Solusiukm
Bisnis

7 Kesalahan Calon Pengusaha Pemula

Photo Source: Pinterest

Memiliki usaha menjadi impian banyak orang.Tetapi tidak semua mampu melaksanakannya hingga sukses. Hingga kadang ada para calon pengusaha pemula yang melakukan sesuatu yang tak pantas atau bukan seperti yang dilakukan oleh pengusaha pada umumnya.

Sering kita mendengar kisah dari calon pengusaha pemula yang ingin menjadi pengusaha karena pengen enaknya saja. Padahal, ketika di awal membangun usaha, akan banyak halangan dan rintangan. Jika tidak kuat mental siap-siap terpental.

Sering sekali, kita menemukan berbagai kesalahan yang dilakukan oleh calon pengusaha pemula. Apa saja kesalahan tersebut, yuk segera kita bahas kesalahan-kesalahan tersebut.

Kesalahan Calon Pengusaha Pemula

Biar Cepat Kaya

Ada pemikiran di sebagian besar para calon pengusaha pemula, kalau jadi pengusaha pasti bisa cepat kaya. Ini menjadi kesalahan pertama, karena menjadi pengusaha tidak dapat dikatakan bisa cepat kaya. Mungkin Anda hanya melihat para pengusaha sukses saat ini saja.

Tetapi Anda tidak pernah tahu bagaimana proses mereka menjadi kaya secara detail. Hal ini penting, agar Anda mengetahui gimana sebenarnya mendapatkan kekayaan dari profesi pengusaha. Ternyata banyak pengusaha yang baru mencapai tingkat kesuksesan mereka setelah 10 tahun berwirausaha, ada yang 15 tahun, hingg ada yang 20 tahun lebih baru sukses.

Apakah waktu tersebut sebentar? Tidak, menjadi pengusaha tidak akan membuat Anda cepat kaya. Jadi, buat Anda yang memiliki pemikiran, menjadi pengusaha merupakan cara cepat kaya, ternyata itu menjadi pemikiran yang sangat salah.

Tidak Ada Tujuan

Selain ingin cepat kaya, banyak pengusaha pemula yang tidak memiliki tujuan pasti dalam memulai bisnis. Yang mereka pikirkan adalah ingin cepat kaya. Selain itu, banyak pengusaha pemula yang hanya ikut-ikutan dalam berbisnis.

Hal ini banyak ditemukan pada para pengusaha pemula yang memulai bisnis karena mengikuti teman dan tren yang sedang booming. Padahal bisnis tidak bisa seperti itu. Anda harus memikirkan dari awal hingga akhir untuk memulai bisnis. Tidak boleh asal bisnis. Apa yang dilakukan oleh orang lain, belum tentu cocok Anda lakukan.

Mengikuti Apa Kata Orang

Bisnis gak bisa ikut-ikutan kata orang. Kalo orang lain sukses berbisnis produk tertentu, Anda belum tentu bisa sukses seperti mereka. Kalau Anda memang merasa cocok yah itu mungkin bisa menjadi pilihan Anda. Tetapi jika tidak, Anda akan sia-sia.

Sering sekali, para pengusaha pemula ini berbisnis mengikuti kata-kata motivator. Ingat, berbisnis yang baik adalah atas keinginan sendiri dan kemauan sendiri. Jangan menurut pendapat orang lain. Nanti hal tersebut malah buat Anda malas dan tak bersemangat dalam menjalankan bisnis tersebut.

Terlalu Banyak Menerima Masukan

Bisnis yang baik, bukanlah bisnis yang kebanyakan menerima masukan, tetapi bisnis yang segera dijalankan. Terkadang, karena bisnis memerlukan dana yang besar, pebisnis pemula merasa takut melakukannya. Sehingga mereka bertanya dengan berbagai orang.

Jangan terlalu banyak bertanya ke banyak orang, hal itu hanya akan menyulitkan Anda dan membuat Anda bingung harus menjalankan yang mana. Cukup bertanya kepada satu dua orang, lalu lanjutkan bisnis Anda. Setelah itu, Anda bisa memulai bisnis sesuai dengan yang Anda inginkan.

Investasi Tanpa Mikir

Mungkin Anda sudah merasa ide bisnis Anda akan berhasil. Tetapi antara khayalan dan kenyataan terkadang berbeda jauh. Anda terlalu berani mengeluarkan modal besar tanpa memperhitungkan validasi yang akan Anda dapatkan.

Harusnya, sebelum Anda melakukan investasi besar-besaran, Anda wajib menguji gagasan yang Anda miliki. Coba lakukan riset pasar, jangan terburu-buru launching brand ke pasar. Cukup lakukan dengan ujicoba biasa saja.

Tak Ada Pemasaran, Tak Ada Masalah

Banyak pengusaha pemula beranggapan bahwa bisnis yang mereka jalankan akan berkembang dengan sendirinya. Ini lah anggapan yang salah, setiap ide bisnis yang muncul harus di promosikan dan memiliki cara pemasaran sendiri.

Jangan sampai Anda mengabaikan pemasaran. Jika Anda menganggap tidak memiliki banyak modal pemasaran, Anda bisa memanfaatkan pemasaran online. Baik itu menggunakan media sosial maupun menggunakan website untuk promosi.

Hanya Fokus Pada Brand

Selain itu, banyak para pengusaha pemula yang hanya fokus untuk mengurus brand tanpa memikirkan keinginan pelanggan mereka. Anda hanya memikirkan brand bagaimana menurut Anda bukan menyesuaikan pada keinginan konsumen.

Padahal bisnis itu harus fokus pada konsumen bukan sekedar fokus pada brand dan pemasaran saja. Apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan pelanggan, itu menjadi salah satu hal yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Tidak Memandang Kompetitor

Saat Anda berbisnis, Anda harus selalu memantau competitor. Banyak pengusaha pemula yang masih memiliki ego tinggi, hingga mereka menganggap competitor hal remeh yang tidak dianggap sebagai hal penting.

Persaingan dalam bisnis adalah hal penting yang harus selalu dipantau, Anda tidak boleh mengabaikan begitu saja kompetitor. Bisnis bukan hanya membicarakan manajemen, pemasaran, dan modal saja.

Mudah Putus Asa

Bisnis bukan hal mudah, kesalahan yang sering dilakukan oleh para pengusaha baru adalah mudah putus asa ketika gagal. Misal, baru satu kali melakukan pitching di hadapan klien, langsung ditolak dan membuat Anda nyerah begitu saja.

Memulai bisnis memang butuh perjuangan yang berat. Bisnis tidak semudah membalikan telapak tangan. Selalu ada rencana dan proses untuk membawa bisnis menjadi berkembang dan berhasil seperti yang lain.

Terus Mencoba

Poin terakhir yang sering menjadi kesalahan para pebisnis pemula adalah tidak pernah mau mencoba hal baru. Melainkan mereka hanya fokus pada satu hal itu saja, meskipun ini adalah hal penting yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis yang Anda miliki saat ini.

Selamat mencoba dan jangan menyerah. Bisnis bukanlah pekerjaan yang mudah dilakukan satu atau tiga bulan sukses. Tetapi butuh waktu cukup lama untuk mencapai kesuksesan yang diinginkan.

Artikel Terkait

15 Ide Side Hustle yang Patut Dicoba

ibnuismail

Bisnis Baju Muslim Premium? Ini Strateginya!

marsha

6 Kiat Agar Akun Instagram Bisnis Anda Sukses untuk Branding

marsha