Solusiukm
Bisnis

Bantuan UKM 2020, Bisnis Kalian Dapet Ngga?

Tahun 2020 saat pandemi Covid Р19 Corona masuk ke Indonesia, tentu banyak sekali industri yang dirugikan. Salah satu industri perekonomian yang terkena dampak besar dari virus pandemi Covid Р19 Corona. Banyak sekali UKM Indonesia yang terkena efek domino secara keras dari pandemi virus Covid Р19 Corona. Terlebih pula UKM Indonesia yang jumlahnya sangat bannyak juga ikut terdampak karena Covid Р19 Corona. UKM Indonesia di tahun 2020 mayoritas mengalami penurunan yang sangat drastis dan bahkan  tidak sedikit UKM РUKM Indonesia yang mengalami gulung tikar. Untuk mencegah dampak Рdampak negatif yang semakin buruk dari Covid Р19 Corona, pemerintah Indonesia saat ini pun ikut turun tangan guna mencegah semakin banyaknya UKM РUKM Indonesia yang ambruk di tahun 2020.

Tujuan dari bantuan UKM 2020

Pemerintah saat ini sedang menjalankan bantuan – bantuan untuk UKM yang ada di Indonesia di tahun 2020 ini. Tujuan bantuan untuk UKM di tahun 2020 tentu agar ekonomi nasional bisa lebih pulih dari situasi krisis pandemi Covid – 19 Corona. Bantuan – bantuan UKM 2020 itu dilaksanakan sebab UKM Indonesia merupakan salah satu faktor yang anjlok. UKM – UKM Indonesia mendapat bantuan di 2020 karena jumlahnya yang sangat besar di Indonesia. UKM – UKM Indonesia memiliki sumbangsih yang besar terhadap produk domestik bruto (PDB) dalam skala nasional. Pemulihan ekonomi Indonesia dengan memberikan bantuan UKM 2020 tersebut agar industri UKM Indonesia segera naik dari keterpurukan.

Apa saja bantuan UKM 2020 dari pemerintah

Sebagai salah satu bentuk bantuan UKM 2020, dair pihak pemerintah sendiri melaksanakan beberapa program yang dirasa dapat sangat menjadi kunci bantuan UKM 2020. Bantuan – bantuan untuk UKM pada tahun 2020 ini berupa pemberian dan pelancaran Kredit Usaha Rakyat, atau yang biasa disebut dengan KUR. Program – program lainnya yang mjuga masuk dalam daftar bantuan UKM 2020 adalah anggaran PEN atau Pemulihan Ekonomi Nasional. Anggaran PEN tersebut diberikan sebagai bantuan UKM 2020 agar masyarakat terutama pelaku – pelaku UKM bisa tetap produktif dan menjalankan bisnis mereka. Dengan diberikannya bantuan UKM 2020 ini, diharapkan perputaran roda ekonomi pada negara Indonesia bisa tetap berputar.

Yang termasuk bantuan UKM 2020 dari pemerintah lainnya, adalah adalah tambahan subsidi yang diberikan pada pelaku – pelaku UKM. Subsidi tersebut diberikan pada bidang bunga KUR dari 6% dalam durasi 3 bulan, dan 3% dalam periode waktu 3 bulan, menjadi 6% hingga nanti bulan Desember 2020. Jenis bantuan UKM 2020 lainnya juga berupa skema KUR Super Mikro. Jenis bantuan UKM 2020 tersebut nantinya juga akan diberikan secara khusus dengan sasaran para orang – orang yang terkena PHK atau pemutusan hubungan kerja, dan juga ibu rumah tangga yang memiliki bisnis kecil – kecilan atau bahkan pada level UKM.

Selain itu, bantuan UKM 2020 yang lainnya juga tersedia dalam bentuk uang tunai. Uang tunai sebagai bantuan UKM 2020 ini disebut dengan BLT, yang akan diberikan langsung dari Presiden Joko Widodo pada 17 Agustus 2020. Pada tanggal tersebut, dikutip melalui media Kompas terdata bahwa sudah sebanyak 742.422 UKM Indonesia diberikan dana bantuan tersebut. Langkah tersebut merupakan tahap awal, yang nantinya juga bantuan langsung tunai (BLT) tersebut akan diberikan secara serentak pada UKM – UKM lainnya di tanggal 23 Agustus. Nilai dari BLT sebagai bantuan UKM 2020 tersebut adalah 2, 4 juta Rupiah setiap usaha pada level UKM Indonesia.

Syarat agar mendapat bantuan UKM 2020 berupa BLT atau Bantuan Langsung Tunai

Tentunya, program – program bantuan tersebut perlu untuk disambut dengan baik dan diikuti UKM – UKM Indonesia. Lalu, apa saja syarat – syarat untuk bisa bergabung dalam program bantuan langsung tunai (BLT)? Apakah bisnis UKM milik kalian masuk dalam kriteria terebut?

Syarat pertama sebagai bantuan UKM 2020 BLT adalah tidak dalam proses penerimaan kredit modal kerja dari pihak lain seperti perbankan. Syarat kedua adalah pelaku bisnis UKM masih menjadi warga negara Indonesia atau WNI. Yang ketiga sebagai syarat bantuan UKM 2020 adalah memiliki NIK pada KTP. Lalu syarat lainnya adalah memiliki bisnis level UKM yang akan dibuktikan dengan surat usulan dari pengusul. Untuk mendapat bantuan UKM 2020 juga tidak bisa dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN), bukan anggota TNI/Polri dan bukan pegawai BUMN/BUMD. Kalian sebagai pelaku UKM jika ingin mendapatkan bantuan UKM 2020 berupa BLT tersebut, perlu mendaftarkan diri pada pada dinas koperasi sesuai dengan lokasi dan domisili tempat kalian berada.

Tim Solusi UKM sangat paham mengapa tahun 2020 menjadi lebih sulit pada semua aspek, terutama bagi kalian pelaku bisnis. Covid – 19 Corona memang memiliki dampak buruk bagi kita semua. Untuk itu, kami peduli membantu UKM – UKM Indonesia. Kalian pelaku bisnis bisa mengunggah panduan UKM selama masa pandemi secara GRATIS. Klik banner di bawah, ya! Ingat, ini BUKAN SPAM, ya!

Artikel Terkait

Bisnis McD Tertua di Indoenesia, cabang Sarinah Tutup. Kenapa ya?

marsha

Tren Bisnis Tidak Disangka: Baju Tie Dye Piyama Laris Manis!

marsha

Telitilah! 8 Panduan Memilih Supplier untuk Bisnis

Melisa