a

8 Alasan Bisnis Tidak Berkembang dan Gagal Terus, Jangan Lakukan!

Berbisnis terkadang tidak semulus apa yang dibayangkan. Terkadang berjalan dengan apa yang kita inginkan, tetapi terkadang bisnis keluar dari jalan yang sudah kita tetapkan. Kegagalan bisnis sering di alami oleh para pengusaha dimanapun. Tapi apa sih alasan bisnis tidak berkembang? Banyak pengusaha yang tidak bisa melakukan evaluasi hal ini.

Kegagalan atau tidak berkembangnya bisnis, disebabkan oleh beberapa hal. SolusiUKM akan memberikan kamu saran atau masukan mengapa bisnis tidak berkembang. Sebenarnya apa yang terjadi dan mengapa bisnis Anda malah jalan di tempat. Padahal Anda sudah bekerja keras untuk mengembangkan bisnis Anda, namun selalu gagal.

Penyebab Bisnis Selalu Gagal

Selalu Kerja Sendirian

Meskipun Anda seorang Owner, bukan berarti Anda harus bekerja sendirian. Tidak ada orang yang bisa berhasil dengan bekerja sendiri. Selalu ada bantuan orang lain di balik setiap kesuksesan. Termasuk di dunia bisnis, Anda tidak bisa melakukan semuanya sendirian.

Hal pertama yang sering membuat bisnis gagal dan tidak berkembang karena di kerjakan sendirian. Anda harus membangun tim untuk membawa bisnis sukses. Tim ini akan bisa memecah pekerjaan Anda. Sehingga Anda bisa fokus kepada hal lain dan tim Anda mengerjakan fokus yang lain.

Jika keduanya berjalan bersama, bisnis akan berkembang dan kegagalan mungkin bisa Anda hindari. Ketika Anda terpuruk ada tim Anda yang akan mendukung Anda untuk menjalankan bisnis yang Anda miliki. Sehingga Anda bisa kembali bangun dan sukses.

Zona Nyaman

Hampir semua orang senang berada di zona nyaman, termasuk sebagian pebisnis. Ketika Anda berada di zona nyaman, Anda akan sulit berkembang. Untuk itu, Anda dituntut untuk keluar dari zona nyaman, belajar berbagai hal yang bisa membuat Anda berkembang dan membantu bisnis Anda lebih maju.

Banyak pebisnis yang terlalu senang berada di zona nyaman, sehingga bisnis mereka hanya begitu-gitu saja tanpa ada perkembangan yang signifikan. Malah setiap bulan omzet selalu turun terus dan sulit untuk naik secara drastis.

Berada di zona nyaman menjadi satu alasan kenapa bisnis tidak berkembang. Cobalah untuk melihat setiap perubahan dalam perkembangan bisnis. Segera bangkit sebelum kegagalan menghampiri bisnis Anda.

Buruknya Manajemen

Buruknya manajemen bisnis menjadi salah satu alasan bisnis tidak berkembang. Terkadang pemilik bisnis terlalu enak dengan manajemen lama. Padahal kompetitor sudah tidak menggunakan cara tersebut, malah mereka sudah berkembang lebih maju dari Anda.

Misal, ketika sistem pembukuan bisnis Anda masih di catat secara manual. Ini salah satu buruknya sistem manajemen pada bisnis. Di zaman digital, pembukuan sudah harus dilakukan dengan menggunakan platform khusus pembukuan.

Cara ini akan membuat bisnis tampak lebih modern dan penghitungan keluar masuk uang lebih terukur dan tercatat jelas. Dibandingkan Anda mencatatnya secara manual. Dengan bantuan software akuntansi seperti Accurate Online, bisa membantu bisnis Anda lebih berkembang.

Karena dengan Accurate Online, Anda bisa menghitung setiap pemasukan, pengeluaran, mencatat stok bahan baku, stok gudang, dan menghitung pajak dengan lebih mudah. Semua bisa dilakukan dalam satu aplikasi Accurate Online yang bisa Anda dapatkan disini.

Mengabaikan Perkembangan

Tidak update atau istilah anak zaman sekarang kurang update (kudet) menjadi beberapa masalah yang terjadi pada Owner generasi Old. Mereka sangat jarang melihat perkembangan dan telalu nyaman dengan zona saat ini. Padahal, banyak kompetitor yang sudah meninggalkan cara lama untuk mencoba cara baru.

Sebagai pemilik bisnis, Anda juga tidak boleh mengabaikan perkembangan. Kalau Anda tidak mau berkembang dan tetap merasa aman dengan kondisi seperti ini, bersiaplah untuk ditinggalkan oleh konsumen. Tidak mau berkembang akan membawa bisnis Anda kepada kehancuran dan kegagalan.

Strategi Pemasaran yang Buruk

Strategi pemasaran menjadi hal penting dalam berbisnis. Jika strategi pemasaran Anda tidak oke, tentunya bisnis Anda juga tidak berkembang. Padahal ini cukup penting. Strategi pemasaran yang efektif, akan mudah menarik konsumen untuk datang ke toko atau melirik bisnis Anda.

Banyak pemilik bisnis yang sudah memiliki modal yang banyak, tim yang solid, tetapi tidak memiliki strategi pemasaran yang efektif. Bisnis Anda akan sia-sia. Untuk itu, cobalah untuk menggunakan strategi pemasaran yang benar-benar tertuju dan cocok untuk pasar produk atau jasa Anda.

Tidak Ada Perencanaan

Selain strategi pemasaran yang tidak efektif, bisnis yang tidak memiliki perencanaan yang baik akan mendorong kepada kehancuran dan kegagalan. Banyak pebisnis yang tidak memiliki perencanaan dalam mendirikan bisnis mereka.

Ada pebisnis yang tidak matang dalam perencanaan. Sehingga mereka cukup sulit berkembang karena tidak memiliki perencanaan yang tepat dalam bisnis. Cara ini tidak boleh di abaikan. Sebagai pemilik bisnis, Anda harus memiliki perencanaan yang matang dan tidak boleh mengabaikan perencanaan. Tidak adanya perencanaan menjadi salah satu alasan bisnis tidak berkembang.

Kerjasama Dengan Orang yang Salah

Kegagalan bisnis bisa terjadi di akibatkan kerjasama dengan orang yang salah. Terkadang banyak pebisnis yang menjalin kerjasama dengan orang-orang terdekatnya saja. Memang ini tidak salah, tetapi orang terdekat belum tentu memiliki visi yang sama dengan Anda.

Carilah partner kerjasama yang sama-sama bisa mendorong untuk perkembangan bisnis. Dan juga bisa membantu Anda mencapai tujuan bisnis secara bersama. Bukan partner yang hanya ingin membawa bisnisnya berkembang sendiri.

Banyak pebisnis di luar sana yang salah melakukan kerjasama. Membuat bisnisnya menjadi tidak berkembang dan gagal. Temukanlah orang yang tepat yang bisa Anda ajak kerjasama untuk bersama-sama membangun bisnis.

Tidak Ada Bedanya Dengan Kompetitor

Bisnis asal jiplak, menjadi salah satu penyebab bisnis tidak berkembang. Meskipun Anda mendirikan bisnis yang sudah ada di pasaran, bukan berarti Anda harus mengikuti kompetitor. Karena bisnis yang Anda dirikan tidak bisa sama percis dengan apa yang dilakukan kompetitor.

Setiap bisnis harus memiliki perbedaan untuk bisa unggul dan mengalahkan para kompetitor Anda. Mulai sekarang cobalah jangan pernah menyamakan bisnis Anda dengan bisnis kompetitor. Hal lain yang harus dilakukan adalah Anda harus bisa berpikir untuk tidak mengikuti orang lain.

Ada banyak faktor yang menjadi alasan bisnis tidak berkembang atau gagal. Seperti point di atas bisa menjadi faktor-faktor yang menyebabkan bisnis Anda tidak berkembang dan malah menghantarkan kepada kegagalan. Usahakan hindari kedelapan poin di atas agar bisnis Anda bisa terus maju dan berkembang.

Share With:
Rate This Article