Solusiukm
Bisnis

Beberapa Pengusaha Sukses yang Memulai Karir di Umur yang Sudah Tua

Hidup seseorang terkadang memang memiliki banyak sekali keunikan. Tidak terkecuali mengenai karir seorang manusia. Yang mulanya direncanakan dengan sangat matang untuk berkarir bidang A, nyatanya bisa sekali pada umut tertentu (bahkan tidak lagi muda) bisa berpindah haluan pada titik esktrim ke bidang Z. Begitu lah hidup, terkadang membawa kita ke hal – hal yang tidak terduga dan menyenangkan untuk dijalani.

Tentunya tidak ada kata terlambat untuk menuntut sebuah ilmu. Mungkin ungkapan pepatah tersebut sering kita dengar. Ternyata tak hanya menuntut ilmu yang tidak mengenal waktu, tapi juga dalam hal memulai usaha. Tak sedikit para pengusaha sukses yang memulai usaha mereka di usia yang sudah lanjut. Usia tua tak menjadi alasan bagi mereka untuk mewujudkan mimpi. Berikut beberapa pengusaha yang sukses memulai usaha di usia tua.

Yoshisuke Aikawa

Yoshisuke Aikawa merupakan pendiri Nissan Motor dari Jepang. Pasti sudah tidak asing lagi dengan brand yang satu ini, bukan? Ia baru memulai usahanya di usia 53 tahun. Aikawa saat ini sudah berumur 86 tahun dan telah berhasil menikmati buah kesuksesan yang telah ia bangun. Selain pengusaha, beliau juga merupakan seorang politikus. Beliau memanfaatkan kondisi pasar saham yang sedang booming waktu itu untuk mengembangkan usahanya. Setelah itu, ia merambah ke manufaktur mobil dengan mendirikan Nissan pada tahun 1993.

Gordon Bowker

Tak jauh dari Yoshisuke Aikawa, ada juga Gordon Bowker yang baru memulai usahanya di usia 50-an. Starbucks, nama ini tentunya sudah tak asing lagi di telinga Anda, bukan? Cafe tempat nongkrong untuk menikmati kopi ini sangat populer di masyarakat. Cabangnya ada di banyak tempat di seluruh dunia. Gordon mendirikan Starbucks bersama 2 rekannya yang bernama Ziv Siegl dan Jerry Baldwin. Sebelum mendirikan Starbucks, beliau juga pernah menjadi seorang penulis.

Robert Noyce

Anda pengguna laptop dan PC pasti sudah akrab dengan brand Intel. Brand ini didirikan oleh Robert Noyce. Sebelum mendirikan Intel, beliau pernah menuntut ilmu di Grinnel College dan berhasil lulus dengan gelar sarjana untuk ilmu fisika dan matematika. Beliau juga merupakan seorang ilmuwan setelah mendapatkan gelar doktor di bidang ilmu fisika. Beliau kemudian mendirikan Fairchild Semiconductor. Hingga di usianya yang ke-40 beliau mendirikan Intel dengan modal yang dimilikinya.

Ray Kroc

McDonald’s, adalah perusahaan franchise makanan yang cabangnya hampir ada di seluruh dunia. Pendirinya, Ray Kroc, mendirikan McDonald’s setelah ia membeli perusahaan tersebut dari keluarga McDonald’s. Sebelumnya, Ray Kroc bekerja sebagai salah satu agen di McDonald’s. Namun, pada waktu itu, perusahaan ini masih berupa restoran barbeque yang dikelola oleh Richard dan Maurice McDonald lalu berkembang menjadi penjual hamburger, sebelum akhirnya Ray Kroc membelinya di tahun 1955.

Colonel Sanders

Masih seputar dunia makanan, pasti Anda sudah tak asing lagi dengan KFC, bukan? KFC ini didirikan oleh seorang pria berusia 62 tahun, Colonel Sanders. Sama seperti para pengusaha lainnya yang melalui berbagai rintangan dalam hidup, Colonel Sanders juga pernah melakukan berbagai pekerjaan mulai dari pemadam kebakaran hingga penjual ayam goreng di pinggir jalan. Hingga akhirnya ia membuka KFC pada tahun 1952.

Usia tentunya bukan menjadi faktor penghalang untuk memulai usaha. Buktinya bisa Anda lihat dari contoh-contoh di atas. Yang terpenting adalah niat dan kerja keras serta semangat. Jadi tunggu apa lagi, segera mulai usaha Anda sekarang juga.

Artikel Terkait

Langkah Awal Bisnis Jual Mobil Bekas

marsha

‘Konsumen Senior’ Ladang Uang Besar yang Terlupakan

marsha

Setelah Giant Tutup, Gimana Nasib Retail Kecil Di Indonesia?

Iskandar Rumi