a

Amerika Kerusuhan, Kafe Indonesia ‘Dua Coffee’ Kena Sasaran!

Photo Source: Detik.com

Tahukah kalian bahwa di tengah melandanya pandemi virus Covid – 19 Corona ini, di negara Amerika Serikat justru terjadi kerusuhan dan demo protes besar – besaran? Hal ini dimula dari kematian seorang pria berkulit hitam bernama George Floyd pada tanggal 25 Mei 2020 yang disebabkan oleh empat orang kepolisian negara Amerika Serikat. Tentunya aksi pembunuhan warga sipil berkulit hitam George Floyd ini membuat geram seluruh warga lain, terlebih negara Amerika Serikat yang sebelumnya memiliki masalah besar dan berakar terkait isu ras ini.

Kerusuhan demonstrasi massa pun terjadi di semua bagian dari negara Amerika Serikat, yang tentunya disebabkan oleh kematian warga sipil yang tidak bersalah George Floyd. Amukan massa tersebut, semakin hari semakin besar. Hal tersebut disebabkan karena pihak pemerintah dan kepolisian yang ikut agresif dalam penyerangan balik pada warga sipil demonstran yang melakukan aksi massa dan protes atas kematian dari George Floyd.

Photo Source: Detik, Kompas

Tentunya huru – hara tersebut berimbas pada restoran – restoran, kafe, atau kedai minuman yang ada di Amerika Serikat, terutama pada sudut – sudut urban perkotaan. Salah satu bisnis yang terkena imbas amukan massa, adalah bisnis milik orang Indonesia. Bisnis tersebut berupa kafe yang diberi nama Dua Coffee tereletak di Washington DC, ibu kota dari negara Amerika Serikat.

Dua Coffee Washington DC tersebut tidak luput dari amuk massa, terutama karena lokasinya yang memang berada pada pusat kota urban Amerika Serikat, yaitu Washington DC. Kerusakan yang terjadi pada kafe Dua Coffee Washington DC milik pebisnis Indonesia tersebut berimbas pada pecahnya kaca – kaca pada bagian depan Dua Coffee Washington DC tersebut. Dengan terjadinya kerusakan tersebut, praktis Dua Coffee Washington DC tersebut mengalami kerugian. Namun, meskipun kerusakan terjadi pada Dua Cofffee Washington DC tersebut, beruntung massa tidak melakukan pencurian, perampokan, dan penjarahan terhadap isi dari dari Dua Coffee Washington DC tersebut.

Bisnis asal Indonesia yang sudah internasional tersebut dimiliki oleh empat orang Warga Negara Indonesia tersebut cukup menggemparkan. Salah satu pemilik dari Dua Coffee Washington DC tersebut yang bernama Karim Prawiranegara kaget saat bisnisnya ikut menjadi bulan – bulanan amukan dari massa protestan. Ia dan pemilik – pemilik lain dari Dua Coffee cabang Washington DC menjelaskan bahwa mereka mengetahui kejadian ini pertama kali melalui kehebohan berita TV internasional Amerika Serikat, yaitu Fox News. Sebuah live report dari Fox News tersebut yang berlokasi di 15th Street tersebut langsung membuat pemilik dari Dua Coffee Washington DC tersentak kaget.

Photo Source: Detik.com

Ia menambahkan bahwa berita tersebut diliput secara siaran langsung live report dari tempat kejadian karena terjadinya kerusuhan dan kehebohan yang dilakukan oleh demonstran massa yang memprotes kematian dari warga sipil George Floyd. Pada liputan siaran langsung tersebut, terlihat pada telivisi bahwa massa sedang mengamuk dan merusak properti – properti yang ada pada lokasi kota Washington DC tersebut. Tentunya, yang masuk dalam sasaran kemarahan demonstran adalah Dua Coffee Washington DC, sebuah bisnis yang didirikan oleh pelaku usaha asal Indonesia. Terlihat pada tayangan tersebut, massa juga melakukan penjarahan pada toko – toko yang berlokasi pada area tersebut. Untungnya, Dua Coffee Washington DC tidak sampai dijarah massa sehingga hanya perusakan yang terjadi pada kaca bagian depan cafe tersebut.

Demonstrasi untuk memprotes kematian George Floyd karena isu rasisme tersebut terjadi secara intens dan masif, dimulai dari siang hari bahkan hingga pagi dini hari. Kerusakan pada Dua Coffee Washington DC tersebut terjadi pada pukul 11 malam waktu setempat Amerika Serikat, kota Washington DC. Untungnya, pukul 4 sore, Dua Coffee Washington DC sudah menutup operasional hari itu sehingga tidak ada korban jiwa yang harus terkena dampak dari demonstrasi tersebut.

Kaca yang pecah dari kafe Dua Coffee Washington DC tersebut, untungnya mereka telah menerapkan pemasangan kaca double wall. Hal itu berarti, mereka memasang dua buah kaca pada Dua Coffee Washington DC , kaca bagian depan dan kaca bagian belakang yang lebih kuat sehingga hanya bisa hancur jika menggunakan alat – alat berat yang sengaja diarahkan dengan tenaga pada bangunan kaca tersebut. Mereka pada mulanya tidak berekspektasi apa – apa saat memasang pengaman double wall tersebut, namun, ternyata, mereka baru menyadari pentingnya mengutamakan keamanan dan kekuatan pada benda – benda yang ada pada restoran atau kafe Dua Coffee Washingotn DC tersebut.

Dengan kehebohan yang terjadi pada Dua Coffee cabang Washington DC tersebut, kita semua berharap agar mereka dapat aman tentram, terutama saat sekarang masa pandemi yang masih menyebar sehingga sangat perlu ditangani dengan serius. Dua Coffee sendiri memiliki beberapa cabang, lho, Sobat UKM yang lokasinya ada di Indonesia, terutama pada area Jabodetabek. Yuk, cobain kopi – kopi mereka!

0 0 vote
Article Rating
Share With:
Rate This Article
guest
1 Comment
Inline Feedbacks
View all comments
trackback
Dua Coffee: Cara Buka Bisnis Dari Bintaro, Cipete, sampai Washington DC! - Solusiukm
June 5, 2020 19:01

[…] […]

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x