a

8 Pertanyaan yang Sering Terlontarkan Dalam Menentukan Strategi Pemasaran

Anda merasa bahwa penjualan produk yang Anda ciptakan tidak signifikan. Meskipun bisnis yang sudah Anda jalankan telah cukup lama. Kira-kira apa yang menjadi kendala dalam bisnis yang telah Anda jalankan ini. Apakah Anda sudah melakukan berbagai evaluasi terhadap langkah-langkah bisnis yang telah Anda jalankan? Bagaimana dengan strategi pemasaran yang sudah Anda terapkan, apakah telah efektif dan sesuai dengan sasaran?

Strategi marketing adalah salah satu hal yang paling mendasar dan harus dilakukan evaluasi ketika terdapat kesalahan dalam pemasaran. Dan sebagai acuan dasar, ketika penjualan produk semakin menurun. Sebagai pemilik usaha, Anda harus kembali memutar otak untuk bisa melakukan strategi baru demi meningkatkan volume penjualan, ketika penjualan mengalami penurunan.

Strategi yang dijalankan harus selalu di evaluasi. Baik itu secara mingguan, bulanan, maupun tahunan. Anda harus selalu meracik strategi-strategi baru demi mendapatkan strategi yang tepat dan benar-benar efektif untuk meningkatkan penjualan.

Marketing adalah pada akhirnya bagaimana produk bisa laku dan konsumen puas dengan produk yang Anda jual. Jangan sampai, produk hanya laku di pasaran, tetapi konsumen Anda tidak puas dengan produk yang Anda berikan. Hal inilah yang penting dijalankan oleh para marketer.

Pertanyaan apa saja yang harus Anda jawab sebagai strategi marketing yang efektif demi mendongkrak penjualan produk Anda. Berikut beberapa pertanyaan yang sering terlontarkan dan sering terabaikan.

Sudah Kenalkah Anda Dengan Konsumen Anda?

strategi pemasaran

Mengenal konsumen salah satu strategi pemasaran. Foto : Pixabay.com

Pertanyaan ini harus bisa dijawab oleh setiap pebisnis yang sedang mengalami penurunan penjualan. Sudah benarkah strategi pemasaran yang dilakukan, apakah konsumen yang Anda sasar sudah tepat. Dan Anda sudah mengenali karakter konsumen.

Mengenali karakter konsumen merupakan salah satu hal yang harus dilakukan oleh pebisnis. Dengan begitu Anda mengetahui produk seperti apa yang diinginkan oleh konsumen. Banyak pebisnis yang tidak bisa mengenali konsumennya, sehingga produk yang mereka jual pun tidak tepat sasaran, sehingga tidak mendorong peningkatan penjualan.

Apa Tujuan Bisnis Anda?

Setiap bisnis harus memiliki tujuan. Tanpa ada tujuan, maka bisnis tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal. Mungkin pada awalnya berdiri, Anda dapat menjual produk hingga ratusan item dalam beberapa bulan. Tetapi hal tersebut tidak berlangsung lama.

Apa yang salah disini? Bisa saja hal ini terjadi disebabkan oleh kesalahan Anda dalam menetapakan tujuan bisnis dan strategi pemasaran. Tujuan hampir sama dengan target yang ingin Anda capai. Dengan target tersebut, maka Anda bisa melihat apa yang sudah Anda lakukan. Apakah hal tersebut tepat dilakukan untuk bisnis Anda atau hal itu malah menjadi boomerang bagi bisnis Anda.

Sudah Tepatkah Promosi yang Dilakukan?

menentukan strategi pemasaran

promosi sebagai salah satu teknik menentukan strategi pemasaran

Promosi adalah hal yang paling penting untuk memperkenalkan produk kepada konsumen. Promosi apa yang selama ini sudah Anda lakukan bersama tim. Apakah promosi tersebut sudah dilakukan dengan tepat atau malah tidak tepat sama sekali.

Cara paling mudah melihat apakah promosi yang dilakukan sudah tepat atau belum, dengan adanya feedback saat melakukan promosi. Apakah feedback yang diberikan konsumen kepada produk kita sudah sesuai atau malah tidak sesuai sama sekali.

Bagaimana melakukan promosi yang tepat? Saat ini promosi dengan menawarkan produk secara langsung dan hanya memberikan informasi mengenai keunggulan produk yang dijual kepada konsumen sudah tidak tepat. Anda harus bisa memberikan suatu produk yang memang sesuai dengan kebutuhan masyarakat terhadap produk tersebut.

Saat ini, pemasaran yang hanya memberikan keunggulan produk sudah tidak lagi diminati oleh masyarakat. Strategi pemasaran yang tepat dalam promosi adalah dengan melakukan promosi secara halus dan natural.

Bahkan, dengan berkembangnya internet saat ini. Produsen dan distributor lebih memilih untuk melakukan promosi melalui media sosial, blogging, dan video melalui saluran Youtube. Cara inilah yang saat ini terbilang efektif sebagai salah satu strategi pemasaran yang tepat untuk mendapatkan kepuasan terhadap konsumen.

Harga Menentukan Kualitas

Harga merupakan hal krusial dari suatu produk. Jangan sampai Anda memasang harga hanya untuk mendapatkan keuntungan belaka. Tetapi tidak memikirkan apakah konsumen yang Anda sasar sangat cocok dengan harga yang Anda berikan. Harga harus menjadi sebuah representasi dari produk yang Anda jual.

Jika Anda memasang harga cukup tinggi, namun kualitas produk yang diberikan tidak sesuai dengan harga tersebut maka bisa menyebabkan konsumen meninggalkan produk milik Anda. Mereka akan beralih kepada produk pesaing yang harga sesuai dengan kualitas yang diberikan.

Bagaimana Pelayanan yang Anda Berikan?

menentukan strategi pemasaran

Pelayanan salah satu hal yang dipertimbangkan dalma menentukan strategi pemasaran

Selain harga, konsumen juga sering melihat suatu produk dari pelayanan yang diberikan. Pelayanan merupakan salah satu bagian dari strategi pemasaran, dengan pelayanan yang baik, akan membuat konsumen puas. Hal tersebut akan membuat konsumen selalu mencari produk Anda, dan mereka akan selalu berkunjung ke toko Anda jika Anda berjualan dengan offline, atau mereka juga akan mencari Anda melalui layanan online jika tersedia.

Siapa Pesaing Anda?

Dalam menjalankan sebuah bisnis, tidak hanya konsumen yang Anda kenali. Anda juga harus mengenali siapa pesaing Anda. Dengan mengenali pesaing Anda, maka Anda bisa menerapkan strategi pemasaran yang lebih baik dibandingkan oleh pesaing yaitu, menentukan harga yang sesuai, dan meningkatkan kualitas produk. Berikanlah satu fitur pembeda yang tidak dimiliki oleh pesaing Anda. Sehingga Anda bisa menarik konsumen untuk lebih memilih produk yang Anda miliki.

Sudahkah Anda Memanfaatkan Teknologi Untuk Pemasaran?

menentukan strategi pemasaran

teknologi sebagai salah satu cara menentukan strategi pemasaran

Penggunaan teknologi dalam bisnis sangatlah penting. Di era internet seperti ini, para pebisnis sudah melihat peluang yang begitu besar dengan marketing online. Bahkan perusahaan besar pun akhirnya memilih penjualan online untuk bisa menjangkau konsumen lebih luas lagi.

Dengan sistem online, Anda bisa menjangkau konsumen lebih jauh lagi dan tidak mengenal batas geografis. Mungkin selama ini distributor atau reseller produk Anda tidak dapat menjangkau konsumen yang jauh dipelosok, tetapi dengan adanya internet konsumen yang berada jauh secara geografis bisa Anda jangkau. Inilah salah satu keuntungan yang bisa Anda raih dari menerapkan strategi pemasaran dengan memanfaatkan teknologi.

Sudahkah Anda Menjalin Hubungan Dengan Konsumen?

Apakah selama ini Anda hanya menjual produk, tanpa harus mengetahui siapa pelanggan Anda, apa pekerjaan dia, berapa nomor handphonenya, dan apakah dia memiliki email? Jika belum maka inilah kesalahan besar yang Anda lakukan.

Dalam marketing, mempertahankan pelanggan lama adalah hal yang sulit. Dengan era teknologi, tentunya untuk menjalin hubungan dengan konsumen akan lebih mudah. Anda bisa menggunakan email untuk menawarkan produk baru atau diskon-diskon baru yang ada, dan menjadikan email sebagai sarana untuk tetap menjalin hubungan baik dengan konsumen Anda. Sebagai pebisnis jangan pernah lupakan pelanggan Anda.

Share With:
Rate This Article