a

7 Usaha Untuk Anak Muda dan Cara Mendapatkan Modalnya

Memiliki mimpi sebagai seorang pengusaha jarang sekali dimiliki oleh anak-anak muda. Terkadang mereka bingung, ingin mendirikan usaha apa yang cocok untuk usia-usia mereka. Meski jiwa kamu muda, kamu tidak harus mengincar usaha yang mengincar target pasar seumuran. Masih banyak usaha untuk anak muda yang bisa kamu coba.

Saat ini, tren sepertinya sudah berubah dimana anak muda sudah mulai berani merintis usaha mereka sendiri. Banyak dari mereka yang gagal, dan banyak juga dari mereka yang berhasil. Mereka yang berhasil adalah mereka yang tidak pernah kenal lelah untuk membangun usaha yang mereka jalankan.

Apa saja sebenarnya usaha untuk anak muda, terutama buat kamu yang masih berusia 17-25 tahun. Kita akan memberikan ide bisnis buat kamu yang ingin memulai usaha tetapi belum memiliki ide. Semoga ide yang kami berikan bisa menjadi pencerahan buat kamu para penerus bangsa.

Karena memilih sebuah ide bisnis untuk anak muda tidaklah mudah. Terdapat beberapa hambatan yang sering dialami oleh anak muda dalam menjalankan bisnis. Buat kamu yang sedang merencanakan ingin berwirausaha, maka kamu harus menanamkan jiwa tersebut di dalam hati kamu yang paling dalam.

Bisnis yang Cocok Untuk Anak Muda

Fashion

Kita sering melihat anak muda, senang sekali dengan fashion. Baik itu baju, kaos, celana, jaket, dan sepatu selalu menjadi hal yang paling penting bagi anak muda. Tentunya jika kita sebagai anak muda bisa melihat peluang ini sebagai ide usaha untuk anak muda.

Jika Anda belum mampu memproduksi produk-produk tersebut, kamu bisa mencoba untuk mencari produsen fashion yang memiliki kualitas terbaik untuk dijual lagi. Kamu bisa menjualnya melalui online, ataupun dengan mendirikan sebuah distro yang bisa menjadi pilihan kamu menjajakan produk.

Warnet Game Online

Perkembangan warung internet (Warnet) di Indonesia cukup pesat, hingga saat ini warnet masih banyak peminatnya terutama warnet yang menyediakan game online. Kamu bisa menjadikan warnet game online sebagai usaha yang kamu jalankan. Jika warnet kamu memiliki koneksi yang cukup cepat, akan cukup banyak pengunjung yang datang ke tempat usaha Anda tersebut.

Untuk tahap awal, kamu bisa menyediakan sekitar 10 komputer terlebih dahulu untuk mencoba melihat minat orang-orang disekitar kamu. Jika memang sudah berkembang, kamu bisa menambah PC sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.

Kuliner

Kamu anak muda yang suka masak? Mengapa tidak memanfaatkan hobi kamu tersebut untuk menjadi sebuah bisnis. Saat ini banyak usaha untuk anak muda yang hobi masak. Baik pria atau wanita, banyak dari pemilik usaha kuliner yang berasal dari anak muda ini berhasil.

Sebagian besar dari mereka mendirikan sebuah cafe. Meskipun menu yang disajikan adalah makanan umum, tetapi dengan sentuhan kreatifitas dan inovasi terbaru kedai mereka menjadi cukup laris di pasaran.

Cafe atau Kedai Kopi

Setelah kehadiran film Filosofi Kopi, kedai dan cafe kopi pun semakin menjamur di Indonesia. Meskipun di daerah-daerah tertentu, kedai kopi merupakan tempat yang asyik untuk berkumpul bersama teman-teman. Sekarang kedai kopi semakin banyak di kota-kota besar, dan rata-rata pemiliknya mereka yang masih berusia cukup muda.

Kamu masih bisa melihat peluang bisnis kedai kopi sebagai usaha untuk anak muda yang cukup menjanjikan. Berikanlah konsep yang berbeda kepada konsumen-konsumen kamu, agar mereka selalu berkesan setiap kongkow di tempat kamu. Minta jugalah mereka untuk memposting kopi ke media sosial mereka, hitung-hitung promosi gratis kan?

Membuka Event Organizer

Anak muda adalah anak yang aktif dan energik, dari mereka lah terkadang ide-ide cemerlang bermunculan. Bagi kamu yang memiliki sifat aktif, dan senang dengan membuat acara. Kamu bisa menjadikan hobi kamu tersebut untuk membuka usaha.

Baik itu EO pernikahan maupun EO ulang tahun. Banyak lho orang yang mencari EO yang bagus dengan harga bersaing, kamu bisa menjadikannya ini sebagai usaha untuk anak muda yang cocok dengan jiwa kamu.

Membuka Les Privat

Kamu anak keguruan? udah lulus tapi belum dapet kerja, atau kamu sekarang lagi skripsi dan banyak waktu luang. Mengapa tidak memanfaatkan waktu kamu tersebut untuk membuka les privat di rumah. Kamu bisa mengajarkan adik-adik yang yang berusia SD, SMP, dan SMA yang berada disekitar lingkungan kamu. Cukup sediakan whiteboard, dan spidol maka kamu bisa membuka usaha les private dari rumah.

Vape Shop

Kamu tahu rokok elektrik vape? Sekarang budaya merokok sudah beralih dari yang konvensional kepada yang elektrik. Kamu bisa membuka usaha vape shop yang menyediakan alat vape maupun liquid berbagai rasanya.

Bahkan saat ini cukup banyak yang membuka vape shop dengan konsep cafe. Dimana para pengunjung bisa duduk-duduk, sambil menikmati varian liquid terbaru yang mereka beli dari tempat kamu.

Itulah beberapa jenis usaha untuk anak muda yang bisa kamu mulai. Manfaatkanlah setiap tenaga dan pikirkan kamu untuk hal-hal yang bermanfaat. Salah satunya menjadi seorang pengusaha. Kamu bisa memulainya untuk mencapai kesuksesan.

Sukses sejak muda merupakan impian banyak anak muda. Baik itu sukses dengan menduduki posisi tertinggi di perusahaan, maupun sukses menjadi seorang pemilik bisnis. Semua anak muda tentunya ingin mendapatkan kesuksesan tersebut sejak dini. Namun banyak anak muda yang enggan berbisnis. Karena mereka tidak memiliki ide, dan menganggap tidak memiliki modal.

Bagaimana cara mencari modal agar ide dan usaha kamu bisa tetap terwujud? Tentunya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan modal usaha yang ingin kamu jalankan. Terlebih, usaha untuk anak muda biasanya tidak membutuhkan modal yang begitu besar.

Mencari Modal Untuk Usaha

Usaha yang telah disebutkan di atas tentunya memerlukan modal yang cukup besar. Namun bukan berarti dengan angka yang muncul malah membuat kamu minder untuk mendirikan usaha. Jangan putus asa, kamu bisa melakukan beberapa cara untuk mendapatkan modal. Disini kerja keras kamu kembali diuji.

Menabung atau Melakukan Investasi Jangka Pendek

Menabung adalah pilihan yang paling baik untuk mengumpulkan modal usaha. Kamu bisa mencoba menabung sekian rupiah dari uang jajan kamu. Cobalah sisihkan sedikit, dan pisahkan untuk yang digunakan sebagai keperluan dan untuk usaha.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan investasi dengan membeli saham ataupun dengan cara membeli emas. Harga emas yang selalu naik dalam setahun bisa Anda gunakan untuk modal usaha dalam waktu satu hingga dua tahun kedepan.

Mencari Investor

Kamu bisa mencari investor yang mau membiayai usaha yang akan kamu dirikan. Investor disini bukanlah yang memiliki modal besar. Tapi kamu bisa mencari investor dari keluarga terdekat terlebih dahulu, seperti orang tua, paman, tante, kakak, atau teman yang memiliki uang yang cukup. Nanti kamu tinggal membagi hasil usaha yang kamu peroleh tersebut.

Memang tidak mudah mendapatkan investor jika di luar keluarga. Namun tidak ada salahnya jika kamu membuatkan proposal kepada mereka dan lakukan presentasi kepada mereka mengenai usaha untuk anak muda yang ingin kamu jalankan tersebut.

Melakukan Usaha Tanpa Modal Dengan Keuntungan yang Cukup Besar

Selain usaha untuk anak muda, kamu juga bisa melakukan usaha tanpa modal terlebih dahulu untuk bisa membiayai bisnis kamu yang lain. Bagaimana caranya? Saat ini cukup mudah mencari usaha tanpa modal, seperti menjadi seorang reseller, dropshipper, maupun menjadi seorang affiliate.

Keuntungan dari usaha tersebut, dapat kamu gunakan untuk modal usaha yang ingin kamu jalankan itu. Adakah dari reseller, dropship, dan affiliate yang memberikan kamu keuntungan yang besar? Tentunya ada.

Kamu bisa bergabung menjadi Accurate Digital Partner (ADP), yang mana kamu hanya cukup menjualkan produk Accurate software kepada pemilik-pemilik UKM. Misalnya, dengan menjual satu item produk Accurate Online, kamu akan mendapatkan komisi hingga 22% dengan penghasilan Rp 400 ribu hingga Rp 1 juta. Menarik bukan? Jika kamu bisa menjual 30 software dalam waktu satu bulan, maka kamu bisa mendapatkan modal untuk usaha yang ingin jalankan, dan kamu tetap bisa menjadi ADP.

Share With:
Rate This Article