a

8 Strategi Pemasaran Online yang Membantu Anda Menjadi Jutawan

Pertumbuhan bisnis online mendorong banyaknya pelaku bisnis yang membanting stir dari offline ke online. Persaingan di dunia offline cukup ketat, dan siapa yang menguasai teknologi pun mereka akhirnya beralih kepada pemasaran online. Tidak hanya perusahaan besar, dunia online pun pada akhirnya dikuasai oleh perusahaan kecil bahkan individu-individu yang sukses menjadi jutawan. Tentunya peluang berbisnis online masih terbuka lebar hingga saat ini. Dan diperlukan strategi pemasaran online yang harus diketahui oleh para internet marketers.

Dengan banyaknya perusahaan dan individu yang berpindah haluan dari offline ke online, serta semakin banyaknya pebisnis yang melakukan usaha online. Maka penerapan bisnis online pun tidak melulu harus biasa-biasa saja. Harus ada strategi yang mumpuni agar strategi online Anda bisa mendapatkan respons yang baik dari para netizen.

Sejak bertumbuhnya pasar online di Indonesia, strategi marketing online yang diterapkan dahulu dan sekarang pun berbeda. Karena persaingan di online pun akhirnya pun cukup ketat. Terlebih, semakin banyaknya marketplace membuat saingan di pasar online pun hampir sama ketatnya dengan persaingan yang terjadi di pasar offline.

Ada beberapa tips yang harus Anda lakukan untuk memenangi pemasaran online. Jika tips ini Anda lakukan, maka Anda bisa menjadi jutawan bisnis di kancah dunia maya, meskipun bisnis yang Anda jalankan bukanlah sebuah bisnis yang besar. Tak percaya, berikut strategi pemasaran online yang bisa Anda lakukan.

Strategi Pemasaran Online yang Harus Diterapkan Para Entrepreneur

Mencari Produk Apa yang Ingin Anda Jual

Melakukan strategi pemasaran online tidak berbeda jauh dengan melakukan strategi pada bisnis offline. Anda membutuhkan riset pasar untuk mengetahui produk apa yang cocok Anda jual dan memang dibutuhkan oleh banyak orang, organisasi, maupun lembaga.

Dalam mencari produk yang ingin Anda jual, Anda juga harus bisa melihat mengenai kompetisi yang tidak begitu besar dalam dunia online. Lakukanlah semampu Anda dalam menentukan produk apa yang ingin Anda jual dan penjualan yang Anda lakukan mendapatkan banyak keuntungan.

Jika Anda saat ini sedang mencari produk yang ingin Anda jual, maka Anda bisa menjual produk Accurate Online (AOL) dengan mendaftar sebagai Accurate Digital Partner (ADP). Dengan mendaftarkan diri sebagai ADP, Anda bisa mendapatkan pendapatan minimal Rp 400 ribu dalam setiap penjualan satu buah produk.

Selain itu, hal yang tidak pernah Anda dapatkan dari penjualan produk apapun, Anda akan diajarkan bagaimana melakukan penjualan secara online dengan strategi-strategi marketing online yang diterapkan oleh para digital marketers dan mendapatkan tools marketing yang menarik, tanpa adanya uang pendaftaran sebagai agen.

Produk Harus Memiliki Prospek Jangka Panjang

Ketika Anda sudah menemukan sebuah produk, maka pastikan produk yang Anda jual bisa dibutuhkan oleh konsumen hingga jangka panjang. Misal, Anda menjual sebuah produk yang dapat dibutuhkan oleh customer dalam setiap saat dan ketika memang mereka butuhkan, produk tersebut dapat digunakan.

Jangan menjual produk yang hanya musiman, misal produk tersebut hanya laris pada saat-saat tertentu, seperti petasan, kembang api, dan terompet. Produk-produk tersebut mungkin hanya laris saat menjelang lebaran, dan saat tahun baru saja. Selebihnya produk tersebut tidak dibutuhkan oleh masyarakat. Pilihlah produk yang bisa digunakan hingga jangka panjang.

Membangun Website

Ketika Anda sudah mulai mengetahui produk apa yang akan Anda jual dan sudah mendapatkan supplier, maka sekarang waktunya Anda untuk membangun website. Buatkanlah satu website khusus untuk produk Anda. Website menjadi salah satu sarana yang bisa diterapkan dalam strategi pemasaran online pada bisnis Anda.

Dalam membangun sebuah website, usahakan website yang Anda bangun merupakan website yang mobile friendly. Karena sebagian besar pengguna internet berasal dari pengguna smartphone. Dan sebagian pengguna internet mobile adalah orang yang pada saat itu juga menentukan keputusan mereka. Jangan sampai website Anda ketika dibuka pada perangkat mobile, membutuhkan waktu lama untuk membukanya.

Membangun Konten

Salah satu strategi pemasaran online adalah membangun konten. Ketika website sudah ada, bukan berarti Anda hanya sekedar memposting gambar produk dan hanya menjelaskan keunggulan produk Anda. Konten sangat penting sebagai daya tarik terhadap produk yang Anda jual.

Dengan konten yang menarik, dan membuat orang ingin membeli produk bukan sekedar dipengaruhi oleh gambar saja, tetapi konten pun menjadi acuan orang untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

Penulisan konten pun jangan hanya sekedar menulis, tetapi didalam konten yang Anda buat harus memiliki kata-kata interaktif, menarik yang membuat pengunjung website Anda menjadi ingin membeli produk yang Anda tawarkan. Sebagian besar para digital marketer menggunakan CTA (Call To Action) agar pengunjung membeli produk mereka. Isi konten pun harus menceritakan apa yang dibutuhkan oleh konsumen dari produk yang Anda jual.

Pelajari SEO dan SEM

Saat Anda sudah memiliki website, dan membangun konten maka Anda juga harus mempelajari Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM). Keduanya memiliki peran penting untuk membangun branding produk yang Anda tawarkan dan membuat website Anda selalu berada dalam peringkat pertama halaman pencarian, ketika konsumen mengetikan keyword yang mereka butuhkan.

Sebagai pedagang online, Anda sudah wajib dan mengerti tentang SEO dan SEM sebagai salah satu strategi pemasaran online. Tanpa kedua hal tersebut maka sangat sulit mendapatkan traffic yang baik untuk website dan penjualan produk Anda. Bagi Anda yang belum mengerti mengenai SEO dan SEM, kita akan memberikan sedikit penjelasan mengenai keduanya.

SEO adalah cara alami yang dilakukan untuk meningkatkan kunjungan ke website Anda dengan mengincar kata kunci tertentu secara alami. Harus ada kata kunci, misal Anda menjual baju, maka Anda harus membuat artikel yang memiliki kata kunci berkaitan dengan baju. Misal ‘jual baju online murah’, ‘jual baju muslim Dengan Harga bersaing’, dan kata kunci lainnya yang berkaitan dengan apa yang Anda tawarkan pada website.

Jika SEO adalah salah satu cara mendapatkan pengunjung dengan alami, maka SEM adalah cara mendapatkan traffic dengan membayar terhadap kata kunci tertentu. Ini adalah salah satu cara mudah untuk meningkatkan pengunjung website dalam waktu singkat. Saat ini yang paling sering digunakan internet marketer untuk SEM adalah Google Adwords.

Memanfaatkan Sosial Media

Tak tertinggal, sosial media saat ini bukanlah tempat untuk sekedar berbagi pengalaman dan menuliskan sesuatu saja. Kini, sosial media telah menjadi sarana yang paling ampuh untuk melakukan strategi pemasaran online. Di sosial media kita bisa mendapatkan banyak pengunjung dan pembeli produk yang kita miliki. Selalu update hal-hal baru yang ada pada website Anda ke media sosial.

Tetap Menjalin Komunikasi Dengan Konsumen

Strategi Pemasaran online

menjalin hubungan dengan konsumen sebagai strategi pemasaran, sumber: www.nielsen.com

Hal yang tak boleh Anda lupakan dalam menerapkan strategi pemasaran online adalah tetap menjalin komunikasi dengan konsumen. Ketika Anda mendapatkan satu orang konsumen, maka simpanlah kontak mereka.

Baik itu alamat email, atau nomor teleponnya. Ketika Anda memiliki produk baru, maka Anda bisa langsung menawarkan produk tersebut kepada konsumen-konsumen yang telah ada, tanpa harus mencari konsumen baru.

Mengatur Keuntungan

Ketika konsumen yang Anda miliki sudah cukup banyak, dan keuntungan yang Anda peroleh sudah cukup besar. Maka Anda harus bisa bijak mengatur keuntungan tersebut. Buatlah suatu pembukuan yang baik dalam mengatur keuntungan dari bisnis yang Anda lakukan. Hindari memanfaatkan hasil keuntungan untuk melakukan hal-hal yang tidak wajar.

Untuk menjadi jutawan dalam berbisnis online diperlukan berbagai strategi pemasaran online yang tepat dan dilakukan secara konsisten. Tanpa dilakukan secara konsiten, maka bisnis online Anda tidak akan bisa berkembang, dan Anda akan gagal menjadi jutawan.

Share With:
Rate This Article