a

Acuan Bisnis Ramadhan 2020 Saat Musim Corona! Part 2

Kalian pasti sudah membaca artikel sebelumnya ‘Acuan Bisnis Ramadhan 2020 Saat Musim Corona Part 1’.  Jika belum, lebih baik kalian perlu membaca tulisan ‘Acuan Bisnis Ramadhan 2020 Saat Musim Corona Part 1′ karena artikel ini adalah lanjutan dari tulisan sebelumnya.

Artikel ini dibuat dengan landasan bisnis Ramadhan 2020 yang perlu diulas lebih dalam. Kalian tentu paham mengapa bisnis ramadhan perlu diangkat sebagai topik lebih spesifik, bukan? Ya, pandemi dari Covid – 19 Corona membuat pergeseran pola pada bisnis ramadhan 2020 saai ini.

Serangan virus pandemi yang datang secara bertubi – tubi ini memang datang secara tiba – tiba sehingga efek yang dihasilkan juga mendadak sehingga banyak masyarakat yang belum mempersiapkan apa – apa untuk menanggulangi krisis ekonomi ini. Yang membuat berbeda bisnis ramadhan 2020 dibandingkan dengan bisnis – bisnis lainnya, adalah soal pola pergeseran daya beli masyarakat atau konsumen, dan juga produk – produk apa saja yang sebaiknya dijual. Sebagai salah satu contoh, produk yang sebaiknya dihindari untuk dijual adalah produk – produk fesyen, karena produk – produk fesyen selama masa Covid – 19 Corona tersebut mengalami penurunan yang sangat buruk.

Banyak produk fesyen yang anjlok saat corona, terlebih saat bisnis ramadhan 2020 harus dimulai. Maka dari itu, penting untuk kalian pelaku usaha bisnis kecil Indonesia memgerti bagaimana medan perang saat ini.

Untuk itu, tim Solusi UKM rangkumkan apa saja bisnis ramadhan 2020 yang dirasa akan lebih bijak untuk dijalankan:

Berjualan jamu kesehatan, namun kemasan harus kekinian!

Salah satu bisnis 2020 yang dapat dijalankan kalian sebagai pelaku bisnis yang mencari ide usaha, adalah dengan menjual jamu kesehatan. Namun, jangan asal menjual jamu kesehatan aja yaaa, Sobat UKM! Jamu yang dijual harus dengan kemasan modern alias bahasa zaman now adalah kekinian.

Kemasan yang kekinian dan modern, diyakini dapat menarik untuk target – target market anak muda sehingga jamu yang dulunya idientik dengan orang tua, jadul, kuno, kini bisa menjangkau anak – anak muda. Sederhana, ya?

Terlebih lagi pada masa pandemi Covid – 19 Corona seperti saat ini, menjadikan jamu sebagai bisnis ramadhan 2020 adalah sebuah langkah cerdik untuk dikerjakan. Hal ini dikarenakan virus pandemi Covid – 19 Corona yang menyerang pada sistem kesehatan dan imunitas yang dimiliki manusia. Lemahnya daya tahan tubuh manusia menyebabkan virus Covid – 19 Corona mudah menyerang tubuh. Dengan alasan dan fakta – fakta tersebut, manusia sangat perlu membuat tubuh dalam kondisi prima dan sehat secara terus – menerus, yang mana salah satu cara yang telah terbukti dari jaman dahulu adalah dengan meminum ramuan tradisional jamu.

Berjualan masker kain

Bisnis ramadhan 2020 yang nomer dua bisa kalian kerjakan, adalah dnegan berjualan masker kain. Hal ini dilakukan mengingat peraturan pemerintah dunia, termasuk Indonesia untuk berkewajiban memakai masker kain. Tentunya, himbauan pemerintah ini dapat dijadikan peluang emas bisnis ramadhan 2020, bukan? Berbisnis masker kain sangat bisa jadi solusi yang sangat oke untuk kalian yang ingin menambah pemasukan dengan berbisnis, atau bagi kalian yang sebelumnya telah memiliki bisnis akan tetapi usaha tersebut sedang tidak diminati pasar.

Faktor – faktor lain yang membuat masker kain menjadi salah satu bisnis terbaik ramadhan 2020, adalah permintaan pasar dan pemesanan terhadap masker kain tentu sangat tinggi. Selain itu juga, karena harga yang dipatok pada masker kain cenderung sangat terjangkau. Selain itu juga masker kain yang bisa digunakan berkali – kali dengan mencucinya, membuat masker kain akan banyak dicari oleh pasar.

Masker kain sebagai bisnis ramadhan 2020 juga lebih baik dibanding berjualan dengan masker medis. Karena diharapkan, masker medis hanya digunakan mereka yang memang menjalani pekerjaan atau berprofesi sebagai petugas medis. Selain itu, masker kain yang bisa digunakan berkali – kali sangat bertolak belakang dengan fungsi masker medis yang penggunaannya dipakai satu kali saja. Kita semua paham bahwa menghemat pengeluaran dapat menjadi hal yang krusial saat pandemi Covid – 19 Corona menerjang.

Jasa ke Pasar

Ide bisnis ramadhan 2020 selanjutnya, adalah dengan menjajakan jasa ke pasar untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Konsumen yang dimaksud bisa diawali dengan tetangga – tetangga terlebih dahulu. Kalian bisa menjajakan bisnis ramadhan 2020 dengan pergi ke pasar membelikan mereka – mereka (tetangga) makanan – makanan mentah seperti ayam, daging atau tahu, tempe, dan juga bumbu – bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih, bawang bombay, dan lain – lainnya.

Usahakan sekali ke pasar, kalian sudah membawa pesanan dalam jumlah besar, ya! Agar ongkos kalian pergi ke pasar dapat diminimalisir dengan sekali jalan bisa memenuhi kebutuhan konsumen. Bisnis jasa ke pasar sebagai bisnis ramdhan 2020 tentu akan disambut baik karena larangan pemerintah untuk keluar rumah sering menjadikan masyarakat meminimalisir kebutuhan keluar rumah.

Namun, perlu kalian ingat, pastikan kalian juga dalam keadaan sehat, dan aman saat menuju pasar, ya! Gunakan masker tebal, topi, kaca mata bening untuk proteksi tubuh. Jangan lupa juga celana panjang, dan sepatu karet yang bisa langsung dicuci selepas dari pasar. Bawa selalu semprotan disinfektan agar kalian lebih aman. Jangan lupa juga untuk tidak asal memegang barang umum saat berada di pasar dan jika sudah selesai membeli pesanan – pesanan tersebut, ada baikknya kalian untuk langsung pulang.

0 0 vote
Article Rating
Share With:
Rate This Article
guest
1 Comment
Inline Feedbacks
View all comments
trackback
Ramadan 2020 Inflasi Kisut. Salah Corona? - Solusiukm
May 5, 2020 15:01

[…] sebuah berita mengejutkan. Berita mengejutkan tersebut berupa fakta mengagetkan pada durasi Ramadan 2020 seperti saat ini, yaitu inflasi yang tidak mengalami […]

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x