Solusiukm
Bisnis

Acuan Bisnis Ramadhan 2020 Saat Musim Corona! (Part 1)

Saat seluruh dunia mengalami serangan virus pandemi Covid – 19 Corona, sangat banyak masyarakat di negara – negara seluruh dunia kehilangan lara untung yang biasa mereka dapat, tapi saat pandemi menyerang, pundi – pundi Rupiah tersebut menurun drastis, bahkan hingga 0 %. Pada situasi terburuk, banyak juga pekerja – pekerja yang mendapat pemutusan hubungan kerja atau biasa disebut dengan PHK.

Mayoritas kasus – kasus yang berdampak pada pandemi tersebut adalah kasus – kasus seperti pemotongan gaji, unpaid leave alias di letakkan pada rumah namun tidak digaji alias dirumahkan, hingga eksekusi terburuk yaitu pemutusan hubungan kerja atau biasa disingkat PHK.

Dengan situasi krisis yang serba mendadak terjadi seperti ini, tentu faktor ekonomi masyarakat akan terkena dampak secara langsungnya. Maka dari itu, untuk menyambung hidup, saat ini kalian yang terdampak pemasukannya sangat perlu untuk memutar otak dan kretifitas agar pemasukan tetap ada dan hidup bisa berjalan.

Terlebih lagi saat ini sedang memasuki masa Ramadhan, yang biasanya momen ini justru memiliki peluang – peluang emas tersendiri karena berpotensi mendapatkan pemasukan yang besar. Namun situasi kali ini bisnis Ramadhan 2020 kali ini akan berbeda dengan adanya Covid – 19 Corona.

Atas dasar masalah ini lah, tim Solusi UKM akan memberikan daftar – daftar dan juga penjelasan mengenai apa saja opsi bisnis yang bisa kalian lakukan secara optimal, agar pemasukan tetap masuk.  Berikut daftar bisnis Ramadhan 2020 yang bisa kalian kerjakan selama masa pandemi:

Frozen Food makanan siap saji

Pilihan untuk bisnis Ramadhan 2020 yang pertama adalah bisnis frozen food. Makanan siap saji beku tersebut memang pada umumnya sudah biasa kalian jumpai. Namun, pada masa pandemi Covid – 19 Corona ini, permintaan bisnis Ramadhan 2020 berjenis  frozen food kali ini jauh meningkat.

Saat pandemi Covid – 19 Corona terjadi, pemerintah yang tidak hanya di Indonesia, bahkan seluruh dunia, memberikan arahan keras untuk tetap tinggal di rumah. Yang mana tinggal di rumah tersebut termasuk bekerja di rumah, dan sekolah di rumah. Dengan peraturan tersebut, gerak untuk keluar rumah masih diperbolehkan namun tentu akan diminimalisir. Pilihan makan keluarga yaitu frozen food (dan tentunya sebagai bisnis Ramadhan 2020 kalian) tentunya menjadi pilihan terbaik. Berikut merupakan daftar frozen food yang biasa dijual sebagai bisnis Ramadhan 2020:

  • Chicken Nugget
  • Egg Roll
  • Otak – otak
  • Dim Sum
  • Tahu Bakso
  • Risoles (beraneka jenis isian)
  • Pisang Cokelat Lumer
  • Tape Cokelat Lumer
  • Cireng
  • Donat Kentang
  • Singkong Goreng
  • Kebab
  • dll

Kue Kering Ramadhan

Bisnis Ramadhan 2020 yang selanjutnya adalah usaha kue kering. Kue – kue kering memang sangat idientik dengan Ramadhan, bahkan hari raya Idul Fitri pun, kue kering menjadi salah satu sajian khas sanak saudara yang merayakan hari raya Idul Fitri.

Dengan menjual kue kering untuk bisnis Ramadhan 2020 kalian, tentunya bisa menjadi opsi terbaik karena kue kering masuk ke kategori makanan. Meskipun berkunjung dan mudik ke rumah sanak saudara tidak diperbolehkan, maka perayaan hari raya Idul Fitri akan dirayakan di rumah masing – masing. Tentu saja, semarak hari raya Idul Fitri masih akan terasa saat sajian kue kering dihadirkan.

Bisnis ramadhan 2020 kue kering ini akan tetap diminati meskipun dalam masa karantina mandiri pandemi Covid – 19 Corona. Tentu juga masyarakat yang ada di rumah akan merasa bosan sehingga membutuhkan variasi makanan dan cemilan. Saat – saat seperti itu lah makanan variasi seperi kue kering akan diminati, sehingga akan mendatangkan untung sebagai bisnis ramadhan 2020. Kue kering yang biasa diminati adalah Kastengels, Putri Salju, Nastar, dan lain – lainnya.

Makanan Home Cooking Siap Masak

Jenis bisnis ramadhan 2020 yang selanjutnya adalah menjual makanan – makanan home cooking alias makanan rumahan, namun dengan konsep siap masak. Tentu saat bulan puasa, waktu atau periode yang dinanti – nanti adalah saat berbuka puasa bersama keluarga di rumah. Terkadang karena kesibukan di rumah, keluarga atau biasanya ibu butuh memasak makanan berat yang serius namun juga mudah, cepat dan tentunya harus lezat.

Dengan kriteria seperti di atas tersebut, maka dari itu dibutuhkan bisnis ramadhan 2020 yang menjual makanan rumahan atau lauk pauk yang siap masak. Masakan – masakan tersebut dapat berupa ayam yang telah dimarinasi atau diberi bumbu rendaman, sehingga pembeli tinggal membakar ataua menggoreng ayam tersebut. Atau bisa jadi seperti daging bumbu balado, sehingga konsumen tinggal menumis atau bahkan memanaskan ulang makanan tersebut.

Dengan menjalankan bisnis ramadhan 2020 jenis home cooking alias masakan rumahan siap saji, besar kemungkinan bisnis ini akan laris manis diminati konsumen, karena tidak mungkin masyarakat berpuasa akan makan makanan buka puasa yang itu – itu saja sehingga peluang bisnis tersebut yang bisa kalian manfaatkan. Selain itu juga layanan pesan antar melalui ojek online instant sehari sampai bahkan hanya beberapa jam dapat semakin memudahkan bisnis ramadhan 2020 makanan siap masak milik kalian.

Jangan lupa cek artikel selanjutnya untuk tahu bisnis ramadhan 2020 bagian selanjutnya, ya! Oh iya,cek juga membership untuk bisa dapet panduan bisnis UKM paling lengkap, GRATIS!

Artikel Terkait

5 Perilaku Belanja Online Masyarakat yang Harus Diketahui Pengusaha Online

marsha

Haram Bagi UKM Jika Belum Merambah Digital

admin

Mau Mulai Bisnis? Bisakah Anda Menjawab 5 Pertanyaan Tentang Uang Berikut Ini?

marsha