Solusiukm
Bisnis

8 Trik Melakukan Presentasi yang Efektif. Dijamin Bikin Lancar Bisnis!

Dalam dunia profesional, tentu cara berkomunikasi merupakan salah satu hal yang krusial. Skill atau kemampuan komunikasi sangat memegang peranan penting agar tujuan bisnis atau karir kalian dapat terlaksana. Sering terjadi saat dalam berkomunikasi, berbagai jenis masalah muncul secara terus – menerus. Bahkan, masalah komunikasi meskipun terlihat sepele sering menjadi penghalang tujuan keberhasilan bisnis. Masalah komunikasi memang sering diremehkan oleh banyak orang, termasuk pada dunia profesional dan juga dunia bisnis.

Salah satu masalah komunikasi yang juga sering terjadi pada dunia profesional adalah saat melakukan presentasi. Tentu semua pekerja profesional, baik pada pekerjaan karyawan maupun pelaku bisnis, pasti membutuhkan presentasi. Dalam melakukan presentasi, tentu membutuhkan langkah – langkah yang efektif. Mengapa? Karena dengan melakukan presentasi yang efektif, tentu tujuan – tujuan bisnis dan profesional kalian dapat lebih tercapai dan disetujui oleh pihak – pihak lainnya.

Lalu, apa saja yang menjadi trik melakukan presentasi yang efektif? Simak penjabaran dari tim Solusi UKM mengenai trik melakukan presentasi yang efektif di bawah ini, yuk!

Slide dan tulisan jangan banyak – banyak, ya!

Bagian pertama agar trik melakukan presentasi yang efektif, adalah slide dan tulisan yang dibatasi. Hal ini memiliki arti bahwa dalam membuat jumlah slide jangan dengan nominal banyak. Dengan minimnya slide yang kalian buat, trik melakukan presentasi yang efektif akan lebih tersampaikan. Sedikitnya slide dan kalimat atau kata juga bisa membuat pendengar atau peserta lain bisa lebih berfokus pada penjelasan kalian. Tentunya, yang ditulis pada slide tersebut adalah bagian – bagian inti dari penjelasan yang akan kalian sampaikan. Dengan menyebut inti kalimat, kalian bisa berfokus pada penjelasan yang bisa kalian sampaikan. Begitu juga dengan jumlah kalimat yang ditulis pada slide presentasi. Usahakan dalam menulis kalimat pada slide sesingkat mungkin dan sejelas mungkin. HIndari menulis kalimat poanjang dan bertele – tele sehingga akan membosankan bagi peserta yang lain. Dengan slide dan tulisan kalimat yang singkat, kalian bisa membuat trik melakukan presentasi yang efektif dan sesuai dengan tujuan.

Teks terfokus pada tulisan

Yang kedua, trik melakukan presentasi yang efektif adalah memiliki teks yang terfokus pada poin penjelasan. Hindari menggunakan teks – teks yang tidak perlu dan tidak menjelaskan apa maksud dari poin yang ingin disampaikan. Dengan teks yang fokus pada tulisan dan maksud penjelasan, kalian bisa membuat trik melakukan presentasi yang efektif menjadi lancar.

Font sederhana, namun sesuai topik

Yang selanjutnya, sebagai bahan dari trik melakukan presentasi yang efektif, adalah memperhatikan jenis font. Dalam memilih font, merupakan salah satu hal yang penting untuk trik melakukan presentasi yang efektif. Dalam presentasi, tentunya meskipun dalam tema yang tidak formal atau formal, pilih jenis font yang sederhana dan tidak rumit. Tentunya banyak sekali jensi – jenis font yang tersedia agar trik melakukan presentasi yang efektif bisa lebih tercapai. HIndari gunakan font – font yang rumit bergaya gothic, bergaya terlalu feminim dengan hiasan – hiasan rumit. Salah memilih jenis font akan membuat kalian tidak terlihat profesional dan membuat trik melakukan presentasi yang efektif menjadi gagal.

Masukkan juga data grafik agar menunjang data

Dalam menjalankan trik melakukan presentasi yang efektif, memasukka data juga menjadi faktor penting. Kalian bisa memasukkan data seperti grafis pada slide kalian. Grafis bisa membuat presentasi menjadi meyakinkan sehingga trik melakukan presentasi yang efektif dapat tercapai. Penyajian data grafis tentu akan lebih memudahkan peserta yang lain dalam melakukan pengecekan slide yang kalian buat. Buat grafis kalian dengan warna yang mencolok dan menarik sehingga audiens dapat melihat dengan jelas ya, Sobat UKM!

Masukkan foto atau gambar sebagai ilustrasi

Bagian ketiga dalam trik melakukan presentasi yang efektif, adalah memasukkan foto atau gambar. Foto atau gambar bisa kalian pilih dengan pertimbangan sebegai contoh dari penjelasan yang kalian buat. Dengan penjelasan yang kalian buat, trik melakukan presentasi yang efektif berupa foto dan gambar akan terlihat lebih ‘fresh’ dan menarik bagi para pembaca sekalian. Jika kalian membuat slide namun penuh berisi tulisan, besar kemungkinan peserta lain akan merasa bosan. Selain itu, dengan tidak memasukkan gambar, slide kalian akan terkesan kaku. Pilih gambar – gambar yang memang berkualitas baik agar trik melakukan presentasi yang efektif bisa semakin baik.

Pilih bahasa yang resmi namun tetap ‘fun’

Selanjutnya, trik melakukan presentasi yang efektif, adalah dalah dalam pemilihan bahasa. Dengan memilih bahasa yang serius dan formal, slide dan presentasi kalian akan terlihat valid dan tetap meyakinkan. Dengan memilih bahasa yang resmi, kalian juga menghargai para peserta – peserta presentasi yang lainnya. Jangan gunakan bahasa gaul dan tidak formal karena tentu akan merusak trik melakukan presentasi yang efektif.

Jelaskan dengan kata dan intonasi yang jelas, tidak berbelit – belit

Lalu, agar trik melakukan presentasi yang efektif, yang paling penting adalah saat menjelaskan. Hindari gunakan penjelasan yang berbelit – belit dan rumit, ya! Perjelas suara kalian dalam menjelaskan. Gunakan intonasi yang tegas. Intonasi suara yang tegas saat menjelaskan tentu bisa membuat trik melakukan presentasi yang efektif cepat tercapai. Di luar sana banyak sekali orang – orang yang menjelaskan presentasi dengan nada lemah, suara kecil dan malu – malu. Dengan suara lemah dalam menjelaskan presentasi, tentu membuat peserta lain ragu pada kualitas yang akan kalian paparkan. Tentu dengan suara lemah, bisa membuat trik melakukan presentasi yang efektif gagal terpenuhi.

Gunakan warna latar dan warna huruf yang memang terbaca dengan jelas

Yang terakhir, dalam trik melakukan presentasi yang efektif, adalah menggunakan warna yang baik. Warna yang baik tentu membuat tulisan menjadi menarik, dan bisa dibaca dengan jelas. Pemilihan warna merupakan faktor yang mudah namun sekaligus tricky. Terkadang warna terlihat menarik, namun peserta mengalami kesulitan dalam membaca slide dari presentasi kalian. Jadi, jangan lupa untuk mempertimbangkan faktor menarik namun tetap jelas saat dibaca, agar trik melakukan presentasi yang efektif bisa terlaksana.

Artikel Terkait

Omzet Ratusan Juta; Kelar Covid, Yuk Coba Bisnis Jasa Titip!

marsha

Pengaruh Vaksin Indonesia Terhadap Perkembangan Bisnis

marsha

Bisnis McD Tertua di Indoenesia, cabang Sarinah Tutup. Kenapa ya?

marsha