a

8 Cara Mempromosikan Produk Agar Cepat Sold Out dan ‘Membekas’ Di Hati Konsumen

Sudah mulai punya usaha dan memiliki produk, ada satu hal yang kadang bingung untuk dilakukan para pengusaha. Cara tersebut dikenal dengan mempromosikan produk. Tentunya ketika kita ingin menjual produk, kita pun berharap produk yang kita jual bisa laku di pasaran. Namun bagaimana cara mempromosikan produk untuk mendapatkan hati konsumen hingga membuat laris di pasaran?

Tak perlu dengan cara yang mahal dengan memasang iklan di media mainstream. Masih ada cara termudah tanpa harus mengeluarkan budget besar. Tentunya semua ini dilakukan dengan trik-trik sederhana tapi hasil yang besar. Jika Anda bisa melakukan hal ini, maka Anda bisa dengan mudah mendapatkan hasil yang maksimal promosi yang dilakukan dan produk serta jasa yang Anda tawarkan bisa diterima di hati para konsumen.

Bagaimana cara mempromosikan produk demi mendapatkan hati konsumen dan produk laris di pasaran. Berikut tim SolusiUKM berikan tips efektif agar barang yang kamu jual cepat sold out.

Berikan Service Terbaik

Sudah tahu bagaimana cara efektif agar barang bisa disukai hanya dengan promosi sederhana? Belum tahu? Tim SolusiUKM akan kasih tahu Anda bagaimana mempromosikan produk yang kamu punya agar bisa cepat sold out.

Pernah dengar, promosi word of mouth adalah salah satu hal yang efektif dalam memasarkan produk. Hal ini bisa dilakukan oleh Anda untuk memasarkan produk yang Anda jual. Berikanlah layanan terbaik kepada pelanggan Anda. Maka pelanggan Anda akan memberikan informasi baik ini kepada teman dan rekan dekat mereka.

Dengan sendirinya, dia akan melakukan promosi dari mulut ke mulut. Bisa saja dia merekomendasikan produk Anda kepada rekan atau keluarganya. Dan ini bisa menjadi promosi gratis yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan hati konsumen.

Membangun Partnership

Salah satu hal yang harus dilakukan oleh pengusaha dalam berbisnis dan mempromosikan produk yang ia miliki adalah dengan membangun partnership. Dengan membangun partnership dengan beberapa mitra bisnis akan membantu Anda dalam mempromosikan produk yang Anda punya.

Bukalah peluang partnership kepada setiap produk lain yang masih berkaitan dengan produk Anda. Hal ini bisa membantu Anda dalam mempromosikan bisnis dan bareng-bareng membangun usaha dengan pengusaha lainnya.

Gunakan Content Marketing

Konsumen zaman sekarang sudah malas dalam melihat iklan produk agar mereka membelinya. Sebagai pelaku UKM atau usaha Anda tidak perlu lagi menggunakan iklan yang menghabiskan cukup banyak biaya. Tapi cukup dengan memberikan content marketing.

Apa itu content marketing? Content marketing adalah cara mempromosikan produk dengan sebuah perencanaan, dan mendistribusikan sebuah konten yang sesuai dengan target konsumen yang disasar. Cara ini lebih efektif dan low budget dibandingkan dengan menggunakan memasang iklan di media massa.

Cara inilah yang saat ini cukup banyak dilakukan oleh para pelaku usaha. Terutama mereka yang sudah melihat ceruk besar dari dunia maya atau kita kenal sebagai dunia internet. Dan cara ini masih cukup efektif untuk Anda ikuti loh.

Membangun Brand Melalui Media Sosial

Saat ini penggunaan media sosial menjadi sarana yang cukup efektif untuk memasarkan sebuah produk maupun layanan jasa. Anda bisa memanfaatkan media sosial yang Anda miliki untuk menjual produk. Meskipun tidak akan instan, tetapi jika Anda konsisten melakukannya. Yakinlah bahwa Anda akan mendapatkan hasil yang signifikan dari promosi melalui media sosial.

Apa lagi tak perlu banyak modal untuk mempromosikan produk melalui media sosial yang Anda miliki. Kecuali memang Anda ingin memasang iklan seperti Facebook Ads, Anda akan dikenakan biaya dari budget yang Anda gunakan untuk beriklan.

Mengadakan Kuis Interaktif

Sudah punya sosial media, baik itu instagram maupun facebook saatnya menarik banyak calon-calon pembeli yang Anda miliki. Gimana caranya? Cukup mudah buat saja kuis interaktif, pasti banyak yang ikut. Hal ini akan membantu Anda dalam promosi produk secara tidak langsung.

Adakan saja beberapa kuis. Misal kuis dengan pertanyaan informatif, maupun hiburan pun bisa menjadi daya tarik bagi calon-calon pembeli yang akan Anda sasar tersebut. Hingga akhirnya bisa menjadi satu cara agar Anda bisa terus mendapatkan calon-calon pelanggan.

Testimoni Pelanggan yang Sudah Pakai Produk & Jasa Kamu

Kalo kamu sudah mendapatkan beberapa pelanggan, apa lagi jika pelanggan yang kamu dapatkan adalah mereka yang memiliki followers cukup banyak di akun media mereka, cobalah untuk meminta testimoni dari mereka. Cara ini adalah cara efektif dalam mempromosikan produk atau jasa yang kamu miliki.

Dengan adanya testimoni, ini akan menjadi salah satu penilaian bagi calon konsumen yang lain untuk membeli atau tidak produk yang kamu jual kepada mereka tersebut. Hal ini pun bisa menjadi satu cara untuk meningkatkan bisnis yang kamu miliki.

Diskon

Memberikan diskon dari sebuah produk yang ditawarkan bisa menjadi cara mempromosikan produk dengan sebaik mungkin. Dengan diskon biasanya banyak sekali pengunjung yang akan membeli produk Anda. Tapi diskon juga berbahaya terhadap produk Anda.

Sebab, konsumen yang beli saat diskon umumnya adalah para pemburu diskon. Mereka tidak akan pernah membeli produk yang Anda jual, jika Anda tidak memberikan diskon kepada mereka. Hal inilah yang harus Anda perhatikan sebagai pengusaha. Jangan sampai Anda merugi hanya karena pemberian diskon yang terlalu sering. Boleh beri diskon kepada pelanggan setia Anda saja. Jangan semua pelanggan Anda berikan diskon.

Ikut Pameran

Salah satu cara mempromosikan produk adalah dengan ikut berbagai pameran. Saat ini cukup banyak produk-produk baru yang mengikuti pameran untuk memperkenalkan produk-produk mereka. Terutama produk dan jasa milik UKM. Cara ini menjadi cara yang cukup efektif dalam mengenalkan produk kepada konsumen.

Mungkin kedelapan cara itu bisa menjadi cara Anda untuk melakukan promosi produk atau jasa yang Anda tawarkan kepada pasar. Jika Anda memiliki cara lain yang menurut Anda lebih efektif dalam mempromosikan produk atau jasa, Anda bisa beri tahu kami melalui email ataupun media sosial milik SolusiUKM.

Share With:
Rate This Article