a

7 Persiapan yang Harus Dilakukan Pengusaha Menjelang Lebaran

Lebaran merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Hari raya ini tidak hanya ditunggu sebagai momen untuk pulang kampung. Bagi pengusaha, lebaran merupakan momen yang tepat untuk meningkatkan omzet. Tak khayal, banyak pengusaha yang sudah menyiapkan berbagai hal menjelang lebaran. Cukup banyak Persiapan yang harus dilakukan oleh pengusaha menjelang lebaran. Tim SolusiUkm sudah merangkum beberapa persiapan yang kudu dijalankan oleh pengusaha.

Masyarakat pada umumnya lebaran selalu identik dengan mempersiapkan baju baru, kue, dan pernak-pernik lainnya yang mendukung hari raya tersebut. Berbeda dengan pengusaha, selain harus mempersiapkan THR (Tunjangan Hari Raya) bagi para karyawannya, para pengusaha pun harus mempersiapkan berbagai hal untuk menjadikan momen lebaran untuk meningkatkan omzet.

Apa Saja yang Harus Dipersiapkan Oleh Pengusaha Menjelang Hari raya?

Pengusaha sering sekali mempersiapkan berbagai hal menjelang hari raya untuk meningkatkan omzetnya. Disini juga harus dipersiapkan strategi marketing yang tepat hingga target pasar yang jelas demi menopang bisnis Anda.

Menjelang lebaran dapat dikatakan ini adalah musim ‘panen’ bagi para pengusaha. Hampir segala bidang bisnis mengalami peningkatan permintaan. Mulai dari bisnis produk hingga bisnis jasa mengalami permintaan yang cukup signifikan.

SolusiUkm akan memberikan beberapa hal yang harus dipersiapkan yang harus dilakukan oleh pengusaha menjelang lebaran.

Jangan Lupa Melakukan Stock Opname

Sebagai pengusaha, Anda tak boleh lupa untuk melakukan stock opname menjelang lebaran. Stock opname ini merupakan salah satu hal yang sering dilakukan oleh perusahaan manufaktur atau usaha dagang untuk menghitung kembali barang-barang yang ada di gudang dengan menyesuaikan dengan jumlah stok yang tersedia.

Stock opname adalah sebuah cara perhitungan secara manual mengenai jumlah barang yang ada di gudang. Dengan begitu, Anda sebagai pengusaha bisa mengetahui jumlah barang yang sebenarnya. Jumlah tersebut akan kembali dicocokan dengan jumlah yang tersedia pada sistem.

Pastikan Produk Mencukupi

Menjelang lebaran, umumnya akan ada peningkatan permintaan barang dan jasa. Biasanya dua hingga satu minggu menjelang lebaran, akan cukup banyak permintaan. Agar konsumen tidak kecewa, Anda harus segera mempersiapkan produk-produk yang cukup banyak menjadi incaran. Jangan sampai ketika konsumen meminta, produk tersebut selalu kosong.

Point ini sangat berkaitan dengan point pertama, dimana pentingnya stock opname bagi para pengusaha akan dapat memantau apakah barang di gudang tersedia atau tidak.

Siapkan Sumber Daya Manusia

Selain barang, Anda pun sebagai pengusaha wajib mempersiapkan sumber daya manusia yang mencukupi. Jangan sampai, ada pelanggan yang tidak terlayani karena pegawai Anda sedang melayani konsumen lain atau sedang mempersiapkan produk untuk konsumen lain.

Ini tidak hanya terjadi pada usaha dagang. Mempersiapkan sumber daya manusia pun menjadi persiapan yang dilakukan oleh pengusaha bidang jasa menjelang lebaran. Terkadang permintaan jasa menjelang lebaran akan meningkat. Sehingga jumlah SDM pun harus ditambah oleh pengusaha.

Contohnya jasa rental mobil. Selain Anda harus mempersiapkan mobil, Anda juga harus mempersiapkan sopir tambahan untuk bisa menghadapi banyaknya permintaan rental mobil menjelang lebaran. Umumnya para penyewa mobil, enggan menyetir sendiri karena takut lelah. Mereka lebih memilih untuk menyewa mobil beserta sopir. Ini pun harus menjadi persiapan yang harus dilakukan oleh pengusaha menjelang lebaran.

Dalam persiapan yang harus dilakukan oleh pengusaha menjelang lebaran, sumber daya manusia adalah hal yang tak boleh luput. Meskipun Anda merasa akan mengurangi pendapatan Anda, itu tidak benar. Anda bisa mencari para pekerja paruh waktu untuk membantu Anda menjelang lebaran saja.

Strategi pemasaran yang Tepat

Demi mendapatkan momen yang baik di bulan yang penuh berkah dan di hari lebaran, tentunya Anda harus mempersiapkan strategi pemasaran yang tepat. Persiapan yang harus dilakukan oleh pengusaha menjelang lebaran, salah satunya adalah strategi pemasaran.

Banyak model strategi pemasaran yang bisa Anda terapkan. Apakah Anda harus menerapkan model flash sale, memberikan diskon, atau cashback maupun promo apapun yang bisa meningkatkan penjualan kamu menjelang lebaran ini. Dengan memiliki strategi pemasaran yang tepat, peningkatan omzet pun bisa menjadi pilihan Anda.

Menjaga Kesehatan

Wah, sebagai pengusaha jangan hanya fokus mengejar omzet menjelang lebaran. Anda juga harus bisa menjaga kesehatan Anda. Jangan sampai Anda drop ketika toko Anda sedang mendapatkan banyak pesanan. Wah bisa gawat itu. Apa lagi jika karyawan Anda sudah kewalahan juga.

Jadi mulai sekarang Anda harus mempersiapkan juga kesehatan Anda. Jangan sampai Anda malah sakit ketika sedang banyak permintaan pesanan dari konsumen. Baik secara online maupun secara offline. Jaga kesehatan adalah hal penting.

Gunakan Accurate Online untuk Pantau Arus Kas

Menjelang lebaran, proteksi arus kas adalah hal penting. Untuk itu Anda wajib memiliki pembukuan yang rapih dan layak. Agar arus kas Anda bisa terpantau dengan baik dan sempurna. Jangan sampai Anda tidak memiliki pencatatan keuangan yang tepat.

Zaman sekarang sudah serba online, pantau arus kas pun bisa dilakukan secara online dengan Accurate Online. Aplikasi pembukuan berbasis cloud yang bisa Anda buka dimanapun dan kapanpun. Selain dengan memantau arus kas, Accurate Online pun bisa menjadi Solusi Anda dalam sistem pembukuan usaha. Jangan pernah mengabaikan setiap uang masuk dan keluar. Catatlah semuanya dengan baik dan sempurna.

Jangan Lupa Pembukuan Pake Accurate Online

Persiapan yang harus dipersiapkan oleh pengusaha menjelang lebaran selanjutnya adalah sistem pembukuan. Saking banyaknya pesanan, Anda pun tidak boleh lupa mencatat pembukuan usaha. Dalam melakukan pembukuan, sebaiknya Anda menggunakan sistem Accurate Online. Karena bisa memudahkan Anda dalam membuat pembukuan hingga jadi laporan keuangan.

Bahkan Anda bisa membuat faktur penjualan langsung di Accurate Online. Jadi tak perlu dua kali kerja.

Selain itu, jika Anda adalah pebisnis online marketplace Anda juga tak perlu lagi mencatat ulang catatan yang ada di marketplace ke sistem Accurate Online. Accurate Online sudah terintegrasi dengan tiga marketplace besar di Indonesia seperti Shoppe, Bukalapak, dan Tokopedia.

Anda bisa mengimport faktur penjualan yang ada di marketplace langsung ke sistem Accurate Online hanya dengan mengintegrasikannya melalui menu penjualan, lalu pilih menu Setting Impor E-commerce. Lalu, Anda tinggal pilih marketplace yang ingin Anda integrasikan dengan sistem Accurate Online Anda.

Itulah persiapan-persiapan yang harus dilakukan oleh para pengusaha menjelang hari lebaran. Dengan omzet dan permintaan akan barang yang akan meningkat, tentunya jangan sampai melupakan sistem pembukuan yang rapih. Sekarang Anda bisa menggunakan Accurate Online untuk persiapan menjelang lebaran dari sisi pembukuan. Dengan sistem pembukuan yang rapih, Anda akan tahu berapa keuntungan yang Anda peroleh mulai dari menjelang hari lebaran hingga setelah hari lebaran.

Share With:
Rate This Article