a

9 Peluang Bisnis Online yang Tak Lekang Waktu

Saat ini banyak orang yang merasa sulit dalam mencari pekerjaan. Padahal seiring dengan meningkatnya pengguna internet di dunia, begitupun di Indonesia bisa menjadi ladang penghasilan yang bisa kamu lakukan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis online, bahkan bisnis yang satu ini bisa kamu lakukan di rumah.

Mungkin kamu pernah mendengar teman, tetangga, atau kerabat yang telah sukses meraih kesuksesan dalam melakukan bisnis secara online. Walaupun mereka terlihat tidak bekerja, tetapi mereka memiliki penghasilan yang cukup besar bukan?

Setelah mengetahui keadaan mereka, pantaskah kamu hanya tetap berdiam diri? Mengapa kamu tidak mengikuti jejak-jejak mereka, agar virus sukses dari berbisnis daring tersebut dapat kamu dapatkan.

Kita akan memberikan kepada kamu, peluang bisnis apa saja yang bisa kamu lakukan secara daring. Bahkan kamu bisa menentukan jam kerja semau kamu, dan kamu tidak perlu terikat dengan jam kerja kantor yang melelahkan.

Jenis Bisnis Online yang Bisa Kamu Lakukan

Membuka Jasa Pembuatan website

Bisnis yang satu ini masih jarang dilakukan, tetapi banyak yang cari lho. Jika kamu memiliki keahlian dalam membuat sebuah website, kamu bisa membuka jasa pembuatan website secara online. Kamu tak perlu mempelajari text-text programer untuk membuat sebuah website. Apa lagi jika kamu merupakan lulusan IT, kamu wajib melirik bisnis yang satu ini.

Karena banyak klien yang hanya butuh dengan website yang platformnya gratis seperti Blogger dan WordPress. Ketika kamu sudah menguasainya, dijamin kamu pasti akan memiliki banyak orderan dari orang-orang yang membutuhkan jasa pembuatan website milikmu.

Kamu juga bisa menawarkan jasa kamu melalui situs-situs freelance seperti Freelancer.com untuk mendapatkan klien-klien dunia, ataupun situs lokal seperti Sribulancer.com. Kamu bisa memulai bisnis online kamu ini hanya dari dalam kamar kamu.

Menjadi Freelance Content Writer/ Penulis Blog

Selain jasa pembuatan website, kini banyak individu ataupun instansi yang mencari penulis-penulis freelance untuk mengisi blog mereka. Kamu yang memiliki hobi menulis bisa mencoba mencari lowongan-lowongan ini. Terlebih bagi kalian lulusan komunikasi, peluang ini wajib kalian ambil sebagai cara memulai sebuah bisnis online dan memperoleh penghasilan.

Berjualan Online

Mungkin berjualan online sudah menjadi banyak pilihan orang-orang yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Kamu yang sedang menganggur, atau memiliki cukup waktu maka sangat dianjurkan untuk memulai berjualan online untuk menambah uang tabungan kamu.

Barangnya dari mana? Kalo soal ini kamu jangan terlalu berpikir keras, kamu bisa berjualan dari barang-barang yang bisa kamu beli di pasaran. Jika kamu ingin menjual pakaian, maka kamu bisa datang langsung ke Bandung atau ke Pasar Tanah Abang untuk berburu barang-barang yang ingin kamu jual di situs online marketplace yang kini sudah cukup banyak.

Bisnis online dengan berjualan sudah cukup digemari oleh banyak orang lho. Sudah banyak juga yang sukses berkat melakukan berbisnis secara online. Kamu ingin mencobanya? Segeralah mencoba, kalau tidak sekarang, kapan lagi. Apa lagi sudah banyak situs-situs yang menyediakan tempat untuk berjualan untuk siapapun, seperti Bukalapak.com, Tokopedia.com, OLX.com, dan situs-situs lainnya.

Dropshipper

Saat ini sudah banyak orang-orang yang tidak ingin memiliki resiko dalam berjualan, maka mereka akan memilih berbisnis dengan sistem dropshipper. Dropshipper adalah satu cara menjual produk orang lain, tanpa harus menstok produk tersebut.

Kamu hanya memerlukan foto-foto produk, tanpa harus menyimpan produk tersebut di rumah. Ketika ada yang memesan produk tersebut, maka kamu cukup menghubungi supplier untuk mengirimkan produk pesanan ke pembeli. Gampangkan?

Menjadi Blogger

Apabila kamu tidak mau memiliki ikatan dengan seseorang atau instansi dalam berbisnis online, maka kamu bisa menjadi blogger. Blogger juga di bayar lho, banyak orang-orang yang hobi menulis dan blog mereka memiliki cukup banyak pengunjung. Dari pengunjung itulah mereka menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Caranya pun cukup mudah, kamu hanya cukup menuliskan sesuatu pada blog kamu. Tentunya membuat sebuah tulisan yang menarik, dibutuhkan oleh pembaca, dan tulisan tersebut memberikan informasi yang akurat untuk disampaikan menjadi kunci keberhasilan kamu meraih uang dari blog. Ketika pengunjung semakin banyak, maka kamu bisa menghasilkan uang.

Makelar Online

Sekarang seorang makelar saja sudah bisa online. Makelar online merupakan salah satu cara bisnis online yang mudah dilakukan. Kamu bisa melakukannya tanpa terikat dengan waktu, contohnya menjadi makelar properti. Kamu cukup membantu penjual menjualkan produknya melalui website yang sudah tersedia.

Ketika sudah ada pembeli, maka kamu pun akan mendapatkan hasil yang cukup besar dari membantu penjual bertemu dengan pembelinya. Memang menjadi seorang makelar online bukanlah hal yang mudah, terlebih bagi kamu yang baru mencoba. Hal terpenting ketika kamu melakukan bisnis darling dengan menjadi makelar, kamu harus bersabar untuk mendapatkan pembeli yang cocok dan tepat.

Affiliate

Di era digital seperti saat ini, model bisnis affiliate menjadi satu cara bisnis online yang paling dicari. Bagaimana tidak, kamu bisa mendapatkan uang yang cukup besar dari bonus penjualan tanpa harus memproduksi barang. Menjadi seorang affiliater, kamu tidak memerlukan produk bikinan sendiri. Kamu bisa menjual sebuah produk milik orang lain, umumnya produk yang dijual merupakan produk digital.

Sebenarnya affiliate sama dengan sales. Tetapi model dan cara penjualannya berbeda. Kamu tidak perlu melakukan penjualan secara face to face ataupun berjualan dengan cara door to door. Karena ini berkaitan dengan bisnis online, maka cara penjualan yang kamu lakukan pun cukup dilakukan di depan komputer dan melakukan berbagai teknik digital marketing.

Salah satu cara untuk menjadi Affiliater kamu bisa bergabung dengan ADP. Apa itu ADP? ADP adalah akronim dari Accurate Digital Partner. Kamu cukup menjadi seorang reseller dari produk Accurate dengan fee yang cukup besar. Kamu tak perlu takut tidak bisa menjual produk, karena tim ADP akan selalu membantu kamu dalam proses penjualan. Kamu akan diberikan tools marketing keren, informatif, serta kamu akan mendapatkan tools yang mobile friendly.

Siapa saja yang bisa bergabung dengan ADP? Semua orang bisa bergabung, termasuk kamu yang masih duduk di bangku kuliah, kamu bisa mendaftar sebagai ADP dan nikmati fee yang cukup besar dari penjualan yang kamu lakukan.

Ketika kamu bergabung, maka kamu akan diberikan pelatihan bagaimana melakukan direct sales maupun melakukan penjualan secara online melalui blog, dan situs lainnya. Tertarik mencobanya? Langsung saja kunjungi ADP di SolusiUKM.com.

Design Grafis

Kamu memiliki kemampuan desain grafis? Bersyukurlah, karena kamu dapat menjual karya-karya kamu secara online. Karya-karya desain grafis kini sedang banyak dicari. Kamu bisa langsung bergabung di website Sribulancer.com, Fiver.com, dan Freelancer.com yang menyediakan jasa desain grafis dari orang-orang yang membutuhkan. Bisnis darling ini akan membantu kamu dalam berbisnis tanpa modal, dan kamu bisa mendapatkan klien dari luar negeri.

Menjadi Vlogger

Tidak hanya menjadi seorang blogger, kamu pun bisa menjadi seorang vlogger. Sudah banyak orang-orang yang memanfaatkan kanal youtube dan mendapatkan uang. Meskipun pada awalnya mereka melakukan vlog hanya untuk memuaskan hobi. Namun siapa sangka, hobi mereka bisa menghasilkan uang.

Contohnya saja Piewdiepie yang pada tahun 2013 memiliki penghasilan 4 juta dollar hanya dari Youtube. Waw besar bukan? Tertarikkah kamu melakukan hal tersebut? Jika kamu tertarik, maka mulailah dari saat ini. Tunggu apa lagi?

Itulah beberapa jenis bisnis online yang bisa kamu lakukan. Hal terpenting dalam memulai sebuah bisnis adalah berani untuk mencoba. Kamu harus melakukan beberapa tips berikut ini agar bisnis darling kamu bisa sukses dan kamu mendapatkan penghasilan tambahan yang cukup besar, lumayan kan buat ngelamar si dia… ekh.

Tips Berbisnis Online

Lakukanlah dengan Sungguh-Sungguh

Ketika kamu ingin membangun sebuah bisnis darling, maka lakukanlah dengan sungguh-sungguh. Meskipun bisnis darling yang kamu jalankan hanya sebuah sampingan. Tetapi usahakanlah kamu menjalankannya dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai, kamu menyia-nyiakan kesempatan berbisnis darling.

Meskipun pada awalnya kamu hanya menjualkan produk orang lain, bisa jadi dua tiga tahun kemudian kamu bisa menjual produk milik kamu sendiri. Selama kamu masih menjual produk orang lain, maka jadikanlah itu satu cara untuk mengumpulkan sebuah aset.

Tentukan Target

Meskipun kamu berjualan online dan bisa diakses oleh siapa saja, bukan berarti kamu berjualan tanpa target. Kamu tetap harus berjualan dengan target. Misal, kamu menjual sebuah produk tas. Tas apa yang kamu jual? Apakah tas untuk perempuan ataukah tas untuk laki-laki. Jika jenis kelaminnya sudah diketahui, sekarang tentukan tas yang akan kamu jual adalah tas untuk usia berapa.

Berikan Foto Terbaik

Kesan pertama seorang akan membeli sebuah produk secara online adalah gambar yang baik. Untuk itu, berikanlah gambar terbaik untuk produk yang kamu jual. Foto merupakan salah satu kunci terbaik untuk mendapatkan konsumen baru dalam setiap bisnis online yang sedang kamu jalankan.

Demikianlah informasi peluang dan tips dalam memulai bisnis online dengan mudah. Temukanlah bisnis yang kamu sukai, agar kamu bisa menjalankannya dengan sunguh-sunguh. Selamat mencoba.

Share With:
Rate This Article