a

Apa sih Branding? Apa Manfaat Branding Bagi Brand, Ini Jawabannya!

Persaingan bisnis yang cukup ketat saat ini, mengharuskan Anda harus lebih jeli lagi mengenalkan produk atau jasa Anda ke masyarakat. Di tambah era digital saat ini, membuat produk atau jasa yang dimiliki harus mudah dikenal dengan metode branding. Apa sih branding? Dan apa manfaat branding bagi bisnis? SolusiUKM akan membantu Anda dalam menjelaskan tentang branding.

Branding adalah sesuatu yang berbeda dengan brand. Kalau brand adalah produk yang Anda miliki. Tetapi kalau branding adalah suatu cara mengenalkan produk Anda dengan tujuan memperbesar serta membangun merek atau produk yang akan dijual dengan media komunikasi yang dimiliki oleh perusahaan.

Namun kenyataannya masih ada beberapa pengusaha yang tidak melirik soal branding, karena mereka tidak tahu caranya.

Padahal Branding sangat penting, serta memiliki pengaruh besar terhadap bisnis yang dikelola. Lalu seberapa pentingnya Branding Bagi Suatu produk dan jasa? Apa saja manfaat branding bagi bisnis? Yuk simak beberapa manfaat pentingnya branding bagi suatu bisnis dibawah ini!

1. Sebagai Identitas Bisnis

Manfaat Branding sebagai suatu identitas dari produk atau jasa bisnis yang Anda kelola. Identitas disini bisa berupa nama, logo atau ciri khas lainnya yang bisa membedakan produk atau jasa dalam bisnis Anda dengan kompetitor. Ciri khas ini akan menjadi daya tarik dan ingatan yang mengikat pada konsumen terhadap brand Anda.

2. Meningkatkan Nilai Produk atau Jasa

Tidak dipungkiri bahwa dengan adanya branding, brand yang dikelola akan lebih bernilai seperti yang dibahas dalam paragraf sebelumnya bahwa branding juga dapat memberikan kesan “gaya” dan akan membuat brand Anda terlihat lebih berkualitas dan elegan dibandingkan dengan brand lain atau merek  lain.

3. Untuk Menjalin Komunikasi dengan Pelanggan

Dengan adanya branding, Anda bisa dengan mudah melakukan komunikasi dengan pelanggan. Sebab, ketika melakukan branding, di era saat ini. Pastinya Anda akan meninggalkan kontak untuk dihubungi oleh pelanggan maupun akun media sosial. Jangan lupa, berikan experience lebih kepada konsumen.

4. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Dengan adanya branding, Anda juga dapat membuat calon pelanggan loyal untuk menggunakan merek Anda. Karena dengan adanya branding, berarti bisnis tersebut benar-benar ada dan terjamin, dibandingkan dengan tidak adanya branding, calon pelanggan pun akan lebih ragu untuk memilihnya.

Branding bisa membuat produk dijual menjadi lebih populer di tengah masyarakat. Sehingga akan membuat banyak orang akan penasaran dengan produk Anda, secara tidak langsung ini akan berpengaruh terhadap penjualan produk atau jasa.

5. Memudahkan menilai bisnis yang dikelola

Manfaat selanjutnya dari suatu branding, Anda dapat mengetahui bagaimana perkembangan bisnis yang dikelola di pasaran. Hal ini bisa Anda nilai lewat review atau testimoni pelanggan, seberapa banyak masyarakat yang mengenal brand Anda dan seberapa besar minat masyarakat terhadap produk atau jasa yang Anda punya.

6. Memudahkan Pemasaran

Anda pasti tidak asing dengan gaya pemasaran mouth to mouth? Yap! Dengan adanya branding, akan memudahkan pemasaran bagi brand atau merek Anda, pasalnya bagi pelanggan yang telah menggunakan produk atau jasa dari bisnis yang Anda kelola dan merasa puas.

Tidak menutup kemungkinan bahwa mereka akan turut merekomendasikannya kepada teman-temannya, dan hal pertama yang akan ditanyakan oleh calon pelanggan tentunya mengenai brand Anda.

7. Menguji kreatifitas

Manfaat terakhir dari branding bagi suatu produk bisa menguji kreatifitas diri Anda sendiri, karena tidak dipungkiri bahwa seorang pengusaha dituntut agar memiliki ide-ide atau kreatifitas tinggi untuk dapat mengembangkan dan mempertahankan bisnisnya agar tetap diminati masyarakat.

Sudah tahu kan manfaat branding bagi bisnis? Jadi, jangan anggap branding itu hanya untuk bisnis dalam jumlah besar ya, justru branding itu dibutuhkan setiap skala bisnis menjadi lebih besar. Semoga bermanfaat!

Share With:
Rate This Article