a

Ayo Sini! Baca Soal Dasar Hukum UKM Indonesia: PENTING!

Kalian pelaku – pelaku UKM yang ada di Indonesia, tentunya mengerti mengenai biaya yang tidak murah yang perlu dikeluarkan untuk mengurus masalah hukum bisnis dan melakukan konsultasi hukum. Belum lagi masalah awamnya kita pada dunia tersebut untuk mendapatkan akses dan informasi hukum yang valid. keresahan – keresahan tersebut lah yang akhirnya membuat pelaku – pelaku bisnis pada ranah Usaha Kecil Menengah (UKM) tidak termotivasi dalam perlindungan bisnis dalam bentuk sebuah perjanjian kontrak hukum. Mayoritas dari pelaku – pelaku UKM Indonesia pada dasarnya memiliki kebutaan pada dasar hukum UKM, dan juga perjanjian – perjanjian hitam di atas putih terhadap beberapa rekan bisnis.

Dalam menjalankan sebuah bisnis, tentu sebuah kewajiban untuk paham hal – hal rumit dasar hukum UKM yang wajib diketahui luar dan dalam sehingga dalam menjalankan usaha, kalian tidak perlu terganjal dengan masalah – masalah hukum.

Tim Solusi UKM mengutip pernyataan yang bersumber dari CEO website hukum yaitu buatkontrak.com, yang bernama Rieke Caroline. Ia menjelaskan bahwa salah satu masalah yang sering dihinggapi oleh mereka para pelaku – pelaku bisnis Indonesia, adalah mereka memiliki kecenderungan untuk menganggap remeh dasar hukum UKM yang ada di Indonesia. Padahal, dasar – dasar hukum UKM yang ada di Indonesia sesungguhnya merupakan hal penting dan menjadi pedoman dalam berjalannya sebuah bisnis di Indonesia. Sehingga, sayang sekali jika pelaku UKM Indonesia tidak berusaha memahami perihal dasar hukum UKM.

Hal ini dikarenakan masalah yang dapat timbul akibat tidak memahami dasar hukum UKM Indonesia dapat mengakibatkan masalah yang besar, bahkan dapat membuat bangkrut sebuah perusahan. Faktor kepedulian mereka terhadap pelaku bisnis Indonesia atas dasar hukum UKM yang akhirnya menggerakkan mereka dalam mendirikan  website buatkontrak.com.

Website buatkontrak.com dapat membantu dasar hukum UKM menjadi lebih mudah dipahami dam lebih mudah dijangkau. Seperti contoh, mereka mengenakan tarif sebanyak Rp. 1 juta terhadap pembuatan sebuah komtrak perjanjian bisnis dengan dasar hukum UKM. Yang mana itu berarti, mereka sama sekali tidak mengenakan tarif jika ingin mengajukan konsultasi, lho! Keren banget ya!

Beberapa poin mengenai dasar – dasar hukum UKM Indonesia yang perlu kalian ketahui, adalah perlihal izin dalam membuka sebuah bisnis. Tentu dalam membuka bisnis, terutama jika berencana jangka panjang dalam membuat bisnis kalian bertumbuh besar, kalian sangat perlu mendaftarkan bisnis kalian menjadi status legal. Maka dari itu, salah satu dasar hukum UKM yang perlu kalian kerjakan adalah memiliki Surat Izin Kerja Perdagangan atau biasa disingkat dengan SIUP.

SIUP tersebut akan dikeluarkan tergantung dari lokasi tempat kalian pelaku usaha membuka bisnis kalian. Tentunyta membuat Surat Izin Kerja Perdagangan atau SIUP tersebut sangat dibutuhkan agar bisnis yang dijalankan memiliki dasar hukum UKM yang memang sah di mata hukum Indonesia. Selain itu, SIUP sendiri akan sangat berguna saat kalian ada di titik di mana ingin mengajukan beberapa permohonan pada bank atau institusi keuangan, bisa untuk mengajukan peminjaman dana, dan pengajuan – pengajuan lainnya sehingga semua akan berjalanlancar dan sah di mata hukum.

Pada sudut pandang ini, tentunya banyak sekali masyarakat yang salah kaprah dalam berpendapat mengenai dasar hukum UKM Indonesia. Mereka yang memiliki bisnis sederhana pada level mikro seperti contohnya pedagang kaki lima tersebut merasa tidak memiliki pendaftaran pada hukum.

Faktanya, bisnis – bisnis pada level mikro tetapmembunyai dasar hukum UKM. Dasar hukum UKM yang memuat mengenai peraturan Undang-Undang No. 20 Tahun 2008 mengenai Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Pada UU tersebut, telah diatur semua mulai dari kriteria, aspek perizinan dan juga mengenai peran pemerintahan bagian pusat dan juga pemerintah daerah dalam upaya mereka mendukung bisnis – bisnis UKM yang ada di Indonesia.

Atas penjelasan – penjelasan di atas mengenai hukum dasar UKM, kita dapat memberikan kesimpulan bahwa pemerintah sangat memberikan perhatian yang tinggi terhadap pelaku – pelaku bisnis pada level usaha mikro atau biasa disebut dengan bisnsi UKM. Tentunya dengan dasar hukum UKM membuat pandangan bahwa pemerintah menganak tirikan pelaku bisnis UKM Indonesia dalam perekonomian Indonesia adalah sebuah opini yang tidak benar dan tentunya tidak sesuai dengan fakta. Bahkan, dengan hukum dasar UKM membuktikan bahwa bisnis – bisnis UKM yang ada di Indonesia adalah salah satu faktor yang membuat roda ekonomi berputar dan menjadi tulang punggu sektor ekonomi masyarakat Indonesia. Keren banget, ya! Jadi ngga ada alasan takut urus dasar hukum UKM kalian, kan?

Bisnis – bisnis UKM terbukti jelas secara nyata memiliki kemampuan untuk melakukan penyerapan tenaga kerja yang tidak bisa terserap pada industri – industri bisnis yang lainnya. Penyerapannya yang dilakukan juga sesungguhnya cukuo tinggi, yaitu menyentuh angka 97%. Poin lainnya juga Kementerian Koordinator Perekonomian juga menjelaskan bahwa bisnis – bisnis UKM pada Produk Domestik Bruto (PDB) hinga 60,34%.

 

Share With:
Rate This Article
avatar
trackback
Ini Tips Paling Oke Membangun Bisnis Keluarga Part 1: - Solusiukm

[…] […]

trackback
usaharumahan.rajafastpay.com Mei 2020

[…] Download Plan More @ solusiukm.com […]