a

7 Kalimat Haram Diucapkan Saat Pitching

Kesempatan bertemu calon investor bisnis harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Saat ini, sudah banyak startup atau UMKM yang berlomba-lomba memikat investor demi memperoleh pendanaan. Tak hanya bermanfaat bagi kelangsungan bisnis Anda, pendanaan tersebut juga menunjukkan bahwa bisnis Anda berkualitas.

Banyak sekali hal yang patut dipersiapkan ketika Anda akan berhadapan dengan calon investor bisnis. Selain menyiapkan materi presentasi atau pitching yang memadai, Anda juga wajib menjaga attitude agar tetap terlihat profesional dan menarik. Jangan sampai Anda mengucapkan tujuh kalimat haram yang bisa mengurangi peluang untuk mendapatkan pendanaan bisnis.

Pelanggan pasti membutuhkan bisnis ini hingga puluhan tahun mendatang.

Tak ada bisnis yang tidak memiliki saingan. Bila suatu bidang bisnis baru ternyata sangat potensial, pasti akan banyak pemain-pemain baru yang bermunculan. Jangan memberikan kesan bahwa Anda adalah pebisnis yang keras kepala dan malas berinovasi.

Dalam jangka waktu beberapa tahun saja, persaingan bisnis akan semakin ketat. Para investor tentu menginginkan inovasi bisnis yang segar dan mampu menghasilkan banyak keuntungan. Tentunya karakter dan kebutuhan pelanggan setiap tahun selalu berbeda-beda, disinilah Anda dituntut untuk bisa lebih kreatif dengan inovasi-inovasi baru.

Bisnis ini tidak punya saingan

Hampir sama dengan kalimat haram yang pertama, kalimat yang satu ini juga sangat buruk bagi para investor. Karena tidak ada bisnis yang tidak memiliki saingan. Kesan percaya diri yang berlebihan malah membuat calon investor merasa ragu menanamkan modalnya. Peluang untuk mendapatkan pendanaan pun akan semakin kecil.

Karena, ketika produk baru muncul di pasaran. Maka akan ada produk-produk sejenis yang akan bermunculan. Bisa jadi saingan Anda lebih inovatif dan bisa merebut pangsa pasar bisnis Anda. Hati-hati dengan ini.

Ide bisnis ini tak akan dicuri karena saya sudah memiliki hak paten

Kemungkinan besar Anda akan kesulitan mencari orang yang sudah mencuri ide bisnis Anda. Sekalipun bisnis Anda sudah memiliki hak paten. Bisa saja ide tersebut ditiru oleh pebisnis lain di luar kota atau luar negeri.

Daripada membanggakan hak paten, alangkah lebih baik bila Anda menunjukkan inovasi yang potensial di masa mendatang. Ide-ide menarik Anda pasti mampu menggugah minat investor untuk menanamkan modal.

Bisnis ini tidak berfokus pada keuntungan dan monetisasi

Pada awalnya mungkin Anda tidak terlalu fokus pada keuntungan dan monetisasi bisnis. Hal ini memang cukup wajar ketika suatu bisnis baru dirintis beberapa saat. Namun, bukan berarti Anda boleh menyampaikannya kepada calon investor.

Karena tujuan utama calon investor pasti ingin mendapatkan banyak keuntungan dari dana yang disalurkannya. Itulah sebabnya calon investor harus yakin bahwa bisnis Anda memiliki prospek besar dan mampu menghasilkan keuntungan berlipat ganda. Hati-hati yah, karena ngomongin keuntungan itu sangat sensitif loh, termasuk di hadapan investor.

Produk atau jasa ini pasti laku keras dengan sendirinya

Tak ada bisnis yang bisa berkembang secara maksimal tanpa pengaruh strategi pemasaran yang tepat. Jadi, jangan menunjukkan sisi arogansi Anda di depan calon investor. Justru Anda mesti meyakinkan calon investor bahwa bisnis Anda punya strategi pemasaran yang jitu.

Sehingga keberadaan para pesaing tidak akan menghambat perkembangan bisnis Anda di kemudian hari. Jangan terlalu ambisius terhadap bisnis yang Anda miliki saat ini, ini hanya membuat calon investor tidak peduli dengan presentasi Anda.

Proses bisnis akan mengalir begitu saja

Kalimat yang satu ini juga mencerminkan sikap pasif Anda dalam mengelola bisnis. Karena suatu bisnis harus dikelola secara maksimal agar bisa berkembang pesat dan menghasilkan keuntungan besar.

Jika Anda mengeluarkan kalimat tersebut, Investor akan melihat jika Anda tidak tampak serius dalam menjalankan bisnis yang Anda miliki itu. Anda juga akan diabaikan ketika presentasi, karena Anda tidak bisa menunjukan optimisme pembuatan usaha.

Perkembangan teknologi juga turut mempengaruhi kelangsungan bisnis Anda. Bisnis yang tidak relevan dengan kemajuan zaman akan mengalami kemunduran dan akhirnya gulung tikar. Calon investor Anda pasti tidak menginginkan hal ini, kan?

Sudah banyak investor yang minat terhadap bisnis ini

Mungkin Anda tak ingin terlihat terlalu antusias dan membutuhkan pendanaan dari calon investor. Tetapi bukan berarti Anda harus mengatakan bahwa bisnis Anda sudah diminati banyak investor lain.

Jangan sampai calon investor Anda mundur dan mencari bisnis lainnya hanya karena kalimat tersebut. Anda tetap harus menunjukkan sikap yang ramah dan terbuka terhadap minat calon investor.

Jika Anda tidak mengucapkan tujuh kalimat terlarang tersebut, niscaya peluang untuk memperoleh pendanaan investor akan semakin besar. Mewujudkan ekspansi bisnis secara maksimal pun tak hanya sekadar angan-angan.

Share With:
Rate This Article