa dan tahu Poo ke Jakarta sebagai oleh-oleh. Apakah Anda mau nitip?

Senapan Angin

Tak disangka, Kediri juga menjadi kota ‘senapan angin’ karena di Kediri, Anda bisa menemukan cukup banyak usaha yang berjualan senapan angin. Dan senapan angin menjadi produk unggulan di Kediri. Industri senapan angin ini ternyata cukup banyak ditemukan di daerah Pare, Kediri.

Ternyata Pare tidak hanya terkenal dengan kampung Inggrisnya saja, tetapi Pare juga dikenal sebagai sentra industri senapan angin. Anda kalo mau beli bisa datang langsung ke Kampung Pare yah guys. Modelnya pun kekinian banget. Industri senapan angin menjadi salah satu UKM yang ditemui oleh tim SolusiUKM disana.

Kerajinan Tangan

Salah satu industri kerajinan berbasis UKM yang cukup banyak ditemukan di Kediri, yakni kerajinan tangan. Industri ini pun sudah banyak digeluti oleh masyarakat Kediri. Seperti UKM tenun ikat, UKM sentra sulak bulu (kemoceng) industri kerajinan yang tim SolusiUKM temukan di kecamatan Pesantren, Kediri.

Masih banyak sentra kerajinan tangan yang dapat kita temui di Kediri, seperti anyaman dari bambu, sentra kerajinan kaca hias, dan batik tulis. Semua itu menjadi sentra kerajinan tangan UKM yang cukup banyak ditemukan oleh tim SolusiUKM.

Pendidikan

Di dunia pendidikan di Indonesia, Kediri memiliki satu kampung yang khusus untuk belajar bahasa Inggris. Nama kampung tersebut yakni Kampung Pare atau yang lebih dikenal dengan Kampung Inggris. Sudah sejak lama Pare menjadi pusat belajar bahasa Inggris di Indonesia.

Banyak pelajar, mahasiswa, maupun pegawai yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya di kampung Pare ini. Ini merupakan industri pendidikan berbasis UKM di Kediri yang cukup banyak digeluti masyarakat Kediri. Ketika Anda masuk ke Kampung Pare, Anda akan banyak menemukan berbagai tempat kursus bahasa Inggris ini yang dikelola oleh masyarakat setempat.

Kelima UKM tersebut merupakan UKM-UKM yang cukup banyak ditemukan di Kediri selain dengan UKM-UKM lainnya yang SolusiUKM temukan selama berada di Kediri. Kota Kediri menjadi kota Keempat yang tim SolusiUKM kunjungi untuk membantu para pemilik UKM dan pengusaha agar bisa merapihkan pembukuan usahanya dan laporan keuangan.

Untuk event di Kediri, tim SolusiUKM mengadakan acara bertajuk “Membuat Laporan Keuangan Sederhana” di Fresh Coworking Space, Jl. Soekarno Hatta 09. Yuk, kalo Anda punya waktu esok hari, Anda bisa datang langsung bertemu dengan kita-kita.

Share With:
Rate This Article