a

7 Usaha Kecil dan Menengah yang Menjanjikan Di Indonesia, Mau Coba?

Akhir-akhir ini banyak masyarakat Indonesia yang sudah mulai pelan-pelan merintis usaha. Dari sekian banyak orang-orang yang berwirausaha, masih ada pula yang masih menerka-nerka bisnis apa yang harus ia bangun, dan seperti apa usaha kecil dan menengah yang menjanjikan di Indonesia saat ini. Pertanyaan tersebut sering terlontarkan selain masalah modal.

Usaha kecil dan Menengah atau yang sering disingkat sebagai UKM adalah salah satu pilihan bagi orang-orang yang ingin membangun usaha namun tidak memiliki modal besar. Meskipun bernama usaha kecil dan menengah, bukan berarti usahanya harus terus-terus kecil dan menengah.

Jika jumlah UKM semakin banyak, bukan tidak mungkin UKM-UKM ini akan menjadi penggerak ekonomi di nusantara. Jangan pernah menyepelekan suatu usaha dalam bentuk apapun. Meskipun jumlah UKM di Indonesia belum begitu banyak, tetapi bukan berarti usaha kecil dan menengah yang menjanjikan di Indonesia tidak ada sama sekali.

Masih cukup banyak UKM yang menjanjikan di Indonesia. Anda hanya tinggal melihat beberapa peluang usaha dan carilah perbedaan dari produk yang sudah ada. Sehingga produk atau UKM milik Anda bisa selalu melekat di hati masyarakat.

Apa saja usaha yang masih menjanjikan dan mungkin tidak pernah mati di Indonesia. Anda bisa memulai salah satu usaha yang bisa Anda coba untuk memulai bisnis yang ingin Anda jalankan. Berikut daftarnya.

Bisnis Kuliner

Salah satu bisnis yang tidak ada matinya hingga saat ini adalah bisnis kuliner. UKM kuliner selalu bermunculan setiap bulan, bahkan setiap harinya. Mereka selalu bersaing di pasaran untuk mendapatkan calon-calon konsumen. Hingga kalangan artis pun berani turun gunung mendirikan usaha di bidang kuliner. Jika Anda berminat, maka Anda bisa mencoba usaha yang satu ini.

Indonesia merupakan negara yang kaya akan kuliner, sehingga Anda bisa mencoba usaha dari salah satu kuliner daerah yang bisa Anda angkat kembali untuk dijadikan suatu peluang usaha yang menarik dan menguntungkan.

Apa lagi masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang suka jajan dan suka makan. Bisnis kuliner menjadi salah satu peluang usaha kecil dan menengah yang menjanjikan di Indonesia. Tak harus memulai dengan yang besar terlebih dahulu, tetapi Anda bisa membuka usaha kecil-kecilan terlebih dahulu, seperti membuka kedai jajanan, atau kedai makanan yang buka pada pagi atau malam hari saja.

Bisnis Fashion

Selain kuliner, usaha yang tidak pernah ada matinya adalah fashion. Hampir semua orang membutuhkan fashion untuk aktivitas mereka sehari-hari. Karena fashion merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia setelah makanan.

Usaha fashion memiliki pasarnya masing-masing, sesuai pada kalangan target pasar yang Anda incar. Kalangan dalam fashion terdiri dari kalangan atas, menengah, dan bawah. Untuk memilih target pasar tersebut, tergantung pada keinginan Anda.

Hal terpenting yang harus Anda ketahui dalam bisnis fashion adalah harus terus menerus mengikuti tren yang ada. Karena mode pakaian selalu berubah-rubah setiap tahun, enam bulan sekali, bahkan sebulan sekali selalu keluar mode-mode terbaru dari fashion tersebut.

Sudah banyak contoh-contoh pengusaha sukses di bidang fashion, kita bisa menyebut brand seperti Rabbani, Keke yang menyasar pasar muslim Indonesia. Kaos yang mengincar pangsa anak muda seperti Men’s Republic dan sebagainya, serta berbagai brand-brand fashion lain yang sudah cukup terkenal di Indonesia.

Bisnis Otomotif

Dunia otomotif di Indonesia memang tidak bisa kita pandang sebelah mata. Kita bisa menjadi pengusaha di bisnis yang satu ini. Pertumbuhan otomotif yang selalu meningkat setiap tahunnya, membuat pemilik kendaraan pun semakin banyak dan peluang usaha kecil dan menengah yang menjanjikan di Indonesia salah satunya adalah otomotif.

Tidak harus membuka dealer atau showroom kendaraan. Anda yang memiliki modal minim, dapat membuka usaha bengkel kendaraan, tempat cuci kendaraan, dan penyedia aksesoris kendaraan serta aksesoris yang diperuntukan pada pengendaranya.

Apa lagi komunitas otomotif di Indonesia cukup banyak. Hampir di seluruh Indonesia memiliki komunitas tersendiri, entah itu komunitas sepeda motor maupun komunitas mobil. Anda bisa menjadikan mereka sebagai target pasar. Sudah banyak contoh orang-orang berhasil dalam mendirikan suatu bengkel ataupun bisnis otomotif lainnya. Bidang otomotif merupakan salah satu usaha kecil dan menengah yang menjanjikan di Indonesia.

Bisnis Di Bidang Pendidikan

Pendidikan merupakan salah satu hal penting di Indonesia. Masih banyak orang tua di Indonesia, yang belum merasa cukup anaknya hanya mendapatkan akses pendidikan di sekolah formal. Para orang tua masih membutuhkan lembaga-lembaga pendidikan non formal lainnya untuk meningkatkan kemampuan anak-anak mereka.

Usaha kecil dan menengah yang menjanjikan di Indonesia seperti lembaga pendidikan masih bisa kita lirik sebagai satu peluang usaha. Seperti lembaga les private bahasa asing yang saat ini sering diburu anak-anak serta para karyawan yang belum memiliki kemampuan bahasa asing yang cukup mumpuni.

Modal dalam mendirikan usaha les private ini pun tidak begitu besar. Anda bisa memulainya dari rumah Anda terlebih dahulu. Jika Anda tidak memiliki jiwa pengajar, maka Anda bisa meminta rekan, atau kerabat yang memiliki kemampuan mengajar untuk membantu Anda terlebih dahulu.

Cukup banyak lembaga private yang berawal dari UKM dan kini sudah memiliki cabang diseluruh Indonesia. Kita bisa menyebut Primagama, ILP, Ganesha, dan Nurul Fikri yang telah bangkit menjadi lembaga pendidikan yang cukup besar di Indonesia meskipun mereka pada.

Bisnis Bidang Pertanian

Negara Indonesia adalah negara yang memiliki lahan pertanian cukup luas. Dahulu pertanian adalah salah satu bidang yang cukup unggul di Indonesia. Bidang ini pun mencetak para pengusaha-pengusaha baru di Indonesia. Karena tekstur tanah di Indonesia masih cukup baik untuk pertanian, terutama tanah-tanah yang terletak di wilayah gunung berapi.

Bidang pertanian merupakan salah satu usaha kecil dan menengah yang menjanjikan di Indonesia hingga kini. Karena kebutuhan dari bidang pertanian masih cukup besar. Maka cukup beruntunglah jika Anda masih memiliki tanah yang cukup luas untuk dikelola sebagai lahan pertanian.

Jika Anda tinggal di wilayah perkotaan, mungkin Anda merasa tidak bisa membangun usaha di bidang pertanian. Padahal Anda masih bisa menjalankan bisnis yang satu ini. Dimana Anda bisa memulai menanam tanaman dengan teknik hidroponik yang tidak memerlukan lahan yang luas.

Mungkin untuk awal, Anda bisa menanam tanaman sayur-sayuran yang dikhususkan untuk digunakan sendiri terlebih dahulu. Perlahan Anda bisa menawarkan usaha Anda tersebut ke orang-orang sekitar Anda.

Bisnis Start Up

Saat ini hampir seluruh orang di dunia berlomba-lomba dalam mendirikan perusahaan start up. Mereka ingin mengikuti jejak Google, Paypal, Amazon, Alibaba, dan Uber serta start up kelas dunia lainnya. Memang tidak salah, start up memang menjadi salah satu usaha kecil dan menengah yang menjanjikan di Indonesia.

Sudah banyak contoh start up sukses di Indonesia. Anda bisa mengikuti jejak mereka, meskipun memang tidak mudah mendirikan start up. Terlebih saingannya sudah begitu banyak. Tetapi dari hal kecil bisa menjadi sesuatu yang besar ketika Anda menjalaninya dengan serius. Seperti halnya Tokopedia dan Bukalapak, serta Hijup yang benar-benar memulai bisnis mereka dari bawah. Tapi sekarang mereka sudah mendapatkan investor serta dana yang cukup untuk menjalankan bisnis mereka.

Bisnis Properti

Salah satu usaha kecil dan menengah yang menjanjikan di Indonesia memang cukup banyak. Tetapi sangat jarang ada yang meliriknya. Salah satunya adalah bisnis di bidang properti. Banyak yang menganggap bisnis ini merupakan bisnis yang bermodal besar. Karena harus membeli sebuah properti terlebih dahulu.

Padahal tidak harus memiliki modal besar untuk bisnis di properti. Anda bisa memulainya dengan mendirikan layanan jasa jual beli properti, tak perlu memulai menjadi developer properti. Ibarat jasa makelar, Anda bisa mulai dari lingkungan sekitar Anda terlebih dahulu untuk memulai usaha yang satu ini. Fee yang Anda peroleh dari hasil jual beli properti cukup lumayan. Mungkin jika bisnis Anda dikelola dengan baik, Anda bisa mendapatkan untung yang cukup belimpah dari usaha kecil dan menengah yang menjanjikan dari bidang properti.

Share With:
Rate This Article