a

8 Tips Membangun Bisnis dari Pengusaha Sukses, Terapkan dan Anda Akan Sukses

Ada hal penting yang harus Anda pelajari sebelum membangun sebuah bisnis. Sebab, membangun bisnis bukanlah sekedar memiliki modal saja. Banyak pertimbangan yang harus Anda pikirkan saat ingin membangun bisnis, terkadang sesuatu yang tidak pernah Anda pertimbangkan muncul dalam bisnis yang akan Anda bangun. Ada beberapa tips membangun bisnis dari pengusaha sukses yang harus Anda terapkan.

Jika Anda mendirikan sebuah bisnis dari nol, mungkin Anda tidak akan pernah bisa membangunnya tanpa bantuan orang lain. Sebab, banyak hal yang harus Anda persiapkan untuk membangun bisnis. Semua pengusaha yang telah sukses selalu mengetahui hal tersebut, dan mereka sering membagikan tipsnya kepada pengusaha pemula.

Tips Membangun Bisnis dari Pengusaha Sukses yang Harus Ditiru

Melakukan Penelitian dan Temukan Ide Terbaik

Saat Anda memiliki ide saja, maka orang lain juga akan memiliki ide yang sama dengan Anda. Tetapi bagaimana Anda bisa memiliki sesuatu yang berbeda dari ide yang Anda miliki terhadap ide orang lain. Hal ini cukup penting untuk mengetahui tawaran apa yang bisa Anda berikan kepada pasar Anda. Inilah pesan yang sering disampaikan oleh pengusaha yang sudah sukses. Anda harus berikan suatu penawaran yang berbeda dari kompetitor kepada calon konsumen.

Membangun Organisasi yang Baik

Salah satu kunci keberhasilan dalam sebuah bisnis adalah membangun sebuah organisasi yang baik. Tanpa ada organisasi, maka akan sangat sulit menerapkan semua ide bisnis yang ada. Tanpa rencana yang jelas pada bisnis Anda, maka sangat sulit menentukan arah bisnis. Sebelum Anda menciptakan sebuah produk, maka Anda harus membangun organisasi yang baik bersama tim. Organisasi adalah salah satu tips membangun bisnis dari pengusaha sukses yang sering dilakukan.

Tanyakan Pada Diri Anda, Mengapa Anda Membangun Bisnis Ini?

Hal yang sering dilupakan oleh pengusaha sebelum mereka membangun bisnis dari pengusaha sukses adalah pertanyaan yang harus diajukan kepada diri mereka sendiri. Yaitu “Mengapa saya mendirikan bisnis ini?” pertanyaan ini sering menjadi boomerang bagi para pengusaha, sebab mereka baru bisa menjawabnya setelah melakukan bisnis berjalan. Bahkan ada pengusaha yang tidak tahu mengapa ia harus membangun sebuah bisnis.

Tips membangun bisnis dari pengusaha sukses yang sering disampaikan yakni, Anda harus bisa menjawab pertanyaan ‘Mengapa’, jangan hanya memiliki pertanyaan bahwa bisnis yang Anda bangun untuk mencari keuntungan semata. Seperti yang dikatakan oleh, Noah Krinick, Founder Solorugs.com. Anda harus memiliki fokus tujuan dalam membangun bisnis.

Siapa Konsumen Anda

Setelah Anda menjawab itu semua, Anda harus menemukan siapa konsumen Anda. Ini penting, jangan sampai Anda membangun sebuah bisnis, namun tidak memiliki konsumen yang jelas untuk bisnis Anda.

Anda harus mengetahui berapa umur, profesi, siapa, latar belakang pendidikan, dan kelas ekonomi calon-calon konsumen. Tips membangun bisnis dari pengusaha sukses ini sudah dijalankan oleh mereka, dan Anda bisa lihat meskipun produk yang mereka miliki tidak banyak diketahui orang, namun para pengusaha bisa menjual produk tersebut hingga mendapatkan konsumen yang tepat. Semua produk pasti dibutuhkan oleh orang lain, namun tugas Anda harus mencari konsumen yang tepat dan mereka butuh, baik secara individu maupun secara B2B (Bussiness to Bussiness).

Mempersiapkan Segala Sesuatu

Anda sebagai calon pebisnis harus mempersiapkan segala kebutuhan untuk bisnis yang akan Anda jalankan. Semua kebutuhan seperti tempat usaha harus Anda pikirkan, baik itu strategi pemasaran, bagaimana sistem pelayanan kepada penjual apakah online atau offline saja. Hal ini harus Anda pikirkan secara matang. Bahkan hal-hal kecil, seperti kemasan produk pun harus Anda persiapkan.

Jaringan

Para expert selalu mengatakan bahwa bisnis itu tak boleh terlepas dari jaringan, termasuk tips membangun bisnis dari pengusaha sukses. Jaringan itu penting saat akan membangun bisnis, maka Anda harus memiliki jaringan yang tepat. Jaringan ini baik jaringan kepada calon konsumen, atau jaringan terhadap pengusaha-pengusaha yang ada. Sebab, dengan bantuan jaringan ini, bisnis Anda akan berjalan dengan baik.

Temukan Mentor

Setiap usaha yang ingin Anda jalankan, sebaiknya memiliki mentor atau guru. Guru ini akan membantu dalam memberikan arahan kepada Anda untuk membangun bisnis. Tanpa adanya guru sangat sulit usaha Anda tumbuh dengan baik.

Mengapa guru penting? Para pengusaha berpengalaman selalu mengatakan ‘carilah guru terbaik dalam bisnis Anda’. Namun sering sekali pengusaha pemula mengabaikan hal ini. Tips membangun bisnis dari pengusaha sukses, temukan mentor terbaik untuk bisnis Anda.

Karena mereka yang sudah berpengalaman akan memberikan jalan terbaik untuk memberikan saran-saran penting untuk Anda. Hal penting, carilah guru yang memang sudah berpengalaman dalam menjalankan sebuah usaha, dan Anda mengetahui usaha yang ia jalankan. Sehingga Anda bisa memperoleh pengalaman darinya untuk diterapkan pada bisnis Anda, apabila cocok.

Pengelola Keuangan

Saat Anda membangun bisnis, maka Anda juga harus memikirkan bagaimana mengelola keuangan bisnis. Mungkin di era komputerisasi seperti saat ini, Anda bisa memanfaatkan komputer untuk mengelola keuangan. Mulai dari masalah pengajian karyawan, menghitung biaya operasional, mengendalikan transaksi masuk dan keluar, hingga pembuatan laporan keuangan sebaiknya dilakukan dengan komputerisasi.

Sehingga Anda akan mudah dalam mengelola keuangan usaha Anda. Anda bisa menggunakan software akuntansi Accurate Online (AOL) untuk proses akuntansi usaha Anda. Software AOL sangat mudah digunakan, serta sangat user friendly untuk berbagai jenis UMKM di Indonesia, bahkan dapat Anda gunakan untuk menghitung jumlah pajak yang harus Anda tanggung.

Tentunya dengan software akuntansi, Anda tidak perlu membayar seorang akuntan hanya sekedar membuat sebuah laporan keuangan usaha. Software akuntansi saat ini sudah bisa melakukan segala hal, mulai dari penjurnalan, pembuatan neraca, buku besar, hingga laporan laba rugi. Tips membangun bisnis dari pengusaha sukses adalah mempersiapkan software akuntansi untuk kegiatan akuntansi usaha Anda, agar Anda tidak merasa jengkel dengan tumpukan kertas karena banyaknya kesalahan dalam penghitungan keuangan usaha.

Share With:
Rate This Article