Solusiukm
Bisnis

7 Cara Menjual Makanan Online di Masa Pandemi. Gampang, kok!

Pada masa sekarang, saat pandemi masuk, tentu kita perlu memutar otak. Banyaknya pengurangan pegawai pada perusahaan besar membuat masyarakat semakin giat. Opsi – opsi dalam mencari pemasukan tentu membutuhkan usaha lebih. Meskipun terlihat berat, namun celah bisnis pada masa pandemi tentu terbuka lebar. Jenis – jenis bisnis masih bisa digali agar pemasukan tetap lancar. Bahkan, siapa tahu bisnis yang kalian buka pada saat pandemi justru bisa berkembang dan sukses di pasaran.

Beberapa jenis bisnis yang digemari dan selalu laris manis, adalah menjual makanan online. Berbagai cara dilakukan agar bisnis menjual makanan bisa laris. Jenis menjual makanan online dipilih karena cara yang dilakukan cenderung lebih mudah, dan lebih disukai oleh konsumen – konsumen. Selain itu juga, bisnis menjual makanan online masih sangat digemari bagi mereka yang sibuk sehingga tidka bisa memasak. Selain itu juga menjual makanan online masih dibutuhkan bagi mereka yang bosan dengan jenis makanan yang itu – itu saja.

Berikut ini tim Solusi UKM akan jabarkan mengenai cara menjual makanan online. Beberapa trik di bawah ini untuk cara menjual makanan online tentu bisa kalian praktekkan. Dengan mengerjakan trik dan cara menjual makanan online di bawah, diharapkan pelaku usaha bisnis kecil dapat tumbuh dan ekonomi Indonesia bisa mengalami perbaikan. Yuk, cek apa saja yang masuk dalam cara menjual makanan online di bawah:

Buat pengumuman di WhatsApp Status dan WhatsApp Group pribadi

Langkah paling awal untuk cara menjual makanan online adalah menulisnya melalui WhatsApp Status dan WhatsApp Group. Dengan menggunakan media komunikasi WhatsApp, cara menjual makanan online bisa dilakukan dengan mudah dan sederhana. Kalian bisa membuat gambar atau poster mini yang memuat gambar dari produk jualan kalian. Gunakan aplikasi – aplikasi yang gratis yang saat ini banyak tersedia. Manfaatkan aplikasi gratis dalam membuat poster sebagai cara menjual makanan online. Unggah tulisan berupa informasi agar cara menjual makanan online bisa lebih laris. Masukkan informasi seperti nama produk, terbuat dari apa, manfaat yang bisa didapat saat membeli produk, dan lain – lain. Gunakan foto yang terlihat jelas agar cara menjual makanan online kalian bisa lebih menggiurkan untuk dibeli.

Upload juga pada sosial media pribadi milik kalian

Yang kedua sebagai cara menjual makanan online, adalah dengan mengunggah atau upload pada media sosial pribadi kalian. Dengan upload pada media sosial pribadi, penyebar luasan awareness bahwa kalian membuka bisnis tentu semakin terbuka lebar. Tentu kalian memiliki teman atau kenalan yang tidak sampai menyimpan nomer HP masing – masing, bukan? Dengan mengunggah informasi tersebut, kalian bisa membuat cara menjual makanan online menjadi lebih berpotensi untuk laris. Sosial media seeprti Instagram, Facebook dan Twitter masih cukup efektif untuk meraih cara menjual makanan online agar laris manis.

Jika perlu, buat akun sosial media khusus untuk bisnis kalian

Setelah kalian mepromosikan produk bisnis kalian menggunakan akun pribadi, maka tidka ada salahnya untuk membuat akun bisnis khusus. Dengan membuat akun bisnis khusus, kalian sekaligus membuat cara menjual makanan online semakin meyakinkan. Akun khusus untuk bisnis kalian bisa membuat konten dalam berpromosi semakin terfokus. Cara menjual makanan online melalui sosial media tentu bukan hal yang baru. Bahkan, cara menjual makanan online lewat media sosial seperti Instagram merupakan kewajiban di masa sekarang. Tentu kalian bisa melakukan eksplorasi untuk konten agar usaha kalian bisa menjadi cara menjual makanan online yang berhasil.

Gunakan informasi yang jelas dan tertulis pada bio sosial media seperti Instagram. Jelaskan apa yang kalian jual, tulis juga nomer telfon yang bisa dihubungi saat cara menjual makanan online kalian. Gunakan emoticon yang sesuai dengan jualan yang kalian punya.

Hubungi keluarga dan teman terdekat untuk membantu promosi

Yang ini juga termasuk cara menjual makanan online yang efektif. Kalian bisa meminta bantuan saudara, keluarga atau siapa saja kenalan kalian yang memiliki hubungan dekat untuk membantu promosi bisnis kalian. Dengan bantuan mereka, bisnis kalian dapat terpromosi secara baik dan gratis, bukan? Jangan lupa juga kirimi mereka produk gratis, agar mereka bisa merekomendasi pada lingkungan mereka dengan lebih jelas, lebih clear karena telah mencobanya sendiri. Meminta bantuan teman atau keluarga tentu menjadi cara menjual makanan online yang sederhana sekaligus promosi murah meriah karena hanya memberikan barang produk jualan kalian.

Buat akun pada E – Commerce seperti Shopee dan Tokopedia

Cara ini adalah cara menjual makanan online yang jika pembelinya orang tidak dikenal. Akun e – commerce seperti Shopee dan Tokopedia membuat pihak pembeli dan penjual sama – sama merasa aman. Sebagai pembeli, akan merasa aman karena uang dibayarkan pada pihak ketiga yang terjamin seperti Shopee dan Tokopedia sebelum diserahkan pada kalian penjual. Dari penjual pun akan ditungkan karena cara menjual makanan online seperti ini membuat bisnis kalian terpercaya. Selain itu juga terjamin keseriusan dari calon pembeli saat membayarkan pada Shopee atau Tokopedia.

Buat promosi atau diskon besar di awal jualan kalian dibangun

Pada awal mula berjualan, merupakan hal penting untuk memberikan promosi besar atau diskon besar. Hal ini tentu untuk menarik calon – calon baru dari pembeli. Promosi besar merupakan langkah atau cara menjual makanan online dengan cara cepat dan paling efektif. Mereka tergiur dengan harga murah, dan tanpa pertimbangan panjang membeli produk kalian. Lalu setelah membeli diharapkan puas dengan produk bisnis kalian. Ini yang diharapkan akan berdampak baik bagi bisnis kalian. Mereka akan membicarakan produk kalian, bahkan melakukan pembelian untuk kedua kali, ketiga kali, hingga menjadi langganan. Memang cara menjual makanan online dengan trik ini bisa kalian coba langsung.

Selalu rajin dalam mencari ilmu bisnis khusus saat pandemi

Yang juga tidka kalah penting sebagai cara menjual makanan online, adalah dengan mencari tips dan ilmu terbaru. Tentunya banyak sekali ilmu – ilmu bertebaran, namun tidak mengikuti perkembangan zaman dan juga pola konsumen yang baru saja terbentuk. Untuk itu, baca panduan bisnis UKM khusus pada masa pandemi dengan melakukan klik link di bawah ini, ya! GRATIS. Yuk, buruan, jumlahnya terbatas, lho!

Artikel Terkait

Ramadan 2020 Inflasi Kisut. Salah Corona?

marsha

Alasan Kenapa Dulu Uber Kabur dari ‘Kita’

marsha

Langkah TOKCER Bisnis Jilbab Buatan Sendiri

marsha